Home » Strategi-bisnis » Cegah Sekarang: Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Tutor Online

Cegah Sekarang: Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Tutor Online

Cegah Sekarang: Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Tutor Online

Apa saja kesalahan yang harus dihindari pebisnis tutor online? Mungkin pertanyaan ini tengah menghantui orang-orang yang tengah berancang-ancang memulai bisnis tersebut. Nah, apakah kamu adalah salah satu dari mereka?

Tidak dapat dipungkiri, dalam berbisnis apapun, termasuk tutor online, akan selalu ada kesalahan yang berpotensi terjadi. Nah, sebagai pelaku bisnis tersebut, apakah kamu ingin menghindari kesalahan-kesalahan itu? Jika iya, maka ikuti saja artikel ini!

Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Tutor Online

Dalam mengelola bisnis tutor online, suatu kesalahan pastinya bisa ‘ada’ kapan saja. Kesalahan tersebut juga bisa jadi ada dalam ranah apapun, mulai dari administrasi, keuangan, legalitas, hingga tenaga kerja.

Pembahasan berikut akan mengulas kesalahan yang bisa disebabkan pebisnis tutor online dalam ranah tenaga kerja, khususnya pendidik. Memang pembahasan dikerucutkan lebih spesifik, karena kesalahan pada tenaga pendidik bisa berdampak langsung pada pelanggan. 

Bisa dibilang, semakin banyak kesalahan tenaga pendidik yang dilakukan pada pelanggan (siswa dan orang tua), maka semakin buruklah citra bisnis tutor online yang kamu miliki. Jadi, ayo hindari kesalahan-kesalahanmu berikut pada tenaga pendidik:

Tidak Memberi Briefing dan Pelatihan yang Tepat Sehingga Tenaga Pendidik Terlalu Banyak Bicara

Tenaga pendidik yang ada dalam bisnis tutor online milikmu pastinya lebih dari satu dan memiliki karakteristik bawaan yang berbeda-beda. Ada yang pendiam atau sedikit bicara, hingga cerewet atau banyak bicara

Masing-masing pastinya memiliki cara sendiri dalam berkomunikasi dengan siswa. Si cerewet akan menganggap bahwa semakin banyak yang mereka katakan, maka semakin baik pemahaman yang diperoleh siswa. 

Sedangkan si pendiam akan menjadi banyak bicara untuk mengatasi kegugupannya dalam menyampaikan ajaran pada siswa. Nah, banyaknya bicara kedua tenaga pendidik ini adalah suatu kesalahan umum yang sebaiknya dihindari. 

Kesalahan tersebut berakar dari tidak adanya briefing pada para tenaga pendidik tentang kapasitas bicara mereka. Selain itu, bisa juga karena mereka tidak kamu berikan pelatihan public speaking khusus mengajar. 

Tidak Mengelompokkan Tenaga Pendidik Sesuai Gaya Belajar Siswa

Di negara maju, kelebihan yang dapat diperoleh dari tutor online adalah penyesuaian gaya belajar siswa. Jadi, siswa dikelompokkan menurut gaya belajar masing-masing apakah itu visual, auditori, atau kinestetik. 

Dari masing-masing gaya belajar itu, pastinya tersedia tenaga pendidik yang memang cocok dan efektif dalam menyampaikan sesuai cara tersebut. Jadi, tendik untuk kelas gaya belajar visual akan memberi pengajaran yang sesuai, begitupun lainnya.

Namun sayang sekali, di negara berkembang ini, gaya belajar siswa masih sering diabaikan. Begitupun tenaga pendidik yang memang ahli dalam masing-masing gaya belajar tidak dikelompokkan dalam kelas-kelas dengan gaya belajar yang relevan. 

Apakah ini adalah kesalahan yang harus dihindari pebisnis tutor online di negara ini? Jika iya, berarti ini merupakan introspeksi yang bagus! Memangnya, mengapa demikian?

Sebab, adanya pengelompokan kelas menurut gaya belajar dan penyediaan tenaga pendidik yang relevan bisa jadi peluang terbaru dalam mengatasi persaingan bisnis tutor online negara ini. 

Tidak Memberikan Aturan Tentang Lokasi Mengajar yang Kondusif

Karena tutor dilakukan secara online di tempat masing-masing, baik tenaga pendidik maupun siswa bisa lebih leluasa dan bebas memilih lokasi untuk melakukan video conference. Ada yang di tempat umum, seperti taman, restoran, hingga di rumah. 

Bagi tenaga pendidik sendiri, walaupun diberi kebebasan dalam memilih lokasi untuk melakukan video conference, tetap saja ada batasan-batasan tertentu yang harus dipatuhi. Khususnya kekondusifan lingkungan sekitar. 

Jika tenaga pendidik memulai pengajaran lewat video conference dalam lingkungan yang tidak kondusif, contohnya ada bisingan dari telepon, makanan, angin, lalu lintas, dan sebagainya, maka ini bisa dibilang merupakan kesalahan yang fatal. 

Siswa bisa kesulitan mencerna apa yang dijelaskan, jika lingkungan sekitar tenaga pendidik tidak kondusif. Kesalahan ini dapat disebabkan oleh tidak diberikannya aturan mengenai lokasi mengajar yang kondusif untuk para tenaga pendidik. 

Tidak Memfasilitasi Peralatan dan Menyetel Pengaturan yang Tepat dalam Mengajar

Gambar dan audio yang buruk, serta tersendatnya alat dan sarana penunjang bisa menyebabkan tenaga pendidik tidak bisa menyampaikan materi pembelajaran secara utuh pada siswa. Pastinya ada bagian yang terpotong atau durasi yang termakan. 

Ya, biasanya gangguan-gangguan yang terjadi pada alat atau setelan yang tidak baik menyebabkan siswa ribut dan tenaga pendidik juga menjadi susah payah mengatasi permasalahan pada alat dan pengaturan. Contohnya laptop, earphone, wifi, dsb.

Ini bisa terjadi karena kesalahan dari pelaku bisnis tutor online yang tidak memfasilitasi peralatan (laptop, pensil digital, kamera, earphone, mic). Selain itu juga tidak memberikan setelan pengaturan yang tepat pada para tenaga pendidik.  

Tidak Memberikan Modul dan Kurikulum untuk Pendidik

Tidak jarang, ada tenaga pendidik yang tampak tidak siap dalam menjelaskan atau memberi materi pada siswa. Ini dapat disebabkan oleh kurangnya persiapan dan ‘bekal’ yang diberi oleh lembaga tutor online tempat mereka bernaung.

Akar dari hal tersebut adalah kesalahan dari pelaku bisnis yang melupakan modul dan kurikulum, sehingga tidak memberikannya pada tenaga pendidik. Perlu kamu ketahui modul dan kurikulum bisa diciptakan sendiri atau dengan menganut negara.

Pebisnis Tutor Online, Mari Hindari Kesalahan-Kesalahan yang Mungkin Terjadi!

Setelah membaca poin-poin kesalahan yang harus dihindari pebisnis tutor online, pastinya kamu bisa semakin waspada dan berjaga-jaga supaya hal tersebut tidak terjadi. Bagaimana? Yuk, siap berbisnis tutor online dan hindari potensi kesalahan!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis tutor online kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cegah Sekarang: Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Tutor Online

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​