Home » Strategi Bisnis » Bisnis Ayam Geprek: Hal yang Harus Dilakukan agar Brand Mudah Dikenal

Bisnis Ayam Geprek: Hal yang Harus Dilakukan agar Brand Mudah Dikenal

Rasa pedas dan maknyus dari ayam geprek membuat banyak orang berbondong-bondong untuk menikmatinya dan membuat bisnis ayam geprek mulai menjamur. Kamu pun berkesempatan untuk menjadi salah satu pemilik bisnis ayam geprek. Tertarik? Yuk simak terlebih dahulu hal yang harus dilakukan agar brand mudah dikenali pada bisnis ayam geprek.

Hal yang Harus dilakukan agar Brand Mudah Dikenali

Brand pada suatu produk bisnis biasanya terdiri dari nama dan logo yang memiliki makna tersendiri. Untuk itu, brand nantinya yang akan menjadi identitas dari bisnis ayam geprek yang kamu jalankan.

Kamu bisa membuka bisnis ayam geprek dengan memanfaatkan bisnis franchise dimana brand sudah dikenal masyarakat luas. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membangun brand sendiri.

Untuk itu, kamu dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini agar bisnis ayam geprek kamu bisa tertanam di pikiran masyarakat luas.

Target Pasar Bisa Menjadi Referensi dalam Membuat Brand

Tentunya sebelum kamu membuat bisnis, kamu telah menentukan target pasar kamu. Misal karena rasa ayam geprek yang pedas, kamu mungkin menargetkan orang-orang yang mencintai pedas sebagai target pasar utama kamu.

Penamaan nama brand boleh disesuaikan dengan target pasar kamu. Untuk itu, kamu mungkin bisa menyematkan kata “pedas” atau “sambal” pada bisnis ayam geprek yang akan kamu dirikan.

Buat Nama yang Menggambarkan Produk

Kamu dapat mencontoh sedikit bisnis ayam geprek kompetitor kamu, namun kamu tetap harus melakukan inovasi. Penamaan nama brand pun bisa kamu buat berdasarkan gambaran ayam geprek yang akan kamu jual. 

Buat Brand yang Tidak Sulit untuk Diucapkan

Bisanya membuat nama yang mudah dieja dapat dengan mudah untuk masuk ke dalam ingatan para konsumen. Buat nama bisnis ayam geprek kamu paling tidak dua hingga empat suku kata.

Pilih Logo yang Sesuai dengan Bisnis Ayam Geprek

Warna dalam logo biasanya dapat menggambarkan produk yang dijual. Untuk bisnis kuliner seperti ayam geprek dan identik dengan rasanya yang pedas, logo yang dibuat harus mengandung warna merah. 

Sebaiknya, kamu harus mencari desainer yang tepat. Mereka harus mau mendengarkan harapan kamu terkait logo dan lebih bagus lagi jika mereka bisa memberikan saran yang membantu.

Kualitas Produk Harus Terjaga

Titik kesuksesan bisnis ayam geprek kamu tidak hanya dari brand itu sendiri, tetapi produk yang kamu jual tentunya ikut andil.

Agar brand kamu terkenal, kamu harus membuat ayam geprek dengan kualitas yang oke mulai dari rasa, harga dan pelayanan kamu.

Jaga kualitas ayam geprek kamu setiap harinya. Itu membuat bisnis kamu dikenal sebagai bisnis yang memiliki integritas.

Kenalkan Produk Lewat Event Tertentu

Rasanya bisnis kuliner selalu memiliki tempat jika ada event seperti bazar atau pameran. Kesempatan yang sangat bagus mengenalkan bisnis ayam geprek kamu melalui event yang ramai dikunjungi orang. 

Buatlah stand ayam geprek kamu dengan bersih dan enak dipandang mata. Setelahnya, tawarkan ayam geprek dengan citra rasa terbaik kamu.

Promosikan Bisnis Ayam Geprek Kamu Lewat Iklan

Baliho dan spanduk adalah salah satu cara untuk mengkampanyekan bisnis ayam geprek kamu secara offline. Kamu bisa menempatkannya di tempat kamu berjualan atau di pinggir jalan.

Untuk menarik minat konsumen ke cakupan yang lebih luas, kamu bisa memanfaatkan iklan digital seperti display ads, google ads atau Search Engine Marketing (SEM).

Jual Ayam Geprek Secara Online

Di masa pandemi ini rasanya pemanfaatan teknologi semakin meningkat termasuk memesan makanan lewat e-commerce. Untuk itu, salah satu hal yang harus dilakukan agar brand mudah dikenali dan laris manis adalah dengan mendaftarkan bisnis ayam geprek kamu di e-commerce.

Promosi Menggunakan Media Sosial

Media sosial adalah sarana yang sudah banyak dimiliki banyak orang. Untuk itu, mempromosikan ayam geprek kamu lewat media sosial adalah cara yang sangat tepat untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Untuk mensukseskan strategi pemasaran lewat media sosial, kamu dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Membuat akun dengan menggunakan username yang mudah diingat. Kamu tentunya bisa memadukan brand ayam geprek kamu. Pastikan username selalu sama untuk setiap akun media sosial yang kamu gunakan.
  • Lengkapi identitas bisnis ayam geprek kamu mulai dari alamat lokasi, nomor yang bisa dihubungi serta menyisipkan link yang bisa terhubung dengan website, e-commerce dan akun media sosial bisnis lainnya.
  • Pastikan gambar ayam geprek yang kamu ambil dan posting menarik perhatian dan menggugah selera orang. Jangan lupa sertakan caption yang menarik dan hastag yang tepat.
  • Manfaatkan fitur instastory untuk mengabadikan momen aktivitas bisnis ayam geprek kamu.
  • Sekali-kali buat kontes giveaway dengan syarat tertentu. Contohnya kamu akan memberi 5 porsi ayam geprek gratis untuk 5 orang followers dengan syarat harus mention akun media sosial temannya di kolom komentar.

Penjelasan mengenai hal yang harus dilakukan agar brand mudah dikenali harus kamu coba lakukan agar ayam geprek kamu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Jadi, apakah kamu sudah siap meraih banyak keuntungan?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​