Home » Strategi-bisnis » Cara dan Strategi Memulai Bisnis Takoyaki Bagi Pemula

Cara dan Strategi Memulai Bisnis Takoyaki Bagi Pemula

Cara dan Strategi Memulai Bisnis Takoyaki Bagi Pemula

Takoyaki menjadi salah satu kuliner asli Jepang yang sangat terkenal di Indonesia. Penggemarnya pun relatif cukup banyak. Makanya, tidak heran jika peluang bisnis takoyaki sangat besar di pasaran. Hal inilah yang membuat pelaku usaha tertarik untuk mengetahui cara dan strategi memulai bisnis takoyaki.

Cara dan Strategi Memulai Bisnis Takoyaki

Berikut ini adalah cara dan strategi untuk memulai bisnis takoyaki yang bisa kamu pelajari:

Membuat Rancangan Bisnis dan Menentukan Modal

Hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum memulai bisnis takoyaki adalah membuat rancangan bisnis terlebih dulu. Adapun rancangan bisnis ini mencakup sistem penjualan, seperti penjualan pre-order, made by order, hanya fokus di penjualan offline, atau penjualan online.

Selain itu, kamu juga perlu membuat rencana bisnis untuk jangka pendek dan panjang. Terkait rancangan bisnis jangka pendek, umumnya mencakup kebutuhan modal awal, perekrutan karyawan, penentuan lokasi jualan, dan lainnya.

Sedangkan rencana bisnis jangka panjang lebih mengarah pada kebijakan bisnis takoyaki yang kamu jalani. Seperti sistem manajemen keuangan, pelatihan karyawan, analisis kompetitor, dan juga pengembangan bisnis.

Terkait dengan kebutuhan modal awal, kamu bisa menggunakan skema simulasi perhitungan modal sebagai berikut:

Modal Utama

  • 1 pcs kompor 2 tungku: Rp300.000,00
  • 1 buah stand ataupun booth takoyaki: Rp1.500.000,00
  • 4 buah meja: Rp1.000.000,00
  • 1 pcs tempat bumbu dan adonan: Rp150.000,00
  • 2 pcs cetakan bola takoyaki: Rp200.000,00
  • 1 pcs gas elpiji dengan ukuran 12 kg: Rp450.000,00
  • 10 buah kursi: Rp200.000,00
  • 2 pcs banner dan spanduk: Rp200.000,00
  • 1 set alat masak: Rp125.000,00

Maka, total modal utama yang perlu kamu siapkan sebesar Rp4.125.000,00.

Biaya Operasional Harian

  • 1 kg tepung adonan takoyaki: Rp90.000,00
  • 100 gram baking powder: Rp10.000,00
  • 400 gram gurita: Rp70.000,00
  • 250 gram daging ham sapi: Rp50.000,00
  • 1,5 kg saus takoyaki: Rp60.000,00
  • 500 gram daun bawang: Rp10.000,00
  • 250 gram margarin: Rp15.000,00
  • 5 kg tepung terigu: Rp70.000,00
  • 100 gram garam: Rp2.500,00
  • 250 gram stick kepiting: Rp25.000,00
  • 1,5 kg saus mayonaise: Rp40.000,00
  • 400 gram katsuobushi atau ikan cakalang: Rp80.000,00
  • 1 liter minyak goreng: Rp14.000,00
  • 100 dus kemasan: Rp70.000,00

Jadi, total biaya operasional harian yang perlu kamu siapkan, yaitu Rp 606.500,00.

Kemudian, untuk gaji karyawan bisa disesuaikan dengan UMR masing-masing daerah. Namun, biasanya rata-rata gaji karyawan takoyaki sebesar Rp2.000.000,00.

Survei Pasar dan Memilih Lokasi Usaha

Jika sudah menetapkan rencana bisnis dan modal awal, maka kamu juga perlu melakukan survei pasar. Agar kamu bisa mengetahui ketertarikan masyarakat sekitar terhadap makanan khas Jepang ini.

Selain itu, kamu pun bisa survei rata-rata harga jual takoyaki di pasaran dan rasa yang banyak disukai. Jadi, nantinya kamu tidak akan kesusahan dalam menentukan harga jual yang sesuai dengan harga rata-rata di pasar.

Pemilihan lokasi juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk dilakukan. Khususnya jika kamu berencana menjual takoyaki secara offline. Agar lebih mudah menjangkau target pasar, kamu bisa membuka booth atau stand takoyaki di sekitaran kampus, sekolah, ataupun komplek perkantoran.

Promosi dan Branding

Ketika sudah melakukan dua poin sebelumnya, kamu juga perlu memikirkan konsep promosi dan branding saat memulai bisnis takoyaki. Cara paling mudah untuk melakukan dua hal ini adalah dengan membuat akun bisnis di banyak platform sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok.

Nantinya, di sosial media tersebut, kamu bisa membuat konten informasi mengenai bisnis takoyaki yang kamu jalani. Jangan lupa untuk memberikan diskon atau tawaran menarik dalam periode terbatas lainnya, seperti buy 1 get 1!

Cara yang satu ini bisa membantu kamu melakukan promosi dan branding bisnis takoyaki dalam sekali waktu. Kamu dapat membuat berbagai konten menarik, seperti behind the scene pembuatan takoyaki, daftar menu, pilihan rasa yang tersedia, dan sebagainya.

Bergabung dengan Franchise Bisnis Takoyaki

Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk menyusun rencana bisnis hingga melakukan branding, maka bisa coba bergabung dengan franchise bisnis takoyaki. Sekarang ini sudah banyak franchise takoyaki yang bisa menjadi alternatif pilihan untukmu.

Strategi yang satu ini bisa kamu gunakan jika ingin fokus mengembangkan bisnis takoyaki yang sudah punya brand dan dikenal masyarakat dibanding dengan memulainya dari nol. Apalagi hanya dengan modal Rp3.000.000,00, kamu sudah bisa mulai membangun bisnis takoyaki, lho.

Adapun berbagai rekomendasi franchise takoyaki terpercaya dan terbaik yang bisa kamu pilih, antara lain Takoyakiku, Shitako Takoyaki, Little Tokyo Takoyaki, Lucky Takoyaki, dan Daddys Takoyaki.  

Siap Membangun Bisnis Takoyaki Milikmu Sendiri?

Itu cara dan strategi untuk memulai bisnis takoyaki yang bisa kamu terapkan. Pada dasarnya, membangun bisnis takoyaki perlu menyesuaikan kebutuhan pasar dan rencana bisnis yang sudah kamu buat. Jadi, pastikan cara dan strategi bisnis takoyaki yang dipilih adalah yang terbaik menurutmu, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara dan Strategi Memulai Bisnis Takoyaki Bagi Pemula

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​