Home » Strategi-bisnis » Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Hias

Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Hias

cara cepat memulai bisnis budidaya ikan hias

Tingginya popularitas ikan hias di masyarakat barangkali membuat kamu tertarik mengetahui cara memulai bisnis budidaya ikan hias. Bisnis budidaya ikan hias adalah bisnis yang populer baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu alasan bisnis ini sangat populer adalah ternyata tidak sulit membudidayakan beberapa jenis ikan hias yang memiliki banyak peminat. Tanpa perlu panjang lebar lagi, ayo ketahui bagaimana cara memulai bisnis budidaya ikan hias!

Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Hias

Memulai bisnis yang menyangkut makhluk hidup dapat menimbulkan rasa khawatir akan beban pemeliharaan dan perawatannya. Berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis budidaya ikan hias juga mempertimbangkan banyak hal lain seperti tempat budidaya, pakan, biaya pembersihan dan perawatan, dan hal lainnya. Cara memulai bisnis budidaya ikan hias berikut ini akan membuat kamu lebih siap untuk menjadi pemilik bisnis ikan hias.

Mengumpulkan Informasi Seluas Mungkin

Memulai bisnis budidaya ikan hias tentu diawali dengan jenis ikan hias apa yang ingin kamu budidayakan. kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui jenis ikan hias yang paling diminati di pasar, siapa dan di mana target pasar, dan dari mana serta bagaimana kamu akan menjualnya. kamu juga perlu tahu latar belakang ekonomi dan sosial target konsumen kamu. 

Hal ini karena ikan hias memiliki pasar yang sangat bervariasi. Jenis ikan hias tertentu mungkin lebih terkenal di kalangan masyarakat ekonomi menengah ke atas. Dengan mengetahui karakteristik target konsumen kamu, kamu dapat lebih fokus untuk membudidayakan jenis ikan hias terbaik yang akan menarik minat mereka.

Menentukan Jenis Ikan Hias

Semua jenis ikan hias memiliki pasarnya masing-masing. Jenis ikan hias juga membutuhkan perawatan yang lebih mahal daripada jenis ikan hias yang lain. Sebagai pemula, kamu mungkin sebaiknya memilih satu jenis ikan hias saja atau jenis ikan hias yang mudah dan murah dirawat misalnya ikan cupang. Jenis ikan hias juga dapat diklasifikasikan berdasarkan ikan air tawar dan air asin. 

Perlu untuk kamu ketahui bahwa merawat ikan hias air asin lebih sulit daripada ikan air tawar. Menentukan jenis ikan hias yang akan dibudidayakan juga berarti mencari tahu pakan terbaik dan syarat serta kondisi yang dibutuhkan dalam mengembangbiakkan ikan tersebut. Jenis ikan hias yang termasuk bisnis budidaya ikan hias di Indonesia adalah cupang, gabus, tiger fish, molly, neon tetra, Oscar, dan dwarf cichlid.

Menyiapkan Tempat dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Selanjutnya kamu perlu menyiapkan tempat untuk ikan hias kamu. Beberapa jenis ikan hias sangat kompetitif dengan sesamanya sehingga kamu perlu menyekat akuarium atau tangki yang kamu gunakan untuk mengisolasi jenis ikan hias ini. 

Selain itu, terdapat beberapa perlengkapan yang kamu butuhkan seperti aerator, tanaman air, pakan ikan, jaring, obat ikan, dan hal lainnya. Perlengkapan yang tersedia mesti sesuai dengan sifat dan jenis ikan hias kamu. Menyusun akuarium semenarik mungkin juga dapat menarik perhatian calon konsumen.

Menawarkan Produk Sampingan

Jalannya bisnis ikan hias kamu bisa jadi lambat pada waktu-waktu tertentu. Karena itu, akan lebih menguntungkan untuk bisnis kamu bila kamu memiliki produk lain yang dapat kamu jual selain ikan hias misalnya perlengkapan dan pakan ikan. Kamu juga bisa menjual hewan air lainnya yang mudah budidaya seperti udang dan lobster. Kamu dapat menjual produk tersebut dalam satu paket yang berisi ikan hias dan semua perlengkapan untuk memelihara ikan hias tersebut.

Memperhitungkan Lokasi

Bukan hanya mempertimbangkan jarak dengan target pasar, lokasi bisnis kamu juga akan sangat berpengaruh pada perawatan dan budidaya ikan hias kamu. Penting untuk memperhitungkan apakah lokasi bisnis kamu memiliki tempat atau lahan yang cukup, kualitas air yang tersedia, iklim dan kondisi udara setempat, serta hal lainnya. 

Kamu harus memperhitungkan hal-hal  ini terutama ketika kamu baru saja memulai bisnis ikan hias dan belum memiliki teknologi yang canggih untuk mendukung budidaya ikan hias. Selain itu, lokasi yang dekat dengan sumber pakan ikan juga akan menguntungkan bisnis ikan hias. Contoh pakan ikan yang murah dan bagus adalah cacing tanah, jentik, nyamuk, dan daphnia.

Berbisnis Secara Online

Bisnis ikan hias dan produk sampingan kamu secara online akan mempermudah kamu untuk mempromosikan bisnis dan memperluas jangkauan calon pelanggan kamu. Berbisnis secara online juga menjadi salah satu strategi yang dapat kamu gunakan ketika lokasi bisnis kamu jauh dari pasar. Kamu dapat menggunakan media sosial seperti Instagram dan Tik Tok untuk promosi atau bahkan juga menjualnya dari sana. Selain media sosial, kamu pun dapat mempertimbangkan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia untuk menjual ikan hias secara online. 

Mempekerjakan Staf

Jika kamu ingin memiliki bisnis ikan hias yang besar, kamu akan membutuhkan staf untuk membantu menjalankan bisnis. Kamu harus memastikan staf kamu dapat merawat ikan hias atau mengurus hal-hal penting lainnya untuk bisnis budidaya ikan hias kamu. Kamu juga dapat mempekerjakan staf untuk mengurus toko online bisnis ikan hias kamu.

Ingin Segera Memulai Bisnis Budidaya Ikan Hias?

Informasi mengenai cara memulai bisnis budidaya ikan hias ini mungkin membuat kamu tertarik untuk melakukannya. Bisnis budidaya ikan hias selain memiliki estetika yang unik juga dapat memberikan profit kepada kamu. Ayo, segera mulai bisnis budidaya ikan hias kamu!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Hias

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​