Home » Strategi-bisnis » Karakteristik Entrepreneur Dalam Bisnis Tutor Online

Karakteristik Entrepreneur Dalam Bisnis Tutor Online

Karakteristik Entrepreneur yang Wajib Dimiliki Dalam Bisnis Tutor Online

Menjadi entrepreneur yang sukses adalah keinginan banyak orang. Tetapi, perjalanan agar dapat sampai di titik tersebut membutuhkan proses panjang serta tidak mudah. Sebenarnya, tanpa disadari. Terdapat sejumlah karakteristik entrepreneur yang sudah dimiliki oleh seorang pebisnis. 

Termasuk ketika mengembangkan bisnis tutor online. Lantas, apa saja sifat atau karakteristik yang diperlukan oleh pengusaha agar dapat menjalankan bisnis dengan sukses? 

Karakteristik Entrepreneur yang Wajib Dimiliki

Berikut sejumlah karakteristik yang diperlukan pebisnis agar bisa membangun bisnis dengan sukses, antara lain:

Memiliki Tujuan Jelas

Tujuan akan menguatkan kamu ketika sedang berada di dalam proses membangun bisnis. Lebih-lebih di moment yang tidak menentu. Sebagian orang menyebut tujuan merupakan intuisi atau panggilan. 

Kamu bisa menjadi pengusaha sukses dengan cara belajar mendengar intuisi tersebut. Saat tujuan yang kamu miliki sejalan dengan tempat serta visi bisnis, kamu akan memperoleh pelanggan dan keuntungan. 

Oleh sebab itu, ketika ingin sukses menjalankan bisnis, kamu harus mengetahui, apa yang kamu mau serta cara untuk memperolehnya. Saat yakin pada dua aspek tersebut, kamu akan memperoleh gambaran cara untuk memulai bisnis. 

Contohnya saja kamu ingin sukses membangun tutor online, kamu harus menemukan apa yang membuatmu berbeda dari tutor online yang lain, kemudian cara membuat pembeda antara kamu dengan yang lain. 

Dapat Mengecoh Kompetitor

Jangan salah, kesuksesan tidak harus melulu melakukan inovasi. Kamu bisa mengambil ide yang sudah pasti akan berhasil diterapkan dalam bisnis tutor online yang kamu miliki, serta memberi nilai tambah pada bisnis tersebut. 

Dengan demikian, kamu dapat menawarkan kelebihan bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya. poin unik yang dapat kamu wujudkan seperti memiliki website sendiri, kemudian memiliki rate harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan. 

Pantang Menyerah

Karakteristik entrepreneur lainnya adalah pantang menyerah. Tidak sedikit orang yang ingin sukses dengan mengandalkan jalan pintas. Inilah alasan mengapa hingga 50% bisnis gagal. 

Kadang kala, kualitas produk yang dimiliki tidak menjamin suksesnya entrepreneur. Malah, sukses merupakan buah dari kesabaran, serta dedikasi yang dimiliki seorang entrepreneur pada visi yang dimilikinya. 

Pada awal merintis bisnis tutor online, kamu mungkin akan merasa kesulitan karena banyak pebisnis yang sudah terlebih dahulu terjun dalam bisnis ini. Tetapi, bila kamu terus pantang menyerah dan tekun, tentu kesuksesan bukan menjadi hal yang tidak mungkin diraih. 

Bijaksana

Calon entrepreneur sukses harus memiliki sifat bijaksana agar dapat mengambil keputusan dengan tepat ketika menjalankan bisnis. Kamu tidak dapat menjadi pengusaha sukses bila hanya berfokus pada salah satu aspek. 

Ada berbagai macam aspek yang harus kamu perhitungkan, oleh sebab itu kamu dituntut menjadi semakin berkembang serta tidak sembarangan ketika mengambil keputusan. Bila salah mengambil keputusan, kamu mungkin akan merugikan bisnismu. 

Contohnya saja, kamu harus mengambil keputusan mengenai anggaran pemasaran, karena bisnis yang kamu miliki merupakan tutor online, tentu saja pemasaran secara online harus digencarkan. 

Tetapi, kamu bingung untuk membagi anggarannya, apakah lebih banyak anggaran untuk promosi di social media, atau untuk website. Ketika kamu memiliki karakteristik yang bijaksana, mengambil keputusan ini tentu bukan hal yang sulit. 

Bisa Melihat Peluang

Sifat lain yang harus kamu miliki ialah mudah dalam melihat peluang. Untuk mencapai sukses dalam berbisnis, nantinya kamu akan menghadapi berbagai macam pilihan, sehingga kamu harus jeli untuk melihat peluang yang dapat diambil agar meraih kesuksesan dalam bisnis. 

Jangan sampai, kamu melewatkan peluang yang sudah ada. Contohnya, sekarang ini kamu melihat peluang untuk tutor online bahasa asing. Kamu harus jeli dalam melihat peluang tersebut dan meramunya sebagai bisnis yang akan kamu jalankan. 

Tidak Lekas Puas

Ketika kamu sudah mencapai target tertentu, jangan pernah merasa bila hal tersebut adalah pencapaian yang besar. Ada begitu banyak pencapaian lain yang harus kamu kejar sehingga tidak ketinggalan dari kompetitor

Contohnya omset bisnis tutor online yang kamu miliki pada semester ini sebesar Rp 400 juta, kamu tidak boleh langsung berpuas diri, karena dibalik omset yang kamu miliki tersebut, ada pebisnis lain yang lebih maju dan mendapatkan omset lebih besar. 

Harus Dapat Beradaptasi

Keadaaan pasar semakin lama bisa semakin berubah. Contohnya, dulu orang berjualan dengan cara konvensional, sekarang lebih memilih berjualan secara online. Oleh sebab itu, pengusaha harus dituntut bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi dan situasi. 

Contohnya, ketika situasi ekonomi sedang tidak menentu, kamu harus dapat beradaptasi dengan memunculkan paket tutor online yang lebih hemat, tetapi masih dapat menghasilkan untung untukmu. 

Selalu Terbuka pada Kritik yang Diberikan

Sebagai seseorang yang jauh dari kata sempurna, kamu harus mau untuk terbuka serta menerima kritikan yang diberikan oleh orang lain. Kritikan ini justru dapat membuat bisnismu menjadi semakin berkembang karena bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi.

Kamu bisa mengadakan evaluasi secara berkala dan melihat kritikan yang diberikan oleh pelanggan untuk bisnismu. 

Berbagai karakteristik entrepreneur di atas harus kamu miliki ketika kamu ingin menjadi pengusaha yang sukses. Kamu bisa menerapkan seluruhnya ketika menjalankan bisnismu.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Karakteristik Entrepreneur  Dalam Bisnis Tutor Online

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​