Home » Strategi-bisnis » Sering Disepelekan: Masalah Utama dan Solusi dalam Bisnis Tutor Online

Sering Disepelekan: Masalah Utama dan Solusi dalam Bisnis Tutor Online

Sering Disepelekan: Masalah Utama dan Solusi dalam Bisnis Tutor Online

Masalah utama dan solusi dalam bisnis tutor online merupakan suatu pengetahuan yang wajib untuk dikantongi pelaku bisnis tersebut. Dengan begitu, bisnis tutor online bisa menjadi lancar dan pelanggan yang terdiri atas siswa pun dapat semakin berdatangan. 

Memang, apa saja sih masalah utama yang biasa terjadi dalam bisnis tutor online? Lalu apa solusinya? Penasaran dengan hal tersebut? Jika iya dan kamu merupakan seseorang yang antusias dengan bisnis ini, maka lebih baik tidak melewatkan pembahasan dalam artikel ini!

Masalah Utama dan Solusi dalam Bisnis Tutor Online

Masalah dalam berbisnis tutor online biasanya lebih pada proses belajar dan mengajar secara daring yang mempertemukan siswa dan tenaga pendidik atau guru. Dalam poin-poin berikut akan menyebutkan apa saja masalah beserta masing-masing solusi:

Masalah: Tutor Online Membosankan

Walaupun keberadaan tutor online sebagai solusi atas rasa bosan belajar bertatap muka secara langsung, hal ini tidak selalu terjadi. Tidak sedikit tutor online yang cuma memberikan materi berupa teks panjang dan pilihan pertanyaan.

Biasanya, pertanyaan-pertanyaan tersebut berbentuk pilihan ganda sehingga dapat memerangkap siswa dalam rasa kebosanan yang lebih tinggi. Alih-alih tutor online, ini lebih bisa disebut sebagai membaca online

Jenis tutor online ini menyebabkan siswa menjadi malas mengikuti tutor online. Jika masalah ini terus berlanjut, maka siswa satu per satu bisa berhenti. Dampak terburuknya, bisnis tutor online milikmu bisa merugi dan disusul oleh kebangkrutan.

Solusi: Menciptakan Tutor Online yang Dinamis, Interaktif, dan Menyenangkan

Untuk mencegah kebosanan melanda siswa, pastikan menciptakan tutor online yang memiliki ketiga sifat tersebut. Walaupun memang hal ini akan terasa sulit pada awalnya, namun dengan kebiasaan dan evaluasi terus menerus, pastinya bisa.

Setiap menjelang sesi belajar dan mengajar, tenaga pendidik atau guru dapat dibekali oleh pelatihan interaktif berupa petualangan dan tantangan untuk siswa, begitu juga menyediakan video, dongeng, simulator, dan pembelajaran berbasis game

Masalah: Siswa Mendapati Kesulitan Teknis

Kendala teknis merupakan batu sandungan utama dalam tutor online. Bahkan, hal ini dapat dibilang sangat kerap terjadi, yakni adanya kendala kompatibilitas – pada sistem operasi, peramban, atau smartphone, sesi tutor tersendat, hingga tidak dilanjutkan. 

Baik terjadi pada siswa maupun guru, masalah satu ini sangat berefek negatif. Guru menjadi tidak dapat melanjutkan sesi tutor online, begitupun juga siswa, lalu mereka (para siswa) merasakan pengalaman belajar yang buruk, sehingga meninggalkan tutor. 

Solusi: Menawarkan Tutor Online Multi-Akses

Menghadapi kendala ini, sebaiknya upayakan menciptakan layanan tutor online yang dapat diakses dalam perangkat maupun koneksi internet apapun. Intinya, perlancar akses tutor online tidak cuma pada perangkat dan koneksi internet yang mulus.

Selain mengupayakan layanan tutor online sedemikian rupa, yakinkan juga para calon pelanggan (siswa) supaya tidak skeptis dengan kemudahan aksesnya. Untuk hal ini dapat kamu lakukan dengan menyediakan forum untuk menyelesaikan kendala teknis.

Masalah: Pasar Tidak Menyadari Kehadiran Bisnis Tutor Online-mu

Ini merupakan masalah yang kerap terjadi. Bisnis tutor online telah direncanakan dan dimatangkan baik dalam anggaran, administrasi, tenaga kerja, hingga program dan layanan untuk siswa, namun tidak ada pasar yang menyadari kehadiran bisnismu. 

Solusi: Menggencarkan Kampanye dan Komunikasi

Apabila ingin bisnis tutor online milikmu menggaet banyak perhatian pasar dan bisa menarik konversi, maka hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah melakukan kampanye dan komunikasi secara gencar. Khususnya di lingkungan ‘pasar’ tersebut.

Jadi, karena lingkungan pasar bisnis tutor online adalah sekolah, maka upayakan untuk menyebar pamflet, hingga memohon izin pada pihak sekolah untuk sesi promosi di aula dan meminta data siswa-siswa di sana.

Dengan data-data siswa yang ada, maka staff pemasaran bisa mengirim email atau SMS promosi pada mereka. Untuk memaksimalkan pemasaran, melakukan kampanye promosi lewat media sosial pun merupakan pilihan yang bagus. 

Masalah: Pelanggan atau Siswa Tidak Memiliki Banyak Waktu untuk Mengikuti Tutor Online

Masalah utama dan solusi bisnis tutor online satu ini lebih pada ‘pelanggan adalah raja’. Jadi, karena siswa merupakan pelanggan bisnis tutor online, maka program dan layanan yang disediakan selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Dalam masalah satu ini, siswa menjadi enggan untuk mengikuti tutor online, dengan alasan tidak mempunyai banyak waktu. Biasanya mereka mengaitkan alasan dengan jadwal sekolah yang padat, ada perlombaan, kegiatan ekstrakurikuler, dan lainnya. 

Sebagai pelaku bisnis tutor online, jika kamu tidak segera memutar otak dan menemukan solusi terbaik atas masalah ini, pastinya siswa-siswa dengan alasan sedemikian rupa akan memutuskan untuk batal mengikuti tutor online.

Solusi: Menciptakan Layanan ‘Ganti Hari’

Solusi untuk mencegah keluarnya siswa dari tutor online-mu adalah dengan menyediakan layanan ganti hari. Singkat kata, ini merupakan layanan pembelajaran online yang dapat menyesuaikan hari-hari longgar siswa. 

Namun sebelum menyediakan layanan ini, koordinasikan terlebih dahulu dengan staff manajemen dan para tenaga pendidik. Hal ini penting supaya mereka bisa menyesuaikan penjadwalan yang ada.

Tidak Perlu Khawatir Masalah, Selagi Ada Solusi!

Demikianlah penjelasan seputar masalah utama dan solusi bisnis online yang bisa kamu pahami dan terapkan mulai sekarang. Hmmm, ngomong-ngomong dari sekian masalah yang sudah disebutkan, manakah yang paling relatable dengan bisnis tutor online-mu?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Sering Disepelekan: Masalah Utama dan Solusi dalam Bisnis Tutor Online

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​