Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Bisnis Ekspedisi!

Kunci Sukses Bisnis Ekspedisi!

Kunci Sukses Bisnis Ekspedisi!

Menjalankan bisnis ekspedisi yang potensial dan berpeluang besar tidak semudah yang kamu pikirkan. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, terdapat kunci sukses bisnis ekspedisi yang dapat kamu terapkan bersama tim bisnismu.

Mulai dari hal-hal dasar hingga hal teknis, berikut adalah lima faktor yang menjadi kunci sukses untuk mengembangkan bisnis ekspedisi. 

Terapkan Hal Ini Sebagai Kunci Sukses Bisnis Ekspedisi 

Untuk mewujudkan bisnis ekspedisi yang berhasil dikenal masyarakat, kamu harus menerapkan setidaknya kunci sukses seperti di bawah ini. 

Buktikan Bahwa Bisnis Kamu Kredibel

Kredibel atau kredibilitas, menjadi sebuah nilai yang akan menaikkan derajat suatu bisnis di mata konsumen. Kamu perlu membuktikan bahwa bisnis ekspedisi kamu kredibel atau terpercaya agar ada pengguna yang tertarik mencoba layanannya. 

Bagaimana caranya? Tingkatkan visibilitas bisnis kamu di internet melalui profil Google Maps, website resmi, aplikasi layanan ekspedisi, dan akun sosial media bisnis ekspedisi kamu. 

Cara tersebut wajib kamu lakukan karena calon pengguna layanan ekspedisi kamu merupakan orang yang suka belanja online, sehingga mereka akan googling, atau mencari informasi di mesin pencari Google, tentang bisnis ekspedisi kamu untuk mendapatkan informasi. 

Maka dari itu, profil Google Maps bisnis ekspedisi kamu harus jelas dan kaya informasi. Pastikan bahwa titik lokasinya sesuai, dan kamu telah mencantumkan informasi penting seperti alamat, hari dan jam buka, serta nomor kontak perusahaan.

Selain itu, jika bisnis ekspedisi kamu memiliki website, tingkat kredibilitas juga turut naik mengingat website adalah cara sebuah bisnis membuktikan keberadaan online atau online presence mereka. 

Sebuah website bahkan harus mencantumkan informasi yang lebih detail daripada profil bisnis di Google Maps. Contohnya, sejarah perusahaan, visi & misi perusahaan, jenis layanan ekspedisi, keunggulan layanan, dan sejenisnya. 

Kemudian, kamu juga tidak boleh melewatkan sosial media jika berbicara tentang kredibilitas. Sosial media melengkapi dan menambah jangkauan bisnis jadi lebih luas, mengingat perilaku pengguna internet yang berbeda sehingga tidak semuanya akan mencari di Google untuk mendapatkan informasi.

Mereka juga mencari keberadaan sebuah bisnis di sosial media, seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan Tiktok. Apabila bisnis kamu memiliki akun sosial media yang aktif, maka bisnis kamu dianggap relevan dan mendapat kepercayaan yang lebih. 

Manfaatkan sosial media untuk menjangkau lebih banyak calon pengguna dengan memproduksi konten menarik agar dapat menjalin hubungan dengan target pasar yang sesuai. 

Informasi yang Lengkap & Detail

Pada semua channel bisnis yang telah disebut sebelumnya, cantumkan informasi selengkap dan sedetail mungkin, terutama pada channel utama seperti website resmi dan akun sosial media. 

Deskripsikan layanan ekspedisi yang kamu tawarkan secara menyeluruh. Mulai dari jenis layanan, cakupan layanan, syarat dan ketentuan layanan, fasilitas layanan, kelebihan dan keunggulan layanan, sampai dengan harga atau tarif layanan. 

Cantumkan segala informasi dari A sampai dengan Z dengan lugas dan dalam bahasa yang mudah dimengerti agar informasi yang tersedia tersampaikan dengan baik kepada calon pengguna tanpa mereka harus pikir ulang maksud dari suatu kalimat dalam deskripsinya.

Kamu juga perlu memasukkan Standard Operating Procedure atau SOP layanan ekspedisi kamu dalam website resmi. Hal ini untuk menginformasikan kepada pengguna tentang standar peraturan bersifat mutlak yang harus kurir ikuti saat melaksanakan pekerjaan mereka. 

SOP kemudian akan menjadi faktor pendukung kepercayaan pengguna karena layanan ekspedisi kamu memiliki standar yang harus kurir patuhi sehingga kinerja dan performa layanan terjaga kualitasnya. 

Selain SOP, garansi dan asuransi layanan ekspedisi juga harus melengkapi kejelasan informasi di website ekspedisi kamu. Jika ternyata terdapat kesalahan, kekurangan, kerugian, atau human error pada saat kurir bekerja, pengguna tahu bahwa mereka mendapatkan jaminan atas itu. 

Dengan begitu, pengguna tidak bingung harus melakukan tindak lanjut apa bilamana terjadi error karena kamu sudah mencantumkan informasi terkait hal tersebut dengan detail dan lengkap.

Gunakan Aplikasi untuk Memudahkan Akses Layanan

Untuk menyesuaikan perilaku target pasar yang intensitas online-nya tinggi, kamu memerlukan aplikasi ekspedisi agar meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna. 

Selain itu, aplikasi ekspedisi akan mendukung pertumbuhan bisnis kamu lebih cepat karena menawarkan solusi bagi mereka yang membutuhkan. 

Apabila kamu menjamin bahwa durasi pengiriman layanan ekspedisi milikmu lebih singkat dari layanan lainnya, banyak orang yang bersedia membayar lebih untuk itu. Jadi, manfaatkan peluang ini dengan mengembangkan aplikasi dan memaksimalkan fitur-fiturnya. 

Aspek utama aplikasi seperti interface atau antarmuka harus nyaman dan mudah untuk digunakan. Lengkapi fitur aplikasi dengan menambahkan fitur opsi pembayaran, pelacakan kurir real-time, dan layanan customer service 24 jam.

Miliki Customer Service yang Handal

Customer Service merupakan perpanjang tanganan layanan ekspedisi dengan penggunanya. Customer Service menjadi salah satu kunci sukses bisnis ekspedisi karena termasuk standar kredibilitas perusahaan. 

Sebuah perusahaan yang customer-oriented, atau berorientasi pada pelanggan, akan memastikan bahwa customer service dari bisnis ekspedisi ini terlatih berkomunikasi dengan baik, paham product knowledge, serta tahu bagaimana menjadi kooperatif dan solutif sehingga menjaga kepuasan pelanggan. 

Promosikan Bisnis dengan Digital Marketing & Networking

Digital marketing atau pemasaran digital mengandalkan iklan di sosial media dan Google untuk mempromosikan suatu bisnis. Kamu harus mencoba pemasaran cara ini karena lebih spesifik dalam menargetkan audience. 

Kamu dapat mengatur kualifikasi target pasar kamu sebelum meluncurkan iklannya. Aspek demografi dan perilaku pengguna sosial media seperti apa yang ingin kamu jangkau? Sosial media seperti Instagram dan Facebook adalah ahlinya untuk menjangkau target pasar sespesifik mungkin. 

Lengkapi iklan dengan copywriting dan design poster yang menarik agar iklan bisnismu dilihat dan menghasilkan transaksi. Setelah mendapat pelanggan setia, kamu bisa menerapkan email marketing juga untuk mempertahankan hubungan jangka panjang. 

Lalu, lakukan networking dengan mengikuti kegiatan sosial seperti event dan workshop untuk meningkatkan reputasi bisnis ekspedisi milikmu. Bertemulah dengan owner bisnis, CEO, manager, dan rekan bisnis lainnya untuk mempromosikan bisnis ekspedisi secara halus. 

Berikan pendekatan yang berkesan dengan menekankan nilai-nilai bisnis yang kamu pegang sehingga kamu bisa mendapatkan relasi yang lebih luas. Tujuan utama networking bukan jualan, melainkan meningkatkan visibilitas bisnis di sesama lingkungan pebisnis. 

Demikian aspek-aspek pendukung untuk membuat bisnis ekspedisi kamu cepat diterima oleh pasar. Setelah membaca kunci sukses bisnis ekspedisi tersebut, nomor berapa yang menurutmu paling menentukan nasib bisnis kamu ke depannya?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Bisnis Ekspedisi!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​