Home » Strategi-bisnis » Faktor Lokasi Bisnis Untuk Perluas Toko Elektronik

Faktor Lokasi Bisnis Untuk Perluas Toko Elektronik

Faktor Memilih Lokasi Bisnis Untuk Perluas Toko Elektronik

Jika ingin perluas bisnis elektronik di lokasi baru, kamu harus memiliki sebuah strategi bisnis yang jelas. Mulai dari menentukan target pasar, memilih lokasi bisnis, biaya operasional, dan peralatan apa saja yang dibutuhkan di toko tersebut.

Mengembangkan strategi bisnis yang tepat membutuhkan proses yang memakan waktu, menantang, dan membosankan. Bahkan, tak sedikit yang gagal mengembangkan bisnis mereka, karena tidak mempertimbangkan hal ini.

Pertanyaan Sebelum Memilih Lokasi Bisnis

Biaya sewa dan operasional bisnis memang harus diperhitungkan. Tapi, jangan sampai kamu tidak mempertimbangkan akses untuk para pelanggan, vendor, pihak ketiga, dan karyawan kalian. Berikut pertanyaan yang patut kamu pertimbangkan saat memilih lokasi untuk perluas bisnis elektronik:

Apakah Pelanggan Kamu Akan Sering Mengunjungi Toko?

Apabila toko kamu menjual berbagai macam produk elektronik atau bahkan menyediakan layanan service. Maka bisa dipastikan pelanggan akan kerap mengunjungi toko kamu.

Apakah Toko Kamu Menerima Pengiriman Barang?

Jika toko elektronik kamu menjalankan bisnis yang menerima pasokan barang dalam jumlah besar, maka pilihlah tempat bisnis yang memiliki ruang penyimpanan yang luas. Dengan begitu, kegiatan pengiriman barang untuk pelanggan jadi lebih mudah dan efisien.

Apakah Pelanggan dan Karyawan Membutuhkan Area Parkir?

Salah satu fasilitas yang wajib dimiliki tempat bisnis adalah area parkir untuk pelanggan dan karyawan. Selain itu, keberadaan area parkir juga memudahkan vendor untuk mengantar produk ke toko kamu.

Faktor Memilih Lokasi untuk Perluas Bisnis Elektronik

Ada beberapa faktor yang perlu kalian pertimbangkan saat memilih lokasi bisnis. Setiap lini bisnis memiliki beberapa pertimbangan khusus yang harus disesuaikan dengan konsep bisnisnya. Secara umum, berikut adalah faktor yang perlu kamu pertimbangkan:

Biaya

Biaya adalah faktor utama yang patut dipertimbangkan saat memilih lokasi bisnis. Kota besar adalah lokasi yang paling ideal untuk membangun tempat bisnis. Akan tetapi, biaya sewa tempat bisnis disana relatif lebih tinggi daripada kota kecil.

Solusinya, jika toko elektronik kamu mengincar pasar rumah tangga, lebih baik kamu mencari lokasi di sekitar perumahan yang dekat dengan pelanggan bisnis kamu. 

Aksesibilitas

Setelah menentukan lokasi, faktor memilih lokasi selanjutnya adalah memperhatikan aksesibilitas tempat bisnis elektronik yang akan kamu perluas. Seperti, apakah fasilitas transportasi umum sudah mumpuni, jalanan di sekitar rusak, dan lain-lain.

Infrastruktur Gedung

Faktor selanjutnya yang patut kamu perhatikan adalah infrastruktur gedung atau ruko yang akan kamu sewa. Baik itu bangunan baru atau bangunan lama.

Pastikan bangunan yang akan kamu sewa memiliki infrastruktur yang kokoh dan minim perbaikan untuk menghindari pengeluaran maintenance yang cukup mahal.

Selain itu, pastikan bangunan tersebut sudah memiliki layanan internet dan telekomunikasi yang memadai untuk kebutuhan bisnis.

Demografi

Faktor memilih lokasi untuk perluas bisnis elektronik selanjutnya, yaitu demografi. Demografi adalah kunci penting yang memiliki pengaruh besar saat memilih lokasi bisnis. Dari data ini, kamu bisa mengenal dan memahami lebih jauh perilaku konsumen. Demografi biasanya mencakup ciri-ciri berikut:

  • Usia
  • Jenis Kelamin
  • Pekerjaan
  • Penghasilan
  • Level edukasi
  • Status keluarga

Analisa demografis ini sangat penting, supaya kamu bisa mengetahui lokasi yang tepat untuk bisnis elektronik.

Sebagai contoh, toko elektronik kamu menjual berbagai produk elektronik rumah tangga dari beberapa merek dengan harga murah. Maka, demografis yang tepat untuk toko elektronik kamu adalah lokasi yang berada di dekat perumahan warga dengan kelas sosial menengah ke bawah.

Kompetisi

Faktor berikutnya yang wajib kamu pertimbangkan adalah memeriksa perusahaan kompetitor yang berlokasi di sekitar dan seberapa populer mereka di daerah itu.

Ingatlah, bahwa kamu bukanlah satu-satunya pebisnis yang menjalankan industri bisnis tersebut dan kamu akan selalu menemukan kompetitor di industri bisnis yang sama dengan konsep yang berbeda.

Maka, cobalah untuk menganalisa penjualan toko mereka dan apakah bisnis tersebut akan mempengaruhi bisnis milikmu?

Perlu kamu ketahui, berada di satu lokasi yang sama dengan kompetitor hanya akan membuat kegiatan pemasaran bisnis jadi lebih sulit. Jika kamu tidak yakin mampu bersaing dengan mereka, cobalah cari lokasi alternatif yang memiliki persaingan yang lebih mudah.

Utilitas dan Biaya Lain

Selanjutnya, saat ingin perluas lokasi dan jaringan bisnis elektronik, kamu harus menghitung kembali faktor anggaran operasional dan margin keuntungan bisnis.

Karena, kamu tidak dapat membelanjakan seluruh keuntungan penjualan untuk membayar uang sewa yang tinggi dan biaya-biaya utilitas lainnya kegiatan operasional.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menyewa tempat usaha tersebut, kamu perlu menjumlahkan total biaya-biaya, seperti sewa tempat, listrik, internet, air, keamanan, dan lain-lain.

Untuk amannya, pastikan biaya sewa, utilitas, dan biaya-biaya lain kamu ambil 30% dari total keuntungan bulanan.

Keamanan Lingkungan Lokasi Usaha

Terakhir, pastikan lokasi tempat usaha yang akan kamu tempati tidak berlokasi di daerah yang rawan kejahatan

Hal ini bertujuan supaya toko kamu tidak dibobol oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan survey terlebih dahulu dengan bertanya-tanya dengan warga sekitar atau mencari informasi terkait di lokasi tersebut.

Pilihlah Lokasi Cabang Bisnis Elektronik yang Tepat!

Mencari lokasi bisnis elektronik yang strategis tidak mudah dan memakan waktu lama untuk menemukan tempat yang tepat. Semoga 7 faktor memilih lokasi untuk perluas bisnis elektronik ini bisa menjadi acuan kamu saat memilih lokasi tempat usaha.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Lokasi Bisnis Untuk Perluas Toko Elektronik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​