Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis EO, Ini Listnya!

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis EO, Ini Listnya!

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis EO, Ini Listnya!

Ada banyak faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis event organizer (EO). Supaya target pasar tepat saran, dan menghasilkan keuntungan bagi EO.

Faktor ini berdasarkan berbagai pertimbangan. Seperti target pasar, daya tarik pelanggan dan lain sebagainya. Kamu bisa membaca penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis EO

Sebelum membuka cabang baru, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut:

Target Pasar

Siapa sih target pasar bisnis EO kamu? Apakah perusahan besar, pemerintahan atau bahkan perorangan? 

Faktor pertama yang sangat mempengaruhi adalah target pasar kamu. Pastikan daerah yang kamu pilih merupakan tempat target kamu berada. 

Misalnya saja ketika kamu membuka EO di daerah A. Lalu kamu sering mendapatkan klien di daerah B. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memperluas usaha di daerah B ini.

Tujuannya jelas, yaitu klien yang sebelumnya sudah ada di daerah B. Merekalah target pasar kamu yang harus diperhatikan.

Lokasi Usaha

Faktor kedua adalah lokasi usaha harus strategis. Bisnis di bidang jasa kadang membuat kamu lalai dengan penentuan lokasi usaha. Sebab sepertinya tidak terlalu berpengaruh, karena hal yang dijual tidak terlihat.

Eits jangan salah! Meski kamu membuka jasa EO, lokasi usaha sangat penting lho. Terutama untuk memudahkan akses saat bertemu dengan klien.

Perhatikan dahulu siapa saja klien kamu. Kemudian cari tahu lokasi tempat tinggal dan event yang biasanya diadakan. Apakah di wilayah perkotaan, atau malah di pedesaan?

Hal inilah yang harus kamu jadikan pertimbangan untuk memilih lokasi usaha.  Untuk memudahkan dalam menjalin komunikasi bersama klien. Selain itu, kamu juga bisa menguatkan branding tempat usaha kamu.

Akses Jalan

Sebagai penyedia layanan EO, tentu kamu tidak asing dengan adanya peralatan besar penunjang kegiatan. Misalnya saja sound system, peralatan kegiatan, sofa, kursi, dan lain sebagainya.

Inventaris ini tentu bisa saja kamu miliki untuk menunjang bisnis kamu. Maka dari itu itu, dibutuhkan akses jalan yang luas dan mudah agar proses distribusi peralatan juga bisa berjalan dengan baik.

Luas Bangunan

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis yang keempat adalah luas bangunan. Pahami kebutuhan kamu, supaya tahu seberapa besar kantor yang kamu butuhkan untuk bisnis ini.

Apakah kamu hanya membutuhkan kantor untuk proses administrasi? Atau juga bertindak sebagai tempat penyimpanan barang?

Luas bangunan menjadi penting apabila kamu memakai alasan kedua. Untuk menyimpan aset, dibutuhkan gudang atau space yang luas. Sehingga pertimbangkan hal ini sebelum menentukan lokasi.

Faktor Keamanan

Kelima adalah faktor keamanan dari lokasi sekitar. Carilah lokasi yang keamanannya terjamin. Termasuk lingkungan yang baik, agar bisa menerima bisnis kamu apa adanya.

Apalagi jika kamu menggunakan toko sebagai gudang barang. Maka penting menjaga keamanan aset kamu. 

Cara yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa keamanan adalah sebagai berikut:

  • Tanya ke tetangga sekitar lokasi, bagaimana trade record dari ruangan itu. Apakah aman atau bahkan sering kemalingan?
  • Cari peta rawan kriminalitas yang dibagikan oleh polisi. Kemudian tandai lokasi kamu, apakah masuk daerah rawan atau aman. 

Kondisi Toko

Sebaiknya periksa keadaan toko yang akan kamu sewa sebagai lokasi perluasan usaha. Apakah bangunannya sudah cukup baik, atau membutuhkan renovasi.

Apabila kamu tidak memiliki modal yang cukup, sebaiknya tidak perlu merombak keseluruhan toko. Pasrahkan pada agensi atau pemilik toko sebelumnya. Namun pastikan jika bangunan yang kamu pilih memang sangat nyaman untuk kamu bekerja.

Sementara apabila toko yang kamu dapatkan memiliki banyak kekurangan. maka usahakan untuk menekan budget sewa. Agar uang sisanya bisa digunakan untuk melakukan perombakan.

Modal

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis EO yang terakhir adalah budget yang cukup. Cari tahu terlebih dahulu kisaran harga yang menjadi sasaran kamu. Kemudian cari perbandingan harganya, supaya bisa tahu mana yang lebih murah.

Apabila modal kamu sedikit, tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki cabang EO yang fancy. Kamu harus bisa mengatur sesuai dengan budget, namun tetap lokasi tetap terlihat aesthetique.

Kapan Sebaiknya Memperluas Bisnis?

Kamu tidak bisa sembarangan jika akan memperluas bisnis EO kamu. Dibutuhkan waktu yang tepat, dengan pertimbangan matang.

Permintaan Lebih Banyak

Pertama adalah banyak permintaan, tapi semua tidak bisa tercover. Maka dari itu dibutuhkan manajemen yang baru, untuk memenuhi seluruh permintaan tersebut, tanpa penolakan yang berarti.

Tidak Bisa Menjangkau Target Pasar

Kamu juga harus mulai memperluas bisnis apabila tim saat ini belum bisa menjangkau target pasar ya ada. Dengan adanya cabang baru, maka waktu kamu bisa digunakan untuk menjangkau kegiatan di pasar tersebut.

Pusat Sudah Stabil

Ketiga adalah pusat yang sudah mulai stabil. Baik dari segi manajerial maupun marketing. Kamu bisa memperluas gurita bisnis EO kamu dan mengurusnya setelah lepas dari pusat.

Setelah membaca faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis EO kamu, tentu sudah mulai paham kan terkait langkah buka cabang baru ini? Supaya kamu memiliki dasar pertimbangan dalam pemilihan lokasi. Sehingga tidak sembarangan dalam membuka cabang bisnis.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis EO kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis EO, Ini Listnya!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​