Home » Strategi-bisnis » Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Toko Elektronik

Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Toko Elektronik

Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Toko Elektronik

Membuka cabang baru menandakan bahwa bisnis sedang mengalami peningkatan. Ketika bisnis yang dijalankan maju dan sukses, keinginan untuk mengembangkan cabang bisnis pasti muncul. Namun, membuka cabang baru sebenarnya sama sekali tidak mudah. Lalu, bagaimana cara mengembangkan cabang bisnis toko elektronik?

Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Toko Elektronik

Ketika kamu memiliki lebih dari satu cabang bisnis, otomatis tanggung jawab yang kamu pikul akan berlipat ganda. Berikut adalah cara mengembangkan cabang bisnis toko elektronik agar tetap sukses dan maju:

Pastikan Bisnis Pusat Sudah Stabil

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa bisnis di cabang pusat sudah stabil dan tidak memiliki hambatan. Mengembangkan cabang tidak perlu kamu lakukan secara terburu-buru. Karena nantinya cabang bisnis baru pasti akan lebih menyita perhatian dan waktumu.

Jadi, agar kamu tidak kewalahan nantinya, cabang utama harus dalam kondisi siap tanpa perlu dipantau setiap hari. Agar kamu bisa memastikan bahwa cabang utama bisnis toko elektronik sudah stabil, cobalah untuk melihat dan memperhatikan beberapa aspek tertentu. Seperti SOP, sumber daya manusia, serta pengelolaan keuangan

Misalnya, kamu mencari tahu apakah kegiatan bisnis sudah berjalan sesuai dengan SOP yang berlaku atau tidak? Lalu, apakah karyawan mampu memberikan layanan yang baik pada konsumen atau tidak? Terakhir, apakah bisnis sudah mendatangkan keuntungan atau justru mendatangkan kerugian setiap bulannya?

Ingat! Membuka cabang baru bukan berarti membuat kamu harus mengorbankan bisnis utama. Karena jika kamu mengabaikan hal ini, kamu justru akan mengalami kesulitan di depan nanti dan akibatnya kamu bisa saja mengalami kerugian.

Tentukan Lokasi Cabang

Cara mengembangkan cabang bisnis toko elektronik selanjutnya adalah dengan menentukan lokasi yang tepat. Lokasi memiliki pengaruh yang signifikan untuk keberlangsungan bisnis. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan lokasi untuk megembangkan cabang baru, kamu sebaiknya melakukan riset lebih dulu.

Kamu bisa mencoba menentukan lokasi melalui siapa yang menjadi target pasar bisnis. Misalnya, target pasar utama bisnis adalah masyarakat kalangan menengah ke atas. Maka, kamu bisa menyasar lokasi di dalam sebuah mall besar yang secara umum memiliki pengunjung dengan kondisi ekonomi yang stabil dan cukup.

Berbeda lagi jika kamu ternyata ingin membuka toko elektronik yang berdiri sendiri dan bukan di dalam sebuah gedung tertentu, seperti di pinggir jalan. Cobalah riset dulu dan cari tahu, apakah jalanan di tempat yang kamu incar tersebut memiliki akses yang mudah. Serta memiliki traffic pejalan kaki dan kendaraan yang tinggi atau tidak.

Jika memang ramai dan mudah dijangkau, maka tempat tersebut bisa kamu pertimbangkan. Selain masalah keramaian, coba periksa keamanan di sekitar lokasi tersebut. Keamanan di sini tidak hanya tentang tidak kejahatan, namun juga berhubungan dengan keamanan dari bencana alam. 

Toko elektronik menjual barang-barang dengan nilai yang tidak murah. Jadi, pastikan tempat tersebut tidak rawan tindakan kriminal. Cara paling sederhana adalah dengan memastikan wilayah sekeliling telah memiliki CCTV. Tanyakan juga pada warga setempat untuk memastikan belum pernah ada kasus kriminalitas sebelumnya. 

Sedangkan untuk masalah rawan bencana, kamu bisa melihat apakah tempat tersebut sering mengalami bencana seperti banjir atau gempa. Jika ternyata tempat tersebut aman dari hal-hal tersebut, maka lokasi tersebut bisa menjadi pilihan terbaik.

Seleksi Sumber Daya Manusia

Melakukan seleksi sumber daya manusia yang kompeten dan terpercaya juga penting untuk menunjang kemajuan cabang baru bisnis. Sebenarnya, untuk karyawan di cabang baru, kamu bisa memilih atau menunjuk dari pekerja di cabang utama. Khususnya jika kamu ingin menunjuk seorang manager atau kepala cabang.

Karena kamu pasti sudah memiliki kepercayaan dan mengenal karakteristik karyawan tersebut. Jika kamu ingin menunjuk karyawan lama, cobalah lakukan evaluasi lebih dulu. Tujuannya adalah untuk menemukan seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang dapat membimbing karyawan di cabang yang baru.

Salah satu metode evaluasi atau penilaian kerja yang dapat kamu gunakan adalah 360 degree feedback. Metode ini akan membantu kamu untuk mendapatkan penilaian kerja dari berbagai pihak yang bersangkutan, seperti manager, sesama karyawan, hingga konsumen. 

Contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan kegiatan evaluasi penilaian kerja ini adalah Mekari Talenta

Lakukan Promosi

Cara mengembangkan cabang bisnis toko elektronik terakhir adalah dengan melakukan promosi. Dengan melakukan promosi, konsumen akan mengetahui dan mengenali keberadaan cabang baru dari bisnis toko elektronik kamu. 

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat pengumuman di cabang utama, bahwa kamu telah membuka cabang baru. Kamu bisa membuat banner atau poster yang berisikan informasi alamat cabang tersebut. Di dalam banner atau poster tersebut, kamu juga bisa memberikan promo khusus.

Seperti diskon harga dalam rangka pembukaan toko baru dan sebagainya. Jika kamu memiliki media sosial bisnis, maka kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memberikan pengumuman dan informasi toko cabang tersebut secara organik.

Kamu juga bisa menggunakan fitur ads di media sosial sebagai paid promotion, supaya bisa menjangkau target yang lebih spesifik. Contohnya adalah Facebook Ads atau Instagram Ads dengan menyiapkan biaya kurang lebih Rp10.000,00-Rp30.000,00 per harinya.

Siap Mengembangkan Cabang Bisnis Toko Elektronik Kamu?

Nah, itu adalah cara mengembangkan cabang bisnis toko elektronik yang dapat kamu coba terapkan. Mengembangkan cabang bisnis akan meningkatkan pertumbuhan konsumen dan keuntungan. Namun, jika kamu tidak memiliki rencana yang matang, hasilnya mungkin tidak akan sesuai. Jadi, jangan sampai kamu salah langkah, ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis elektronik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Toko Elektronik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​