Beberapa Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi – Siapa yang tak mengenal Koperasi, ketika awal dibentuk, koperasi hanya berfokus pada anggota koperasi saja, baik dalam hal simpanan maupun pinjaman.

Akan tetapi pada perkembangan usaha selanjutnya demi mengikuti kebutuhan persaingan usaha, koperasi juga menyediakan produk pinjaman yang dikhususkan bagi para anggota dan juga bahkan non anggota.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Anda juga bisa melakukan pengurusan dana pinjaman kepada koperasi meski bukan anggota, tetapi pada saat akan mengajukan pinjaman di koperasi, maka status Anda adalah sebagai calon anggota koperasi.

Baca Juga:

Tips Mengelola Pinjaman Agar Bisa Tepat Sasaran Sesuai Tujuan

Lalu apa saja syaratnya untuk melakukan pinjaman di koperasi? Berikut ulasannya:

Meski Anda belum menjadi anggota koperasi, namun tak ada salahnya Anda mengetahui syarat menjadi anggota koperasi, syaratnya antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia;
  • Keanggotaan akan bersifat perorangan dan bukan dalam bentuk badan hukum;
  • Membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Menyetujui Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan juga ketentuan yang berlaku dalam koperasi;

Setelah seseorang resmi menjadi anggota dari sebuah koperasi, Anda akan dimudahkan untuk melakukan peminjaman uang untuk kebutuhan Anda. Maka sebagai seorang anggota, Anda bisa mengajukan pinjaman di koperasi dengan segera dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Berstatus sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi;
  • Mengisi formulir pinjaman;
  • Menyerahkan Foto Copy KTP suami istri jika sudah menikah;
  • Menyerahkan Foto Copy KK, Rekening listrik, Slip gaji dan juga Agunan.

Setelah melengkapi syarat umum di atas, maka Anda sebagai anggota tinggal mengikut langkah selanjutnya, yakni:

  • Melengkapi pengajuan dana pinjaman dengan cara mengajukan proposal tujuan penggunaan dana, misalnya untuk modal usaha atau lainnya;
  • Pengurus koperasi nantinya akan mempertimbangkan proposal pengajuan pinjaman Anda sesuai prosedur pinjaman yang sudah ditentukan sebelumnya;
  • Jika pengajuan pinjaman yang Anda ajukan disetujui, maka pencairan pinjaman dan lama pengembalian akan disesuaikan berdasarkan kesepakatan yang telah dituangkan dalam akad pinjaman koperasi.

Melakukan pinjaman di koperasi memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah dengan beban bunga yang bisa dibilang sangat rendah dibandingkan lembaga keuangan lainnya. ada beberapa tipe bunga yang biasa diaplikasikan pada pinjaman jangka pendek di koperasi, yang di antara lain adalah:

  • Bunga Flat: bunga tipe ini sering digunakan dalam pinjaman jangka pendek, maksud dari bunga flat adalah perhitungan bunga nominalnya selalu sama setiap bulannya;
  • Bunga Menurun: Bunga ini adalah tipe bunga yang dipengaruhi oleh besaran dari nilai pinjaman pokok, semakin kecil pinjaman, maka semakin kecil bunganya;
  • Bunga Menurun Efektif: Metode perhitungan bunga satu ini juga sering digunakan dalam pinjaman di koperasi. Tipe bunga ini dihitung dari saldo akhir di setiap bulannya, sehingga bunga yang Anda bayarkan akan menurun setiap bulannya.

Dari perhitungan bunga dan juga syarat yang diajukan, melakukan pinjaman di koperasi merupakan pilihan menarik bagi Anda yang membutuhkan dana tambahan.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis di KoinWorks

Tertarik untuk mengajukan pinjaman di KoinWorks dan mendapatkan pendanaan dari para Pendana/Investor yang tergabung?


Ajukan Pinjaman


Atau bila Anda memutuskan untuk berinvestasi di investasi online peer to peer lending, silahkan daftarkan diri Anda menjadi investor di KoinWorks:


Investasi Sekarang


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

6 KOMENTAR

  1. Sy mau tanya emng benar ya kalau mau pinjam kita harus bayar dlu 450rb setelah itu sy di tlfon kmbali dan katanya harus tranfer lagi senilai 550rb

    • Halo, Bu Linda.
      Bila yang Anda maksud adalah pinjaman di KoinWorks, tidak benar adanya keharusan pembayaran yang dimaksud.
      Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan KoinWorks.
      Tidak ada kewajiban pembayaran yang harus dibuat sebelum pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh tim KoinWorks, dan tidak ada keharusan membayar sejumlah uang sebagai kewajiban agar pinjaman Anda disetujui.

      Mohon berhati-hati.

      Terima kasih.

  2. Saya malah lebih parah. Di sms in dr katanya dari koperasi nasari kalo saya bisa pinjam disini. Sudah saya kasih dokumen persyaratamnya trus besokannya di wa katanya data saya disetujui. Tapi sebelum pencairan harus transfer dulu ke rek. An. Pribadi buakan rek. Koperasi se nilai 1.2jt hufff… kita kan lg butuh modal buat usaha malah dipalak duluan gede lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.