Home » Strategi-bisnis » Pelajaran Penting Sebagai Pebisnis Kerajinan Tangan

Pelajaran Penting Sebagai Pebisnis Kerajinan Tangan

Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan, Mudah dan Ampuh

Selain berbekal kreatifitas dan modal, apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pebisnis kerajinan tangan agar usahanya terus berkembang? Ada pelajaran yang harus terus kamu pelajari sebagai pebisnis kerajinan tangan, supaya usaha kamu tidak tertinggal dengan kompetitor.

Hal yang Harus Selalu Dipelajari Pebisnis Kerajinan Tangan

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis kerajinan tangan adalah tak berhenti belajar. Nah, untuk mendukung usaha kerajinan tanganmu, bekali dirimu dengan mempelajari beberapa hal berikut ini:

Belajar Membuat Project List

Banyak pebisnis kerajinan tangan yang kesulitan memenuhi pesanan pelanggan, lantaran tidak membuat project list yang jelas. Padahal, project list bisa membantu kamu untuk memastikan pesanan pelanggan selesai tepat waktu dan meningkatkan kemungkinan mencapai target. 

Untuk membuat project list dalam bisnis kerajinan tangan, masukkan beberapa komponen penting. Mulai dari tanggal order, nama pemesan, nama dan jenis produk yang dipesan, spesifikasi (ukuran, warna, dan bahan), serta tanggal kirim. 

Agar pekerjaanmu tidak terlalu menumpuk, selesaikan dahulu tiga proyek atau pesanan dengan tanggal kirim terdekat. Buat daftar semua bahan dan langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan pesanan tersebut. 

Semangat Berinovasi

Pelajaran berikutnya dalam bisnis kerajinan tangan adalah perihal inovasi. Dalam menjalankan bisnis handmade, inovasi sudah jadi hal mutlak yang harus kamu utamakan dalam mengembangkan produk. 

Tanpa inovasi, kamu akan sulit memenangkan persaingan dengan produk kerajinan sejenis, bahkan dengan produk kerajinan mancanegara.

Mengenai inovasi seperti apa yang bisa kamu buat, kamu bisa mulai dari jenis dan kualitas bahan, teknik pembuatan, bentuk, ukuran, bahkan strategi pemasarannya. Inovasi-inovasi tersebut akan sangat berguna, apalagi ketika persaingan pasar bebas kini sudah semakin terbuka. 

Tips lain yang kini menjadi perhatian adalah terkait dengan pengemasan produk kerajinan. Dengan terbukanya pasar, tidak hanya di dalam, tetapi juga di luar negeri. Produk kerajinan yang dikemas dalam packaging yang lebih menarik dan aman, tentunya akan menambah harga jual produk tersebut.

Berdedikasi Tapi Jangan Lupa Membangun Relasi

Tak sedikit pebisnis kerajinan tangan yang terlalu terpaku membuat dan bereksperimen karya saja. Memang tidak ada salahnya untuk berdedikasi pada proses pembuatan karya, tapi membangun relasi juga penting untuk mendukung usaha kerajinan tangan kamu berkembang. 

Jika kamu ingin membawa bisnis kerajinan tangan kamu to the next level, kamu harus mendedikasikan seluruh waktu dan energi kamu bukan hanya pada karya. Melainkan juga membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun sesama pebisnis. 

Berusahalah aktif di komunitas dan dapatkan feedback serta testimoni dari pelanggan. Kemudian, tanyakan apakah ada kesulitan yang mereka alami saat memesan produk kamu dan rutin follow up pelanggan mengenai pengalaman mereka terhadap produk kerajinan kamu.

Apalagi jika kamu sampai di titik perlu merekrut karyawan baru, maka otomatis kamu akan mengalihdayakan beberapa tugas. Nah, pada titik ini, kamu tentu juga harus membangun hubungan dengan tim kamu. Agar tetap terfokus pada aturan dan nilai-nilai bisnis kamu.

Branding dan Fotografi

Tidaklah cukup untuk bereksperimen dengan desain baru dan membuat produk, kamu juga harus mengetahui pelajaran mempresentasikan produk kerajinan tangan tersebut. Supaya mampu menarik minat beli konsumen

Sayangnya, sebagian besar pemilik bisnis kerajinan (terutama yang bekerja dari rumah), sangat sedikit yang berusaha untuk belajar branding dan fotografi. 

Padahal, memvisualisasikan produk kerajinan kamu melalui foto sangat penting untuk menunjang bisnis, terutama jika kamu memasarkan produk secara digital. Maka dari itu, jangan bosan untuk selalu mempelajari teknik fotografi produk yang baik untuk mengoptimalkan strategi branding bisnis kerajinan kamu. 

Belajar Memanfaatkan Teknologi

Hal lain yang harus selalu kamu pelajari sebagai pebisnis kerajinan tangan adalah pemanfaatan teknologi. Pasalnya, kemajuan teknologi semakin cepat berkembang dari hari ke hari. 

Tentu hal ini akan mempengaruhi metode pemasaran produk kerajinan, supaya tak kehilangan pasar. Namun sayang, masih banyak pebisnis kerajinan tangan yang kurang menyadari hal ini, sehingga masih terpaku pada metode pemasaran konvensional.

Nah, ini bisa jadi kesempatan kamu untuk mengubah metode pemasaran lama kamu. Padukan strategi pemasaran secara manual dengan mamajang produk kerajinan terbaik kamu di display atau galeri dengan strategi pemasaran online, melalui media sosial, website, atau blog. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang khusus menjual kerajinan tangan, seperti Etsy, Folksy, Craftline, dan sebagainya untuk memasarkan produk handmade kamu. 

Terus Perluas Wawasan

Hampir sama dengan lini usaha lainnya, bagi kamu para pengusaha kerajinan tangan juga wajib untuk terus mengupdate pelajaran dan jaringan usaha. Supaya berpeluang untuk memenangkan persaingan dengan pelaku usaha lainnya. 

Dan khusus untuk pengusaha kerajinan, umumnya wawasan dan network bisa kamu dapatkan melalui komunitas sesama crafter. Umumnya, komunitas crafter secara rutin mengadakan pertemuan atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan anggotanya dalam berbagai bidang. 

Terutama untuk pemasaran, biasanya disediakan banyak sarana, mulai dari bazar, pameran seni, hingga melalui media sosial. Hal ini tentunya sangat penting untuk kemajuan bisnis kerajinan kamu.

Yuk, Terus Belajar dan Kembangkan Bisnis Kerajinan Tangan!

Demikianlah pelajaran yang harus selalu kamu pelajari sebagai pemilik bisnis kerajinan tangan, agar bisa sukses. Khusus untuk usaha kecil atau UKM, semoga informasi di atas dapat kamu terapkan untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kerajinan tangan kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Pelajaran Penting Sebagai Pebisnis Kerajinan Tangan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​