Home » Strategi-bisnis » Tips Unggul Dari Kompetitor Dalam Bisnis Tutor Online

Tips Unggul Dari Kompetitor Dalam Bisnis Tutor Online

Tips Unggul Dari Kompetitor Dalam Bisnis Tutor Online

Dunia digital yang makin berkembang pesat saat ini membuat segalanya harus berubah menjadi sistem online, termasuk juga cara belajar. Bagi kamu yang saat ini sedang bekerja di bidang pengajaran, saatnya kamu membuat inovasi agar bisa bersaing dengan kompetitor. Bagaimana strategi bersaing dengan kompetitor? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Perkembangan bisnis online tentunya harus diimbangi dengan inovasi yang membuat bisnis bisa bersaing dengan kompetitor. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga harus kamu pikirkan seperti pangsa pasar, modal, dan juga keuntungan yang kamu target.

Berbicara tentang persaingan ini, tentunya bukanlah suatu hal yang mudah. Kamu tentu haus menyiapkan strategi yang matang untuk bisa mengatasi hal satu ini. Langkah pertama yang kamu ambil menjadi sebuah langkah yang krusial karena bisa menentukan kearah mana bisnismu akan berjalan. Tidak hanya awalan, proses saat menjalankan bisnis juga menjadi hal yang penting karena ada banyak contoh usaha yang harus gulung tikar karena tidak melakukan eksplorasi.

Alasan Melakukan Strategi Bersaing Dengan Kompetitor

Ketika melakukan bisnis, tidak bisa kita pungkiri bahwa pasti ada kompetitor. Ini merupakan hal yang wajar, apalagi sekarang ini banyak jenis promosi baik online maupun langsung, serta ada berbagai jenis usaha. Persaingan ini akan terus bertambah dan makin ketat. Tentunya ini bisa memotivasi kamu sebagai pelaku usaha agar tetap berkembang dan berinovasi.

Tak bisa dipungkiri, terkadang persaingan ini bisa mengintimidasi, apalagi bila saingannya adalah perusahaan besar yang sudah memiliki nama. Sebagai seorang pebisnis, tentunya kamu harus bisa setidaknya mempertahankan posisimu dan lebih unggul dari kompetitor. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan strategi bersaing dengan kompetitor.

Strategi Bersaing Dengan Kompetitor Untuk Bisnis Tutor Online

Walaupun bisnis online terkesan mudah, dibaliknya ada beberapa langkah dan strategi yang harus dipikirkan agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Apa saja strategi bersaing dengan kompetitor? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Melakukan Riset

Biasanya sebuah bisnis online tidak bisa bertahan lama bila perencanaannya kurang matang. Hal ini bisa berakibat ke langkah selanjutnya, seperti tahapan yang lakukan juga tidak mantap. Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus memastikan dulu target pasar dengan melakukan riset. Hal ini juga penting untuk dilakukan ketika kamu ada ditengah bisnis dan merasa tidak bisa berkembang.

Mengenali Kompetitor

Ketika ingin lebih unggul dari kompetitor, tentunya kamu harus mengetahui dengan baik siapa kompetitormu. Hal yang perlu kamu ketahui adalah dari segi bidang bisnis, target pasar, serta model bisnisnya. Jangan ketinggalan juga untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan dari kompetitor, serta strategi yang dijalankan. Ada beberapa pertanyaan penting yang bisa kamu catat:

  • Bagaimana cara kompetitor berkomunikasi dengan konsumen?
  • Bagaimana cara pemasaran produk?
  • Apa keunggulan yang ditawarkan oleh kompetitor?
  • Bagaimana mereka mengelola sosial media?
  • Apa penawaran terbaru yang diberikan oleh kompetitor ke konsumen?

Mengenali Target Konsumen

Selain mengetahui tentang kompetitor, akan sangat penting untuk mengetahui juga tentang konsumen. Selama pandemi ini, banyak perilaku konsumen yang juga berubah. Oleh karena itu penting untuk melakukan survei terkait hal ini. Berikut pertanyaan yang bisa kamu tanyakan.

  • Apa masalah yang saat ini dihadapi konsumen?
  • Bagaimana kebiasaan belanja konsumen?
  • Apakah konsumen lebih memilih harga yang terjangkau atau kualitas yang premium?

Kamu harus mengenal lebih jauh tentang preferensi konsumen sehingga bisa melakukan perencanaan strategi. 

Menunjukkan Diferensiasi

Cara terbaik untuk bisa bersaing adalah dengan menunjukkan keunggulan dari produk atau jasa dalam bisnis. Jangan sekali-kali menyerang kompetitor dengan cara mencari kelemahannya. Fokus pada apa yang bisa kamu tunjukkan dan unggulkan yang tentunya tidak bisa konsumen dapatkan dari pihak kompetitor. Intinya, buatlah bisnismu berbeda dari yang lain

Melakukan Inovasi

Jangan cepat puas dengan bisnis yang sudah kamu miliki dan bangun sampai saat ini. Kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkanlah yang bisa menarik minat konsumen dan membuat mereka mau bertahan. Tetap lakukan inovasi karena dunia bisnis berubah dengan cepat apalagi dengan tren yang juga berkembang pesat. Kembangkan bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan pasar serta tidak ketinggalan dari kompetitor.

Memperkuat Branding

Brand memang sangat menentukan apakah bisnismu bisa bertahan di pasaran atau tidak. Untuk ini, kamu bisa coba untuk memikirkan tentang logo yang bisa konsumen ingat serta gaya komunikasi bisnis yang juga unik. Apa citra yang ingin dibangun? Pastikan memiliki pesan jelas agar konsumen tertarik.

Melakukan Strategi Digital

Ketika ingin melakukan dan mengembangkan bisnis tutor online, kamu pasti tahu kalau memperkuat strategi digital adalah hal yang krusial. Di saat digitalisasi seperti saat ini terutama, banyak konsumen yang cenderung mengandalkan platform online untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat website atau media sosial dan membuat konten menarik.

Mempertahankan bisnis harus dengan strategi bersaing dengan kompetitor. Itulah berbagai langkah yang bisa kamu coba terapkan agar bisnismu terus berjalan dengan lancar. Salah satu hal utama yang perlu kamu lakukan adalah terus melakukan riset dan inovasi agar tidak tertinggal.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis tutor online kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Unggul Dari Kompetitor Dalam Bisnis Tutor Online

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​