5 Makanan Khas Jawa yang Bisa Jadi Ladang Bisnis Kuliner! – Makanan khas jawa, dikenal “ramah” di lidah dan akan buat siapa saja jatuh cinta dengan kelezatannya.

Mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, semua daerah punya makanan spesialnya masing-masing dan super enak.

Maka dari itu, banyak pelaku bisnis yang ingin menjadikan makanan khas jawa sebagai ladang untuk bisnis kuliner.

Tak heran, karena bisnis kuliner memang memegang peranan besar dan makan juga merupakan kebutuhan dari setiap manusia.

Apalagi setiap tahunnya, banyak jenis-jenis makanan baru yang bermunculan dan sukses di pasaran.

Nah, untuk makanan daerah sendiri, dari tahun ke tahun juga makin banyak penikmatnya.

Hal ini disebabkan karena masyarakat mulai sadar akan kekayaan dari kuliner indonesia. Banyak lho pelaku bisnis yang menaikan derajat kuliner tradisional di mata dunia dan tak kalah bersanding dengan kuliner modern.

Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis kuliner, makanan khas jawa ini layak dipertimbangkan, lho. Berikut inspirasinya!


5 Makanan Khas Jawa yang Bisa Jadi Ladang Bisnis Kuliner!

1Mie Lethek

makanan khas jawa - mie lethek - bisnis kuliner
img source: travelingyuk.com

Makanan khas Jawa ini, tepatnya Bantul, Yogyakarta biasanya dinamakan mie “kotor”, karena bentuknya yang berantakan. Tetapi jangan salah, walaupun begitu, rasanya dikenal lezat dan sangat menggugah selera.

Bahkan saat Barack Obama ke Yogya tahun 2017 lalu, Mie Lethek menjadi salah menu wisata kulinernya.

Berbahan singkong dan tepung tapioka, mie ini bertesktur lembut dan bisa diolah menjadi mie goreng, rebus atau dijadikan olahan bersama nasi juga cocok.

Baca Juga: 3 Ilmu Penting yang Perlu Diketahui untuk Para Calon Pebisnis

Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan topin di dalamnya seperti, telur, daging ayam serta sayuran segar yaitu loncang, seledri, dan wortel.

Lebih menarik lagi, kalau Anda menambahkan menu level pedas yang bisa dipilih konsumen sesuai seleranya.


2Gudeg

makanan khas jawa - gudeg - bisnis kuliner
img source: gudegyudjumpusat.com

Gudeg menjadi makanan khas jawa yang juga sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Menu ini sendiri sudah menjadi makanan favorit masyarakat Yogya sejak 1956, lho.

Makanan ikonik ini punya tiga jenis gudeg, yaitu Gudeg Basah, Gudeg Maggar dan Gudeg Kering.

Nah, gudeg kering mungkin bisa Anda coba sebagai lahan bisnis kuliner baru.

Baca Juga: Beralihlah ke Media Sosial, Ini 5 Tips Jitu Kuasai Instagram untuk Bisnis

Anda bisa menyasar orang-orang yang merindukan makanan daerah Yogya ini tetapi sulit mendapatkannya karena tinggal di luar kota atau negeri.

Mulailah menjualnya secara online, yang memang memiliki cangkupan luas dalam segi menjangkau pasar.


3Rujak Cingur

img source: id.tastemade.com

Selanjutnya ada makanan khas jawa asal Jawa Timur, yaitu rujak cingur.

Rujak cingur sendiri terdiri dari beberapa potong buah-buahan yang diberi cingur (mulut sapi), serta sayur-sayuran.

Setelah itu, akan ditambahkan bumbu rujak cingur yang diolah dari cabe, petis, gula merah, bawang putih, kacang goreng yang diulek.

Tak hanya memilki rasa lezat, makanan khas ini juga menyehatkan karena isinya mengandung beberapa gizi seperti, vitamin, serat, protein dan karbohidrat.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Anda

Tapi perlu Anda ketahui, kalau kelezatan rujak cingur sangat tergantung dengan rasa sambal petis yang digunakan.

Nah, maka dari itu, sebelum memulai bisnis kuliner ini, Anda harus riset dan mencari supplier sambal petis yang sesuai dengan keinginan Anda.


4Tahu Tek

makanan khas jawa - bisnis kuliner - tahu tek
img source: id.tastemade.com

Sajian yang begitu menggugah selera ini berasal dari Surabaya, Jawa Timur, dengan siraman bumbu yang banyak, lontong, tahu, toge kecil dan kecambah sebagai bahan utamanya.

Tahu tek sendiri adalah tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil, lalu disiram bumbu petis. Anda bisa menambah bahan pelengkap seperti kentang goreng, tauge, dan irisan mentimun.

Lalu, tambahkan juga kerupuk udang dan sedikit bawang goreng saat disajikan kepada konsumen.

Hal menarik dari tahu tek, para penjual akan menggunakan gunting untuk memotong bahan makanan, namun setelah selesai memotong, gunting sengaja dibunyikan terus walaupun bahannya sudah habis terpotong dan akan terdengar tek..tek..tek..

Itulah awal mula dinamakan tahu tek.

Anda bisa mengkreasikan aksi ini dengan lebih kreatif, lho. Cobalah untuk melakukan live cooking yang menarik, mungkin menambahkan alat musik sebagai pengiring.

Tentunya hal ini akan menarik perhatian pelanggan yang datang. Bahkan, mereka bisa tak segan untuk mengunggah keunikan bisnis Anda di media sosial lalu membuatnya viral.

Pasti, hal itu akan menghadirkan keuntungan bagi bisnis Anda.


5Kopi Joss

makanan khas jawa - kopi joss - bisnis kuliner
img source: goodindonesiafood.com

Setelah membahas banyak makanan khas jawa, sepertinya kurang lengkap kalau tidak memasukan juga minuman ikonik, salah satunya Kopi Joss asli Yogyakarta.

Uniknya kopi ini tidak hanya dikenal luas oleh masyarakat Indonesia lho, tetapi mancanegara juga. Kalau di luar negeri, orang-orang biasa menyebutnya The Charcoal Coffee.

Penyajian kopi ini cukup nyentrik dan menarik dari kopi lainnya, di mana para penjual Kopi Joss biasanya menggunakan ketel atau teko besar sebagai wadah dan memasaknya menggunakan arang.

Tak hanya sampai di situ, ciri khas lainnya adalah saat disajikan pada pelanggan, arang akan dicelupkan ke dalam gelas kopi yang akan diminum.

Menarik, bukan?

Nah, berhubung bisnis kopi saat ini sedang memiliki banyak pasar, mungkin menu ini bisa menjadi inspirasi bisnis kuliner Anda.

Baca Juga: 3 Keuntungan Menjalani Bisnis Kopi Kekinian, Tertarik Mencobanya?

Itulah beragam inspirasi masakan khas jawa yang bisa Anda pertimbangkan sebagai lahan bisnis kuliner. Tenang saja, bisnis kuliner memiliki pasar yang sangat besar, karena lekat dengan kehidupan bermasyarakat.

Tapi sejatinya, terjun ke dunia bisnis memang tidak mudah, karena walaupun pasarnya luas tetapi saingan yang akan dihadapi juga banyak. Namun, jangan jadikan hal itu penghambat.

Mulailah menghadapi rintangan tersebut dengan melakukan inovasi dari daftar makanan di atas serta menciptakan strategi dagang terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dengan begitu, bisnis kuliner Anda akan lebih terkesan unik dan mampu menarik perhatian pelanggan. Namun, jika Anda masih terpaut akan modal yang kurang, Anda bisa kok mendapatkan modal bisnis tambahan dari KoinBisnis melalui KoinWorks.

Anda bisa mendapatkan pinjaman dana, mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan. Yuk, mulai wujudkan cita-cita Anda untuk menjadi pebisnis kuliner sekarang!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.