Home » Strategi-bisnis » Cara Kembangkan Cabang Bisnis Ekspedisi, Buat Ekspansi jadi Nyata

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Ekspedisi, Buat Ekspansi jadi Nyata

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Ekspedisi, Buat Ekspansi jadi Nyata

Setelah sukses dengan bisnis ekspedisi pertama, lakukan ekspansi dengan membuka bisnis cabang. Ketahui cara kembangkan cabang bisnis ekspedisi agar kamu dapat menjangkau pasar lebih luas dan mempertahankan posisi bisnis di industri ekspedisi.

Tanda-tanda bahwa kamu sudah harus membuka cabang juga terlihat pada keseharian saat bekerja. Misalnya, ruangan penyimpanan yang sudah terlalu sempit untuk stok barang karena jadwal pengiriman yang semakin padat. 

Selain itu, kamu harus melihat potensi dan peluang bisnis ekspedisi yang saat ini semakin tinggi. Itulah mengapa jangan lewatkan kesempatan dan mulai ambil peluang ekspansi bisnis dengan melakukan cara mengembangkan cabang bisnis berikut ini. 

Lakukan Cara Kembangkan Cabang Bisnis Ekspedisi Ini

Kupas satu per satu enam cara mengembangkan cabang dalam bisnis ekspedisi lewat pembahasan di bawah ini. 

Pilih Lokasi Cabang 

Membuka cabang bisnis berarti kamu telah berhasil mengembangkan lokasi pertama bisnismu dengan baik. Oleh karena itu, kamu bisa menerapkan metode dan kualifikasi pemilihan lokasi bisnis pertama ke lokasi cabang berikutnya. 

Beberapa lokasi bisnis memiliki daya tarik yang lebih menonjol dibandingkan lokasi lainnya karena alasan tertentu. Misalnya, letak lokasi yang dekat dengan pusat perdagangan sehingga mendukung datangnya konsumen dengan mudah. 

Untuk memilih lokasi bisnis kedua, kamu dapat membuat daftar lokasi potensial pilihan kamu. Kemudian, datangi lokasi tersebut satu per satu untuk melakukan observasi dan riset pasar. Perhatikan faktor-faktor pendukung sebuah lokasi dapat menjadi tempat yang bagus untuk membuka cabang. 

Faktor pendukung tersebut dapat berupa demografi dan kompetitor di area terkait. Pelajari juga bagaimana sistem penzonaan, pajak, dan perizinan usaha yang harus kamu pahami agar tahu apa saja syarat dan peraturan yang wajib dipenuhi. 

Jika kamu telah menemukan satu lokasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan membuka cabang bisnis ekspedisi, maka jangan ragu dan putuskan untuk membeli atau menyewanya dengan segera. 

Susun Rencana Pemasaran

Perencanaan pemasaran bisnis adalah kewajiban yang tidak boleh terlewat, apalagi saat kamu ingin membuka cabang bisnis. Hal yang menyenangkan dari membuka cabang kedua adalah brand bisnis ekspedisi kamu sudah punya “nama” di pasaran. 

Oleh karena itu, menyusun rencana pemasaran menjadi lebih mudah saat membuka cabang kedua karena kamu sudah memiliki data pengguna layanan ekspedisi yang kuat dari pengalaman di bisnis pertama. 

Ekspansi bisnis ekspedisi menjadi lebih terarah karena kamu sudah tahu dan paham apa kebutuhan target pasar. Kamu juga membangun kepercayaan dengan pengguna layanan ekspedisi bisnis pertamamu. 

Memanfaatkan pasar yang sudah kamu miliki di bisnis ekspedisi pertama sebagai strategi pemasaran untuk mempromosikan lokasi cabang kedua. Selain itu, beri pengumuman dan informasi dalam bentuk konten melalui channel online bisnis kamu, yaitu akun sosial media. 

Promosikan juga dengan membuat iklan di sosial media serta umumkan melalui email marketing agar targetnya lebih spesifik. Informasikan tanggal grand opening seminggu atau beberapa hari sebelumnya. 

Cara tersebut akan mengundang calon pengguna baru melalui promosi dari mulut ke mulut. Kamu juga bisa menjalin hubungan dengan calon pengguna di sekitar lokasi cabang baru dengan menyebarkan brosur berisi promo grand opening.

Susun Rencana Bisnis 

Kamu dapat menyusun perencanaan bisnis cabang baru dengan mengacu kepada perencanaan bisnis yang kamu buat untuk bisnis ekspedisi pertama. Hal tersebut akan membentuk konsistensi brand melalui aspek yang sama-sama diterapkan pada kedua lokasi.

Perencanaan bisnis cabang berisi analisis pasar, daftar layanan dan jasa, anggaran pendanaan, serta rencana pemasaran. Terdapat juga deskripsi yang berisi bagaimana metode bisnis ekspedisi pertama dapat memenuhi kebutuhan pengguna. 

Deskripsi tersebut kemudian dapat kamu gunakan sebagai nilai jual kepada investor potensial yang tertarik mengembangkan bisnis cabang ekspedisi setelah melihat kesuksesan di bisnis pertama. 

Terapkan Pembukuan Bisnis 

Pembukuan atau accounting perlu kamu lakukan saat ingin ekspansi bisnis. Guna pembukuan adalah untuk menghindari pengelolaan keuangan yang tidak teratur. Kamu wajib memisahkan pemasukan dan pengeluaran untuk bisnis pertama dan bisnis cabang. 

Pemisahan tersebut akan membantu kamu melihat perbedaan performa antar bisnis. Transparansi uang masuk dan uang keluar juga mudah tercapai saat kamu menerapkan pembukuan. 

Jadi, jangan lewatkan pembukuan karena aspek ini termasuk cara kembangkan cabang bisnis agar lebih efisien dalam mengelola keuangan perusahaan.

Bentuk Tim Baru 

Kamu otomatis membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak ketika memutuskan membuka cabang bisnis. Itulah mengapa kamu perlu menyiapkan waktu dan tenaga untuk merekrut anggota tim baru.

Buka perekrutan jauh hari sebelum membuka dan mengoperasikan bisnis cabang agar kamu dapat melatih anggota tim baru yang terpilih dan memenuhi kualifikasi. 

Pekerjakan manager bisnis cabang agar kamu memiliki tangan kanan dalam mengelola bisnis ekspedisi kedua. Dengan begitu kamu dapat mengelola bisnis secara efisien serta lebih hemat waktu dan tenaga.

Beli Persediaan dan Inventaris Bisnis Cabang 

Setelah memiliki pengalaman dari bisnis ekspedisi pertama, kamu pasti sudah paham apa saja kebutuhan untuk mendukung operasional bisnis ekspedisi. Selain itu, kamu juga tahu apa yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ekspedisi jadi lebih efisien dari evaluasi bisnis ekspedisi pertama. 

Oleh karena itu, buat daftar belanja stok persediaan dan inventaris setelah menyesuaikan dengan kebutuhan di bisnis cabang. Gunakan persediaan dan inventaris dari pemasok bisnis ekspedisi pertama untuk mempertahankan nilai dan pelayanan brand. 

Siap Untuk Membuka Cabang Bisnis Ekspedisi?

Demikian cara kembangkan cabang bisnis ekspedisi yang bisa kamu lakukan untuk ekspansi ke arah yang lebih maju. Membuka cabang berarti juga mengambil lebih banyak peluang dan menjangkau pasar yang lebih luas. Jadi, apakah kamu sudah siap?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis ekspedisi kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Kembangkan Cabang Bisnis Ekspedisi, Buat Ekspansi jadi Nyata

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​