Home » Strategi-bisnis » Cara Kembangkan Cabang Bisnis Budidaya Ikan Hias secara Efektif

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Budidaya Ikan Hias secara Efektif

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Budidaya Ikan Hias

Pengembangan bisnis budidaya ikan hias dapat kamu lakukan dengan berbagai macam cara dan salah satunya lewat penambahan cabang. Tentunya kamu butuh cara kembangkan cabang bisnis yang efektif dan efisien agar kamu bisa mendapatkan keuntungan optimal. Mari cari tahu apa saja langkah yang harus dilakukan agar kamu bisa mengembangkan cabang bisnis tersebut. 

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Budidaya Ikan Hias

Jenis bisnis ini memang punya prospek yang besar, namun percuma saja jika kamu tidak mengambil langkah pengembangan. Bisnis yang tidak dikembangkan biasanya akan diam di tempat atau bahkan mengalami kemunduran. Berikut adalah cara efektif yang bisa kamu lakukan dalam upaya mengembangkan cabang bisnis budidaya ikan hias:

Siapkan Modal Dana

Pertama-tama kamu harus siapkan modal dana terlebih dahulu. Ini menjadi langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin mengembangkan sebuah bisnis lewat cabang baru. Sudah pasti kamu akan butuh uang untuk membuat cabang bisnis yang baru dan uang tersebut tidak bisa dikatakan sedikit. Jadi perhitungkan baik-baik berapa modal yang dibutuhkan. 

Tidak hanya memperhitungkan jumlah modal secara rinci, kamu juga harus menentukan dari mana sumber modal tersebut. Pastikan bahwa kamu bisa memenuhi kebutuhan modal ini secara efektif dan efisien. Jika memang dibutuhkan dana pinjaman maka cari tahu dari mana dan buat perhitungan cicilan yang matang supaya tidak mempersulit diri sendiri di masa depan. 

Pilih Lokasi yang Strategis

Selanjutnya pilihlah lokasi cabang usaha yang strategis. Ini juga tidak kalah penting karena akan berpengaruh pada reputasi bisnismu. Semakin strategis lokasi cabang yang dipilih maka akan semakin bagus karena bisa membantu bisnismu dikenal oleh lebih banyak orang. Lokasi yang strategis juga akan membantu bisnismu mendapatkan angka penjualan yang jauh lebih besar. 

Saat memilih lokasi ini, perhatikan di mana letaknya dan seperti apa lingkungan di sekitarnya. Pastikan bahwa lokasinya mudah dijangkau, aksesnya mudah, mudah terlihat oleh orang awam, dan lingkungannya aman. Jangan lupa, sesuaikan juga pilihan lokasi ini dengan ketersediaan anggaran yang sudah kamu persiapkan agar tidak terjadi over-budgeting

Lengkapi Kebutuhan Peralatan

Saat membuka cabang bisnis baru, secara otomatis kamu membutuhkan peralatan yang lebih banyak. Apalagi jika jenis bisnis yang kamu jalankan adalah bisnis budidaya ikan hias. Jelas kamu butuh banyak peralatan yang akan mendukung proses budidaya ini berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, buatlah list atau catatan apa saja alat yang kamu butuhkan. 

Tentu saja penyediaan alat-alat ini akan membutuhkan biaya. Saat membuat daftar barang apa saja yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu sudah memperhitungkan biayanya. Jadi akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan biaya tersebut. Alokasi dana jadi jauh lebih efektif dan akan mempermudah kamu dalam memenuhi semua kebutuhan di cabang yang baru.

Lakukan Promosi Baru

Salah satu cara kembangkan cabang bisnis yang efektif adalah dengan melakukan promosi baru. Jika kamu punya cabang bisnis lain maka cobalah untuk mengembangkannya dengan langkah promosi yang tepat. Apalagi di zaman sekarang ini fasilitas marketing sudah semakin lengkap dan media yang bisa kamu gunakan juga sangat beragam. 

Cobalah untuk menggunakan teknik digital marketing agar bisa menjangkau target konsumen yang lebih luas. Jika sebelumnya kamu sudah menggunakan strategi ini, maka kamu bisa mengubah teknik digital marketing yang saat ini kamu gunakan. Coba amati kompetitor atau pelaku bisnis lain, teknik marketing apa saja yang mereka jalankan sehingga bisa jadi inspirasi

Rekrut Tenaga Kerja yang Kompeten

Adanya cabang baru menuntut kamu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang juga semakin besar. Kamu perlu melakukan rekrutmen sehingga bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Proses rekrutmen ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan pastikan bahwa tenaga kerja yang kamu pilih memang benar-benar kompeten sehingga bisa membantu kelancaran bisnis. 

Tentukan dulu berapa banyak tenaga kerja yang akan kamu rekrut untuk cabang baru. Buat juga catatan job desc yang akan mereka lakukan. Ini sangat penting untuk menghindari perekrutan yang berlebihan dan pada akhirnya tidak tahu mereka harus bertugas di bagian mana. Kesalahan semacam ini hanya akan membuang waktu, tenaga, dan tentu saja menghabiskan modal yang kamu miliki. 

Kembangkan Cabang Bisnismu untuk Profit Lebih Besar!

Jangan ragu untuk mengembangkan cabang bisnis budidaya ikan hias yang kamu miliki saat ini. Pengembangan cabang bisnis memang terlihat cukup menantang karena butuh usaha dan modal yang memadai. Namun hal tersebut tidak mustahil untuk kamu lakukan selama strateginya tepat. 

Jika kamu sudah berhasil mengembangkan cabang bisnis, maka akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Jangkauan bisnismu jadi lebih besar lagi dan membuat reputasi bisnis semakin tinggi. Tapi ingat ya, bertambah cabang berarti juga bertambah besar upaya yang harus kamu keluarkan jadi persiapkan diri terlebih dahulu. 

Coba terapkan cara kembangkan cabang bisnis yang sudah dibahas tadi. Sesuaikan dengan kondisi bisnismu dan pastikan untuk berdiskusi dengan tim yang bekerja bersama. Lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh apa perkembangan cabang bisnis yang sudah kamu bentuk dan terus lakukan perbaikan atau peningkatan strategi.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis budidaya ikan hias kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Kembangkan Cabang Bisnis Budidaya Ikan Hias secara Efektif

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​