Home » Strategi-bisnis » Dijamin Berhasil! Ini Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Elektronik

Dijamin Berhasil! Ini Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Elektronik

Dijamin Berhasil! Ini 3 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Elektronik

Kunci sukses bisnis elektronik menjadi salah satu hal penting yang perlu dipelajari dan diterapkan pemilik bisnis secara langsung. Namun, tidak semua pebisnis elektronik mengetahui apa saja kunci sukses menjalankan toko elektronik yang sesuai dengan target pasar. Jika kamu ingin mengetahuinya, simak di sini!

Kunci Sukses Bisnis Toko Elektronik

Menjalankan bisnis elektronik perlu dilakukan dengan banyak pertimbangan. Meski keuntungan lini bisnis satu ini cukup menjanjikan, akan tetapi kamu juga memiliki persaingan yang sangat ketat. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan mengikuti kunci sukses bisnis elektronik berikut ini:

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Kunci sukses pertama dalam bisnis elektronik adalah pemilihan lokasi yang tepat. Sebuah lokasi bisnis bisa dikatakan tepat jika berada di pusat keramaian dan dekat dengan target pasar. Sederhananya, lokasi bisnis harus berada di tempat-tempat yang strategis.

Dalam bisnis elektronik, lokasi juga menjadi salah satu penentu sukses atau tidaknya bisnis yang kamu jalankan nantinya. Maka dari itu, jika ingin terus berkembang, kamu harus menentukan di mana lokasi bisnis elektronik milikmu.

Hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan saat menentukan lokasi bisnis ada banyak. Berikut rangkumannya:

  • Aksesibilitas

Aksesibilitas menjadi poin pertama yang perlu kamu pertimbangkan. Lokasi yang cocok dijadikan sebagai lokasi berbisnis adalah memiliki kemudahan akses. Misalnya, jalanan menuju lokasi tidak sempit, kondisi jalanan tidak rusak, bebas banjir, dan lainnya.

Kemudahan akses ini akan membuat konsumen merasa nyaman saat menuju ke lokasi toko elektronik milikmu. Tidak hanya itu, kamu dan karyawan pun juga akan terbantu dengan kemudahan akses tersebut.

  • Visibilitas

Berikutnya adalah visibilitas atau keberadaan toko mudah dilihat. Lokasi yang bisa membuat toko elektronik milikmu mudah calon pembeli lihat termasuk lokasi yang cocok untuk mengembangkan bisnis.

Biasanya, lokasi yang bisa membuat toko milikmu mudah terlihat adalah lokasi yang berada di pinggir jalan raya. Jika toko elektronik milikmu berada di pinggir jalan, maka konsumen atau pengguna jalan pun bisa melihat bagaimana bentuk hingga keadaan toko milikmu.

Bangunan toko yang mudah dilihat memiliki peluang akan diingat oleh banyak orang. Jika seseorang sudah mengingat toko elektronik milikmu, maka kamu sudah berhasil menciptakan branding yang tepat.

Harga sewa bangunan yang berada di lokasi strategis seperti di pinggir jalan biasanya lebih mahal ketimbang lokasi lainnya. Modal yang perlu kamu siapkan untuk menyewa lokasi tersebut adalah sekitar Rp6.000.000,00 per bulan atau Rp72.000.000,00 per tahun.

Menentukan Jenis Produk Elektronik

Kunci sukses menjalankan bisnis elektronik berikutnya adalah menentukan dengan tepat jenis produk elektronik yang kamu jual sesuai dengan target pasar.

Seperti yang kamu ketahui, saat ini ada banyak jenis elektronik yang bisa dijual. Namun, jika kamu memiliki keterbatasan modal, ada baiknya memilih jenis elektronik tertentu yang sesuai dengan target pasar bisnis elektronik milikmu.

Misalnya, target pasar elektronik milikmu adalah para ibu rumah tangga, maka fokuslah menjual produk-produk elektronik, seperti mesin cuci, kulkas, oven, mixer, kipas angin, rice cooker, AC, dan lainnya.

Namun, jika target pasar milikmu adalah anak sekolah, mahasiswa, atau pekerja kantoran, kamu bisa menjual produk-produk elektronik, seperti komputer, PC, laptop, playstation, keyboard, mouse, dan lainnya.

Menentukan jenis produk elektronik sesuai dengan target pasar akan memudahkan kamu dalam mengembangkan bisnis elektronik. Selain itu, omset penjualan pun akan lebih stabil, karena produk-produk yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Jika bisnis elektronik milikmu sudah berkembang, kamu bisa memperluas target pasar dengan menjual produk-produk elektronik lainnya.

Memilih Supplier Elektronik Terbaik

Kunci sukses terakhir dalam menjalankan bisnis toko elektronik adalah memilih supplier elektronik yang populer dan memiliki kualitas terbaik. Dalam menjalankan bisnis elektronik, kamu bisa menerapkan sistem kerja sama profitable atau sistem titip jual.

Sistem kerja sama tersebut sangat membantu kamu yang memiliki keterbatasan modal, tapi ingin sukses menjalankan bisnis elektronik. Cara kerjanya sangat sederhana, kamu hanya perlu menjual produk-produk yang dititipkan oleh supplier di toko milikmu dengan harga yang sudah kamu tentukan sendiri.

Sederhananya, sistem kerja sama profitable ini adalah bagi hasil antara supplier dengan toko elektronik milikmu, karena sudah membantu mereka menjual produk-produk elektroniknya.

Sistem ini memang sangat menggiurkan. Maka dari itu, pilihlah supplier elektronik terpercaya dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti:

  • Latar Belakang Toko

Sebelum melakukan kerja sama, ada baiknya kamu mencari tahu seperti apa latar belakang atau background supplier tersebut. Mulai dari sudah berapa lama supplier tersebut menjalankan bisnis elektronik, siapa saja pihak-pihak yang bekerja sama dengan mereka, apa saja produk-produk elektronik yang mereka miliki, dan lainnya.

  • Harga atau Jumlah Bagi Hasil

Biasanya, supplier akan memberikan harga yang lebih murah. Namun, kamu perlu membandingkannya dengan harga pasaran dan berapa hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.

Misalnya, harga AC merk Samsung di tempat supplier tersebut sekitar Rp3.299.000,00. Sedangkan harga pasaran untuk merk AC yang sama adalah sekitar Rp3.400.000,00-Rp3.599.000,00. Dari harga yang ditentukan oleh supplier dengan harga jual di pasaran, kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp200.000,00.

Setelah mendapatkan supplier yang tepat, kamu juga perlu meningkatkan strategi promosi, supaya produk-produk elektronik yang dititipkan tersebut cepat laku terjual. Jika semua produk elektronik laku terjual, tidak menutup kemungkinan akan adanya kerja sama jangka panjang antara kamu dengan pihak supplier.

Strategi promosi yang bisa kamu coba, antara lain membuat konten seputar elektronik di media sosial hingga membuka online store di e-commerce populer, seperti Shopee maupun Tokopedia.

Yuk, Terapkan Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Elektronik!

Nah, itulah kunci sukses bisnis elektronik yang bisa kamu coba. Yuk, manfaatkan peluang saat ini untuk mengembangkan bisnis elektronik milikmu. Tunggu apalagi? Selamat mencoba menerapkan kunci sukses di atas, ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis elektronik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Dijamin Berhasil! Ini Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Elektronik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​