Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Budidaya Ikan Hias

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Budidaya Ikan Hias

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Budidaya Ikan Hias

Pengembangan bisnis budidaya ikan hias memang butuh banyak persiapan. Salah satu hal yang wajib dipersiapkan adalah lokasi bisnis. Perlu diketahui bahwa kamu harus memperhatikan beberapa faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis. Pastikan bahwa pilihan lokasinya tepat, strategis, dan bisa menarik konsumen lebih banyak lagi. 

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis

Pengembangan bisnis memang sangat dibutuhkan jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Supaya proses pengembangan bisnis berjalan lancar, pilihlah lokasi yang paling efisien. Hal ini dilakukan untuk membuat bisnis lebih mudah dikenali dan lebih menarik banyak orang. Berikut ini faktor penting yang sebaiknya kamu perhatikan saat memilih lokasi untuk perluas bisnis budidaya ikan hias demi meningkatkan cuan:

Strategis atau Tidak

Faktor pertama adalah strategis atau tidaknya tempat yang akan digunakan. Bagi sebuah bisnis, penting sekali untuk memilih lokasi yang strategis. Lalu, apa yang dimaksud dengan strategis ini? Artinya tempat yang akan digunakan mudah untuk dilihat oleh orang lain, terutama masyarakat awam. Sebenarnya mudah saja untuk melihat strategis atau tidaknya tempat yaitu dari tingkat keramaiannya. 

Namun perlu diingat bahwa bisnismu ini punya target marketing tersendiri. Jadi pastikan bahwa strategis yang dimaksud adalah strategis di kalangan target konsumen yang kamu jadikan sebagai sasaran. Ini akan sangat membantu bisnismu untuk berkembang lebih pesat dan angka penjualan bisa meningkat secara optimal. 

Kemudahan Akses

Selanjutnya pikirkan juga faktor akses menuju lokasi bisnis tersebut. Sangat disarankan untuk memilih lokasi yang aksesnya mudah. Artinya, masyarakat terutama target pasar dari bisnismu bisa berkunjung dengan mudah tanpa perlu ribet. Masalah akses ini bisa dilihat dari jalanan yang harus dilalui untuk sampai ke lokasi bisnis yang kamu jalankan. 

Pilihlah lokasi yang tidak hanya strategis tapi juga aksesnya mudah. Pikirkan juga pelanggan yang menggunakan kendaraan besar seperti mobil. Pastikan bahwa jalanan menuju tempat usahamu memadai untuk berbagai jenis kendaraan jadi semua konsumen bisa datang tanpa terkecuali. Ini akan membuat pembeli juga merasa nyaman dan semakin bersemangat untuk berkunjung. 

Lingkungan Sekitar

Perhatikan juga lingkungan sekitar lokasi bisnis yang akan kamu gunakan. Lihat dulu apakah di sana sudah ada bisnis yang sama atau belum. Lebih bagus lagi jika tempat yang kamu pilih belum disentuh oleh pelaku bisnis budidaya ikan. Ini akan membuka peluang yang jauh lebih besar untukmu dan bisa memberikan kesempatan untuk bertemu dengan lebih banyak pelanggan. 

Selain itu lihat juga seperti apa tingkat keamanan lingkungan di sekitar lokasi bisnis. Pilihlah tempat yang keamanannya terjaga dengan baik sehingga kamu bisa lebih nyaman mengelola bisnis. Sangat disarankan pula untuk bertanya dengan orang-orang sekitar yang sudah lebih lama menempati lokasi tersebut mengenai seperti apa kondisi di sana. 

Ukuran Lokasi

Faktor berikutnya yang harus diperhatikan adalah ukuran atau luas lokasi bisnis. Ini juga tidak kalah penting karena bagaimanapun juga kamu membutuhkan ruang yang memadai untuk budidaya ikan hias. Coba perhitungkan kembali alat apa saja yang akan digunakan lalu berapa banyak ukuran luas area yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut. 

Jika memang lokasi ini dibutuhkan untuk pengembangan, berarti sebelumnya kamu sudah memiliki lokasi bisnis. Lokasi bisnis yang lama bisa jadi bahan acuan untuk menentukan berapa besar luas area yang dibutuhkan. Pastikan bahwa ukuran lokasinya memadai dan bisa membuat operasional bisnis berjalan dengan lancar. 

Budget yang Dibutuhkan

Dari beberapa faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis, faktor berikut ini sangat penting untuk diperhatikan. Kamu butuh budget agar bisa mendapatkan lokasi atau tempat usaha. Jadi pastikan bahwa lokasi yang kamu pilih sudah sesuai dengan budget yang dianggarkan sebelumnya. Ini dilakukan agar kamu tidak perlu kesulitan membayar biaya sewa atau mungkin harga jual dari tempat tersebut.

Coba lihat kembali apakah kamu bisa membeli tempat tersebut atau baru bisa menyewanya. Perhitungkan matang-matang karena hal ini akan berpengaruh pada keseimbangan finansial dalam bisnismu. Jangan sampai asal pilih tempat dan menghamburkan banyak uang untuk mendapatkan tempat tersebut. 

Pilih Tempat Usaha yang Paling Cocok Denganmu!

Sekarang kamu sudah tahu apa saja faktor yang perlu dipertimbangkan saat ingin memilih lokasi untuk memperluas usaha budidaya ikan hias. Jika kamu sudah menemukan satu lokasi yang mungkin dianggap potensial maka tidak ada salahnya untuk mencari perbandingan dulu. Tujuannya agar kamu bisa membandingkan dan menemukan lokasi yang terbaik. 

Mintalah saran dari orang-orang di sekitarmu agar lebih mudah untuk menentukan pilihan lokasi usaha. Lebih disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan orang-orang yang sudah lama bergelut di dunia bisnis. Tentunya mereka bisa memberikan analisis dan pertimbangan yang matang mengenai pilihan lokasi tersebut. 

Perhatikan berbagai jenis faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis yang sudah dibahas tadi. Cermati baik-baik apa saja yang harus diperhatikan agar bisnis budidaya ikan hias ini bisa diperluas secara efektif. Jika sudah berhasil mendapatkan lokasi yang tepat, segera lakukan berbagai macam persiapan dan langkah promosi agar bisnis tersebut semakin dikenal banyak orang.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Budidaya Ikan Hias

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​