Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Ekspedisi

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Ekspedisi

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Ekspedisi

Perluasan bisnis merupakan pencapaian yang patut kamu rayakan. Kamu bisa meningkatkan level bisnismu dengan mengetahui faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis agar pada tempat selanjutnya bisnis ekspedisi kamu bisa lebih berkembang. Lantas, apa saja yang harus kamu perhatikan saat memilih lokasi bisnis yang baru? Berikut lima faktor penting beserta pembahasannya. 

Kenali Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Ekspedisi Ini

Faktor penting yang sebaiknya kamu perhatikan saat memilih lokasi untuk perluas bisnis, yaitu:

Tarif Sewa dan Pajak 

Faktor pertama yang menjadi kriteria penting dalam memilih lokasi untuk  perluas bisnis adalah mengetahui berapa besaran tarif untuk sewa bangunan beserta pajaknyaKetika kamu menemukan lokasi dengan biaya sewa yang murah, maka kamu dapat menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dananya untuk kebutuhan tidak terduga yang akan muncul di waktu mendatang. 

Namun, hati-hati dengan biaya tersembunyi yang dapat mempengaruhi tarif sewa lokasi tersebut menjadi lebih mahal. Itulah mengapa kamu harus berhati-hati dalam memilih lokasi dan perhatikan dengan teliti aspek apa saja yang termasuk dalam tarif sewa tersebut. Kemudian, kamu juga harus memahami peraturan pemerintah setempat di lokasi yang ingin kamu pilih sebagai tempat bisnis ekspedisi selanjutnya. Terdapat faktor seperti peraturan pemerintah yang mempengaruhi insentif pajak dan struktur pajak untuk kamu pertimbangkan. 

Lalu, jangan lupa cari tahu apakah ada program pemerintah yang khusus dikelola untuk mempromosikan bisnis pada industri jasa pengiriman. Siapa tahu kamu akan mendapatkan keuntungan dari program tersebut. 

Ketersediaan Tenaga Kerja 

Saat ingin memperluas bisnis, kamu juga butuh tenaga kerja untuk mengisi posisi di lokasi baru. Ketersediaan tenaga kerja berhubungan dengan demografi dari lokasi tersebut. Tidak semua lokasi memiliki ketersediaan tenaga kerja terlatih yang memenuhi spesifikasi bisnis kamu. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan upah minimum di daerah tersebut. Cukup menantang untuk menemukan tenaga kerja bagus dengan upah yang sesuai. Pertimbangkan supply dan demand, atau ketersediaan tenaga kerja dengan permintaan atau kebutuhannya.

Apabila hanya terdapat sedikit tenaga kerja namun permintaannya tinggi, maka besar kemungkinan upah atau gajinya menjadi tinggi. Otomatis biaya operasional bisnis kamu ikut terpengaruh dan turut naik. Lalu, selain ketersediaan tenaga kerja dan upahnya, kamu perlu memikirkan kemampuan tenaga kerja tersebut. Apabila kualitas tenaga kerja buruk, maka pelayanan bisnis ekspedisi kamu tidak akan berkembang. Jadi, sebelum memilih lokasi baru, penting bagi kamu untuk riset mengenai demografi penduduk setempat dan observasi bagaimana kualitas pendidikan, karakteristik penduduk, serta tingkat pendapatannya. 

Jalan Raya dan Arus Lalu Lintas

Amati bagaimana aksesibilitas jalan menuju lokasi yang kamu inginkan. Bisnis ekspedisi mengandalkan keadaan jalan dan arus lalu lintasnya, terutama untuk kendaraan besar seperti mobil atau truk. Apabila akses jalan kecil dan sempit, maka arus lalu lintas akan sering macet terutama jika jalan tersebut adalah jalanan yang ramai dilalui oleh penduduk setempat atau jalan utama yang menghubungkan kota satu dan lainnya. Hal tersebut kemudian akan mempengaruhi tarif layanan ekspedisi kamu karena terdapat biaya operasional tambahan seperti penggunaan bahan bakar berlebih karena keadaan jalan yang tidak kondusif.

Waktu pengiriman pun juga beresiko akan menjadi lebih lambat. Pelayanan ekspedisi kamu pada akhirnya berpotensi tidak berkembang. Oleh karena itu, jalan raya dan arus lalu lintasnya termasuk faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis yang tidak boleh terlewat.

Jarak ke Bandara, Stasiun Kereta Api, dan Pelabuhan

Untuk mendukung pengiriman barang-barang hasil belanja online atau keperluan lainnya yang membutuhkan pengiriman melalui udara atau air, kamu perlu akses ke bandara, pelabuhan, dan kereta api jika pengiriman ke luar kota yang jauh. Maka dari itu, akan lebih baik jika lokasi baru bisnis kamu dekat dengan ketiga fasilitas tersebut untuk memaksimalkan pelayanan pengiriman. 

Lokasi dengan akses mudah ke bandara, kereta api, maupun pelabuhan juga biasanya sudah diaspal dan alurnya lebih lancar. Jadi, pertimbangkan juga faktor ini untuk mendukung kualitas pelayanan ekspedisi kamu. 

Struktur dan Tata Letak Bangunan

Apabila tidak membangun tempat dari awal dan ingin menyewa bangunan, kamu harus memperhatikan struktur bangunan tersebut. Pastikan usia bangunan, jangan sampai mendapatkan bangunan tua yang rentan rusak dan tidak kokoh walau harganya lebih murah. Cari bangunan yang memiliki langit-langit tinggi serta banyak ventilasi untuk memastikan sirkulasi udara di bangunan tersebut lancar. Ruang dengan sekat minim juga direkomendasikan.

Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor penting untuk tempat bisnis ekspedisi agar tidak pengap. Operasional bisnis ekspedisi erat dengan menyimpan puluhan bahkan ratusan stok barang. Jadi, pilihlah struktur dan tata letak bangunan yang nyaman untuk operasional bisnis. 

Keamanan Lokasi

Faktor penting selanjutnya adalah keamanan lokasi. Untuk menjamin kelancaran operasional bisnis, pastikan lokasi yang kamu pilih selanjutnya adalah lokasi yang aman dengan tingkat kejahatan rendah. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh dengan pemukiman warga, fasilitas publik, kantor pemerintah daerah setempat, atau kantor polisi. Jadi, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu bisa meminta pertolongan ke sekitar. 

Kemudian, lakukan instalasi kamera keamanan seperti CCTV pada bagian luar dan dalam bangunan. Pasang di sudut-sudut yang dapat menjangkau semua sisi ruangan. Itulah mengapa penting memilih bangunan dengan struktur dan tata letak yang sesuai. Instalasi kamera keamanan menjadi langkah preventif yang menjadi upaya dalam melindungi properti dan inventaris bisnis. 

Ternyata cukup banyak faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis ekspedisi yang dapat menjadi pertimbangan bagi kamu. Memperluas bisnis bukan suatu hal yang mudah, sehingga pastikan kamu memilih lokasi yang memenuhi faktor-faktor tersebut, ya.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis ekspedisi kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk  Perluas Bisnis Ekspedisi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​