Home » Strategi-bisnis » Kamu Pemilik Bisnis Toko Elektronik? Yuk, Pelajari Hal ini!

Kamu Pemilik Bisnis Toko Elektronik? Yuk, Pelajari Hal ini!

Kamu Pemilik Bisnis Toko Elektronik? Yuk, Pelajari Hal ini!

Apabila kamu seorang pemilik bisnis toko elektronik, ada beberapa pelajaran yang harus terus dipelajari untuk mengembangkan bisnis. Dengan mempelajarinya, kamu bisa meningkatkan skills dalam berbisnis serta mampu menyaingi kompetitor.

7 Pelajaran Penting Pemilik Bisnis Toko Elektronik

Berikut ini ada pelajaran yang harus terus dipelajari oleh pemilik bisnis toko elektronik, yaitu:

Product Knowledge

Pelajaran yang pertama yaitu product knowledge atau pengetahuan atas produk. Karena kamu seorang pemilik bisnis elektronik, tentunya harus mengetahui informasi dasar produk. 

Misalnya, kamu menjual mesin kopi otomatis. Maka, kamu perlu tahu informasi seperti tipe mesin, rated power, rated voltage, dimensi, berat, temperature control, dan sebagainya.

Tak hanya informasi dasar produk. Pengetahuan seperti cara mengoperasikan mesin, keunggulan produk, model atau desain produk, perbandingan dengan kompetitor, dan cara perawatan produk elektronik yang dijual juga perlu kamu ketahui.

Contohnya, kamu menjual produk elektronik air fryer. Nah, bagi konsumen yang baru pertama kali membeli, bisa saja belum tahu bagaimana cara membersihkannya.

Kamu bisa menjelaskan secara langsung saat pembeli bertanya di toko atau membuat konten di media sosial, agar pembeli bisa membuka kembali saat diperlukan. Seperti yang dilakukan oleh @tokopusatelektronik

Oleh karena itu, wajib bagi kamu untuk terus mempelajari product knowledge. Agar dapat memberikan informasi kepada calon pembeli sebanyak-banyaknya dan tidak mengecewakan mereka.

Manajemen dan Sumber Daya Manusia

Selain pelajaran product knowledge, kemampuan manajemen dan mengelola sumber daya manusia atau tenaga kerja pada bisnis toko elektronik juga perlu terus diasah.

Jika produktivitas tenaga kerja menurun, tentu akan berdampak pada bisnis elektronik yang sedang kamu kelola. Sehingga, pandai-pandailah dalam mengatur karyawan. 

Misalnya, kamu membagi karyawan sesuai dengan job desk dan tanggung jawab masing-masing. Di samping itu, kamu perlu menerapkan sistem shift, agar kinerja pekerja lebih maksimal. 

Tak lupa juga untuk menyediakan waktu makan dan ibadah bagi karyawan. Di samping itu, dalam pengambilan keputusan saat ada masalah di lapangan yang menyangkut tenaga kerja, kamu perlu mempertimbangkannya secara matang. 

Sehingga, semangat yang dimiliki mereka akan bertambah serta mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Selera Pasar

Sebagai pemilik bisnis toko elektronik, kamu perlu mempelajari selera pasar atau tren yang sedang berkembang. Dengan mengikuti tren, kamu bisa memutar otak untuk menemukan cara atau langkah terbaik, agar bisa terhubung dengan audiens lebih cepat.

Misalnya, belakangan ini masyarakat menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Sehingga, gaya hidup sehat menjadi selera pasar yang harus kamu penuhi permintaannya. 

Mesin elektronik seperti air fryer menjadi produk yang mulai dilirik. Sebab, menggoreng dengan air fryer dapat membuang kalori sebanyak 70%-80% dibanding dengan minyak goreng serta mempunyai sedikit lemak.

Di samping itu, adanya kenaikan harga minyak goreng baru-baru ini membuat air fryer menjadi salah satu solusi menggoreng tanpa minyak.

Itulah pentingnya mengikuti selera atau tren pasar yang sedang berkembang. Dengan demikian, bisnis kamu juga akan ikut berkembang dan menjadi lebih besar.

Strategi Pemasaran Produk

Pelajaran yang tak kalah penting untuk dipelajari dalam bisnis toko elektronik adalah rencana atau strategi pemasaran produk

Bisa dikatakan strategi produk elektronik merupakan inti dari sebuah bisnis. Tanpa promosi, target market tidak akan mengenal produk yang dijual apalagi membelinya.

Kamu bisa menerapkan digital marketing agar menjangkau target market lebih luas. Misalnya, membuat website bisnis yang berisi informasi produk dan toko. Buat juga konten berupa artikel yang bersifat edukatif dan persuasif.

Kamu bisa melihat kompetitor, contohnya di website Electronic City yang juga membuka toko online. Sehingga, akan memudahkan calon pembeli.

Selain itu, manfaatkan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan produk. Nah, kamu boleh kok melibatkan seleb atau influencer, supaya jangkauan pasarnya lebih luas. Misalnya, promosi mesin kopi di akun Tik Tok @zahrenaa.

Perhatikan Kondisi Keuangan Bisnis

Di samping keempat hal di atas, kamu perlu memperhatikan kondisi keuangan bisnis. Jangan sampai bisnis menjadi bangkrut, karena pencatatan uang yang keluar dan masuk tidak jelas!

Masalah keuangan dalam bisnis merupakan hal yang krusial. Maka dari itu, perlu pengetahuan yang luas, agar bisa memantau arus keuangan dalam bisnis toko elektronik.

Jika kamu sudah mempekerjakan karyawan yang ahli di bidangnya, misalnya lulusan akuntansi, bukan berarti boleh lepas tangan begitu saja. Tetap pantau kondisi keuangan bisnismu, ya!

Dengan begitu, kamu bisa menilai keadaan perusahaan untuk menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Perawatan dan Pemeliharaan Toko Elektronik

Memiliki bisnis toko elektronik tentu harus memperhatikan pelajaran tentang perawatan dan pemeliharaan toko elektronik. Bersihkan toko agar tetap rapi, meski ramai pengunjung.

Walaupun produk terbungkus rapat, usahakan supaya bersih dan tidak berdebu. Dengan demikian, pelanggan akan merasa senang saat melihat produk tersebut.

Hindarkan produk elektronik dari bahan-bahan yang berbahaya yang akan merusak, contohnya air!

Aspek Hukum

Hal terakhir yang harus terus kamu pelajari sebagai pemilik bisnis toko elektronik adalah aspek hukum. Semakin besar bisnis berkembang, persaingan tentu semakin ketat. Sangat mungkin muncul peniru atau plagiarisme, baik nama merek maupun produk. 

Perhatikan legalitas usaha, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Mendirikan Bangunan, Tanda Daftar Perusahaan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Sertifikat Nama Merek Dagang, dan sebagainnya.

Siap Menjadi Pemilik Bisnis Toko Elektronik yang Cerdas?

Itulah pelajaran yang harus kamu pelajari oleh pemilik bisnis toko elektronik. Jika bisnis mulai berkembang, jangan mudah tergiur dan terlena. Justru jadikan kesempatan tersebut untuk menjadikan bisnis lebih besar dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kamu Pemilik Bisnis Toko Elektronik? Yuk, Pelajari Hal ini!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​