Home » Strategi-bisnis » Intip 7 Kunci Sukses dalam Bisnis Rice Box

Intip 7 Kunci Sukses dalam Bisnis Rice Box

Intip X Kunci Sukses dalam Bisnis Rice Box

Apa saja kunci sukses dalam bisnis rice box? Kamu sebagai pelaku usaha rice box mungkin pernah memikirkan hal ini ketika pertama kali membuka bisnis tersebut. Bisa juga mungkin ketika bisnismu tengah stagnan hingga mengalami penurunan.

Sebagai bagian dari bisnis makanan dan minuman atau food and beverages (F&B), rice box merupakan usaha yang memiliki potensi rendah untuk mati. Ini dikarenakan oleh sifat dasar rice box sendiri, sebagai makanan – yang merupakan kebutuhan pokok manusia.

Jadi, hal tersebut menyebabkan bisnis ini mempunyai potensi pasar sangat luas, sehingga ia dapat berkembang seiring bertambahnya waktu. Melihat kesempatan besar ini, akan sangat bijak untukmu mengetahui kunci sukses berbisnis rice box melalui artikel ini.

7 Kunci Sukses dalam Bisnis Rice Box

Terdapat sejumlah tips yang bisa kamu gunakan untuk membangun kesuksesan bisnis rice box. Berikut adalah diantaranya:

Mengupayakan Pengalaman Terbaik

Menjalankan bisnis tidak cuma menuntutmu fokus pada produk, hingga melupakan kualitas layanan. Sebab bisnis rice box pada dasarnya termasuk dalam produk hybrid yang mana merupakan perpaduan dari jasa dan barang.

Mengetahui hal tersebut, selain mempersiapkan produk terbaik dengan menyesuaikan selera pasar, kamu pun wajib mengupayakan pelayanan prima supaya pelanggan memeroleh pengalaman terbaik saat menikmati produk atau ketika bertransaksi.

Pengalaman baik adalah bagian krusial yang mampu memengaruhi loyalitas pelanggan pada bisnis rice box-mu. Dengan begitu, bisnis rice box milikmu akan semakin menonjol di antara kompetitor dan kesuksesan pun bertambah dekat.

Menciptakan Branding Terbaik di Media Sosial

Berkembangnya dunia digital menuntut pemilik bisnis rice box menciptakan branding terbaik dalam media sosial. Ini sangat penting untuk saat ini, sebab media sosial adalah platform yang memudahkan pebisnis memeroleh audiens dalam waktu singkat.

Melakukan branding terbaik bisa kamu mulai lewat pembuatan akun resmi media sosial, lalu membuat konten sesuai target pelanggan bisnismu. Ini bisa mempermudah jalannya komunikasi serta membangun hubungan baik bersama pelanggan.

Memaksimalkan Beragam Platform Digital

Memaksimalkan penggunaan platform digital bisa membantu pertumbuhan usaha rice box-mu. Contohnya yakni, bisnismu akan bisa bertahan dalam waktu yang lama disertai perkembangan pesat.

Kamu bisa mendaftarkan bisnismu pada layanan pesan antar ojek online. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah menemukan dan memesan produkmu. Tidak hanya itu, kamu pun sebaiknya mendaftarkaan bisnismu pada google my business.

Menciptakan Hubungan Baik

Kunci sukses dalam bisnis rice box adalah hubungan baik. Jadi, kamu harus membangun hubungan baik dan berjangka panjang bersama pelanggan supaya bisa menggaet mereka yang loyal, sehingga bisa memberi keuntungan secara konsisten.

Demi melakukan hal itu, kamu dapat mengaplikasikan beragam metode agar pelanggan kembali lagi membeli rice box-mu. Salah satu cara yang bisa dicoba yakni melalui kartu member penyimpanan poin yang berguna untuk transaksi selanjutnya.

Dengan adanya hubungan baik, pelanggan akan terus kembali lagi serta selalu mengingat bisnis rice box-mu. Tidak hanya itu, pengoptimalan media sosial pun sangat berguna jika kamu menginginkan ikatan lebih intens dengan pelanggan.

Konsisten Melakukan Inovasi

Karena bisnis rice box tergolong sebagai F&B dan memiliki tingkat perkembangan yang pesat dari zaman ke zaman, maka kamu memerlukan inovasi supaya bisnismu tetap mampu beerahan walaupun tengah dikepung banyak kompetitor

Inovasi ini penting supaya pelanggan tidak bosan mengonsumsi varian yang itu-itu saja. Maka, ketika berinovasi, kamu wajib memantaau pergerakan pasar. Dengan begitu, kamu dapat menemukan kekurangan dari inovasi produk yang akan kamu rilis.

Diferensiasi

Ini merupakan aspek paling krusial untuk kamu siapkan dalam berbisnis supaya bisa mempunyai keunikan jika dibandingkan dengan pesaing. Dengan begitu, bisnismu bisa lebih gampang dikenali ketimbang para kompetitor rice box lainnya.

Diferensiasi dalam berbisnis rice box dapat kamu lakukan melalui menu signature. Pembedanya dapat kamu terapkan dengan memberi varian menu yang unik dibanding kompetitor, atau dengan membedakan menu di satu aplikasi pemesanan dan lainnya.

Saat ini, masih banyak bisnis rice box yang belum menerapkan diferensiasi. Tidak terkecuali mereka yang tengah populer. Hal ini menyebabkan kurangnya keunikan sehingga pelanggan bisa dengan mudah melupakannya.

Mempersiapkan Sistem Manajemen serta Evaluasi

Manajemen dan evaluasi yang berjalan baik merupakan kunci sukses dalam bisnis ini. Kedua hal tersebut bisa sangat menentukan apakah bisnis rice box yang kamu kembangkan bisa bertahan dalam waktu lama atau sebentar.

Maka dari itu, kamu harus melakukan penyusunan manajemen secara baik dan benar. Dimulai dari pengaturan stok sampai penyusunan SOP pelayanan pada pelanggan, supaya kamu dapat memberikan layanan dan produk yang stabil.

Dalam hal evaluasi, kamu harus melakukannya secara rutin supaya bisnis rice box milikmu bisa dideteksi kekurangannya. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki apa saja kekurangan tersebut supaya bisnis rice box dapat sukses. 

Salah satu metode evaluasi yang dapat kamu lakukan adalah survei. Ini sangat berguna untuk bisnismu supaya tahu apa sajakah pendapat konsumen tentang kekurangan produkmu, sehingga perbaikan dapat dilakukan secara tepat dan akurat.

Ayo Sukseskan Bisnis Rice Box Sekarang Juga!

Demikianlah pembahasan seputar kunci sukses dalam bisnis rice box. Setelah membaca cara-cara tersebut, kamu sekarang tentu sudah memiliki gambaran besar mengenai rencana bisnis kedepan. Maka dari itu, matangkan rencana tersebut secepatnya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis rice box kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Intip 7 Kunci Sukses dalam Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​