Home Investasi Pendana Pemula? Baca Cara Mendanai di Fintech Lending KoinWorks

Pendana Pemula? Baca Cara Mendanai di Fintech Lending KoinWorks

Pendana Pemula? Baca Cara Mendanai di Fintech Lending KoinWorks – Setelah hadir menjadi fintech lending di Indonesia sejak 2016 lalu, KoinWorks terus memunculkan terobosan baru untuk memberikan kemudahan dalam mendanai.

Salah satunya dengan bertransformasi sebagai Super Financial App. Di mana Pengguna bisa, melakukan pendanaan peer-to-peer lending dengan lebih mudah dan mengajukan pinjaman dalam satu aplikasi.

Berbicara tentang pendaanaan, sebagai pionir Fintech Lending Indonesia, KoinWorks sudah cukup berpengalaman dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya, tak terkecuali bagi kamu.

Mungkin, sebagai Pendana pemula, kamu masih bingung bagaimana sistemnya bekerja, sehingga kamu mungkin ragu untuk mencoba Fintech Lending ini.

Perlu diketahui, Fintech Lending merupakan salah satu alternatif pendanaan yang masih baru di Indonesia.

Sistem ini sama halnya seperti sebuah marketplace online yang mempertemukan Pendana dengan Peminjam dalam sebuah platform berbasis internet. Selengkapnya mengenai Fintech Lending bisa kamu baca di artikel ini.

Sekarang ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah secara resmi menerbitkan peraturan tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan nomor: POJK Nomor 77/POJK.01/2016.

Bahkan saat ini, KoinWorks sudah mendapatkan izin penuh dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dan perlu diketahui, Bank Indonesia bahkan sudah membuat kantor khusus Fintech Indonesia di Jakarta.

Baca Juga:

Peraturan Peer to Peer Lending Resmi Dirilis Oleh OJK

Skema Fintech Lending ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti arahan OJK dan peraturan yang ada.

Baca Juga: Alasan OJK di Balik Regulasi Peer to Peer Lending

Bagi kamu yang masih ragu dengan sistem pendanaan ini, maka lepaskanlah keraguan kamu dengan memilih platform pendanaan Fintech Lending yang tepat seperti KoinWorks.

Di KoinWorks, setiap dana yang masuk diawasi dengan ketat untuk menjamin dana kamu sepenuhnya, dimulai dari seleksi yang ketat terhadap Peminjam hingga tersedianya Dana Proteksi yang hanya dimiliki oleh KoinWorks.

Baca Juga: Ini 4 Hal Penting dari Peraturan OJK untuk Regulasi Peer to Peer Lending

Selain itu, Allianz juga meningkatkan keamanan dengan memberikan asuransi jiwa jika saja Peminjam meninggal dunia.

Untuk semakin meningkatkan kepercayaan kamu untuk mulai mendanai di KoinWorks, berikut panduan pendana pemula untuk mendanai di Fintech Lending KoinWorks yang bisa kamu pahami dan sambil diterapkan ketika melakukan pendanaan.


Pendana Pemula? Baca Cara Mendanai di Fintech Lending KoinWorks

Daftarkan Sebuah Akun

1. Mulai Buat Akun kamu

Sebagai Pendana, kamu harus melakukan registrasi supaya bisa mulai mendanai. Pilih “Personal” dan isi data diri dengan lengkap serta valid.

2. Kode OTP

Masukkan kode OTP/verifikasi 4 digit yang dikirimkan ke nomor ponsel kamu. Jika tidak ada pesan masuk, coba klik Resend Code.

koinworks - OTP

3. Kode Kemanan

Buat Kode Keamanan (Security Code) 6 digit yang akan digunakan untuk masuk ke akun kamu. Kamu juga bisa membuat Security Code menggunakan sidik jari atau wajah (hanya jika ponsel mendukung perangkat sidik jari dan face ID).

koinworks - kemanan4. Lengkapi Informasi Umum, Legal dan Finansial

koainworks - legal, umum, finansial

Setelah itu, kamu juga harus membuat kode keamanan, dan juga melengkapi beberapa informasi yaitu, informasi umum, legal dan juga finansial.

  • Informasi Umum, berisikan tentang hal-hal umum dari kamu seperti nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, email dan nomor ponsel.
  • Informasi Legal, berisikan tentang hal-hal yang menginformasikan legalitas identitas kamu. Kamu akan diminta untuk unggah KTP dan juga Selfie + KTP. Jadi, siapkan scan KTP yang masih berlaku (direkomendasikan e-KTP) dan kamu harus berusia minimal 21 tahun untuk menjadi pendana di KoinWorks.
  • Informasi Finansial, berisikan info perihal pekerjaan, status pendidikan, sumber penghasilan hingga jumlah penghasilan.

5. Tampilan Dashboard

Saat kamu berhasil membuat akun personal, inilah tampilan dashboard yang akan muncul . Jangan lupa periksa e-mail kamu untuk verifikasi tahap akhir.

koinworks - dashboard

6. Transfer Dana

Lakukan deposit dana pertama kamu. Saat ini seluruh dana yang ditransfer ke KoinWorks hanya akan diproses melalui transfer bank ke rekening yang tertera di Dashboard kamu. Berikut langkah-langkahnya:

Masuk ke Halaman Aktivitas

koinworks - activity page

– Pilih Menu Deposit

koinworks - transfer dana.jpg

Lakukan transfer dana lewat bank sesuai preferensi kamu

Kamu bisa melakukan transfer dana dengan mudah dan instan menggunakan Virtual Account BCA, CIMB Niaga, BRI, atau pun transfer manual menggunakan Bank UOB (dana akan masuk dalam 3 hari kerja).

Bila transfer melalui Virtual Account, dana akan masuk ke akun kamu secara instan dan bisa langsung digunakan untuk mendanai.

koinworks - transfer dana

Selengkapnya, kamu bisa mengikuti langkah lengkapnya melalui artikel di halaman ini.

Lakukan konfirmasi transfer bila menggunakan Internet Banking / Teller / LLG / RTGS Bank UOB:

Setelah melakukan transfer, lakukan konfirmasi dana kamu dengan mengisi deskripsi yang tersedia, mengupload bukti transfer, dan klik “use this photo”. Selain itu, kamu juga bisa melakukan konfirmasi melalui e-mail.

koinworks - konfirmasi transfer

Bila kamu masih membutuhkan bantuan tentang seluk-beluk halaman Deposit di KoinWorks, silakan baca tutorial berikut:

Panduan KoinWorks #6: Cara Deposit Dana Mendanai di KoinWorks


Mulai Berinvestasi

1. Mulai dari yang Kecil

Investor Pemula? Baca Cara Mendanai di Fintech Lending KoinWorks

Untungnya, tidak seperti platform Fintech Lending lainnya, di KoinWorks kamu bisa mulai mendanai dengan Rp100.000. Untuk mendanai sejumlah ini tentu terhitung kecil atau setidaknya affordable.

Jumlah ini juga dengan mudah (dan murah) memungkinkan kamu untuk mencoba sistem pendanaan yang ada di KoinWorks, tentu akan semakin membantu kamu dalam memahami konsep Peer to Peer Lending atau Fintech Lending secara keseluruhan.

Di KoinWorks sendiri, ada produk pendanaan yang bisa kamu pilih yaitu KoinP2P dan KoinRobo.

koinworks - pendanaan

Untuk lebih mudah memahami bagaimana caranya untuk mulai mendanai di lihat panduan lengkap KoinP2P pada halaman ini.

Lalu, lihat panduan lengkap KoinRobo pada halaman ini.

2. Diversifikasi

Kata terpenting ketika berinvestasi adalah Diversifikasi. Metode ini terbilang sangat umum ketika berinvestasi. Diversifikasi merupakan salah satu metode favorit bahkan bagi para ahli.

Baiknya, karena banyaknya peminjam yang ada di KoinWorks, kamu bisa langsung menerapkan metode diversifikasi ini dengan mudah.

Ketika kamu masuk ke dalam menu Marketplace di KoinP2P, kamu akan langsung melihat banyaknya terdapat peminjam yang siap untuk didanai.

Diversifikasikan dana kamu ke masing-masing peminjam yang ada. Juga, buat variasi dalam portofolio kamu dengan mendanai peminjam dengan suku bunga, tujuan pinjaman, dan jangka waktu yang berbeda-beda.

Misalnya, terdapat tiga peminjam yang belum terdanai sepenuhnya. kamu telah mendepositkan dana sebanyak Rp 300.000 maka kamu bisa mendiversifikasikan dana kamu sebesar Rp 100.000 ke masing-masing peminjam.

Ini juga bisa mempengaruhi portofolio pendanaan kamu, di mana masing-masing peminjam memiliki suku bunga dan credit scoring yang berbeda-beda. Dalam hal ini keuntungan dan resiko yang kamu dapatkan juga akan bervariasi.

Manakala ada peminjam yang gagal bayar, kerugian kamu dapat ditutupi melalui keuntungan yang kamu dapat dari pendanaan kamu di peminjam lain. Inilah satu dari sekian banyak keuntungan diversifikasi yang bisa kamu dapatkan, dan bisa diterapkan dengan sangat mudah di KoinWorks.

Selengkapnya mengenai teknik diversifikasi:

Begini Teknik Diversifikasi Mendanai di Fintech Lending KoinWorks

3. Pahami Resiko, Credit Scoring & Suku Bunga

Terdapat 5 grade yakni A hingga E, dan masing-masing grade terdiri dari lima level yang berbeda, seperti A1 hingga A5, di mana A1 merupakan yang paling dianggap mampu untuk membayar pinjaman dan E5 dengan grade yang paling rendah dalam hal ini.

koinworks

Di titik aman, misalnya A1, suku bunga yang dikenakan mulai dari 12%, sementara di E5 bisa mencapai 24%.

Bagi Pendana, mendanai di E5 akan memberikan keuntungan yang lebih besar namun memiliki resiko yang lebih tinggi pula.

Sementara di A1, dana kamu akan jauh lebih aman namun keuntungan akan lebih minim. Di sinilah gunanya kamu berdiversifikasi sembari memahami suku bunga dan credit scoring. Selengkapnya mengenai hal ini bisa kamu temukan dalam artikel ini.

4. Baca Semua Informasi Tentang Peminjam

Hal ini tentu merupakan langkah penting untuk dilakukan demi mengenali kepada siapa dana kamu akan disalurkan. Baca semua informasi tentang peminjam yang tersedia mulai dari tujuan pinjaman, latar belakangnya secara pribadi, pendapatan tahunan, mitra, reputasi dan sebagainya.

Khusus untuk tujuan pinjaman, KoinWorks menyertakan tiga jenis tujuan pinjaman yakni Pinjaman Bisnis, Pinjaman Karyawan, hingga Pinjaman Pendidikan. Untuk masing-masing tujuan pinjaman terdapat detil selanjutnya, misalnya pada tujuan bisnis, peminjam mengajukan pinjaman untuk memperbanyak inventori produk bisnisnya.

kamu juga bisa mengunduh segala informasi yang diperlukan mengenai masing-masing peminjam dalam bentuk Factsheet berformat PDF.

koinworks - download factsheet

5. Manfaatkan Fitur Referral 

KoinWorks memiliki sebuah fitur Referral yang memungkinkan kamu untuk merujuk teman bergabung di KoinWorks.

Ketika teman rujukan berhasil bergabung dan mendanai, kamu akan mendapatkan 350.000 KOIN yang bisa dipakai untuk mendanai.

koinworks - referral

6. Pertimbangkan Untuk Mencoba Fitur Auto-Purchase

kamu bisa menyaring tipe pinjaman untuk kamu danai secara otomatis, bahkan kamu bisa mendanai pinjaman sesuai kriteria kamu secara otomatis. Fitur Auto-Purchase yang disediakan KoinWorks memudahkan kamu untuk mengotomasi investasi kamu berdasarkan suku bunga, tipe pinjaman, jangka waktu hingga bid per loan.

Setelah menentukan detil-detil dalam fitur Auto-Purchase, kamu kemudian bisa memasukkan bid per loan untuk kamu danai secara otomatis.

Untuk lebih lengkap mengenai fitur Auto-Purchase dan memanfaatkannya secara maksimal, kamu bisa membaca artikel berikut untuk informasi lebih lengkapnya:

Panduan KoinP2P #2: Mengenal Fitur Auto Purchase di KoinP2P

7. Danai Secara Perlahan

Investor Pemula? Ini Cara Berinvestasi di P2P Lending KoinWorks

Sebagai Pendana pemula, kamu mungkin akan sangat bersemangat untuk memulai pengalaman pendanaan kamu dan itu wajar.

Namun, jangan langsung menggelontorkan seluruh dana kamu untuk disalurkan ke peminjam, melainkan miliki strategi kapan harus mendanai dan kapan harus mengambil jeda.

kamu juga bisa menjadwalkan maupun menyisihkan dana hingga ketika kamu perlu melakukan pendanaan, maka kamu bisa mulai langsung mendanai.

Jangan langsung memaksakan untuk mendanai meskipun pilihan peminjam yang tersedia tidak sesuai dengan analisa atau perhitungan kamu, atau pun tidak sesuai dengan keinginan kamu.

Ada baiknya tahan dana kamu hingga peminjam baru muncul di dalam platform. Di KoinWorks, beberapa peminjam bisa hadir setiap hari dan siap untuk didanai.

8. Danai Kembali Bunga yang Telah kamu Dapat

Investor Pemula? Ini Cara Berinvestasi di P2P Lending KoinWorks

Dalam pendanaan Fintech Lending, dana yang kamu salurkan ke beragam peminjam akan menghasilkan bunga sebagai pendapatan kamu. Bunga ini bisa kamu tarik untuk langsung dibelanjakan atau bisa didanai kembali.

Rekomendasinya adalah mendanai kembali bunga yang telah kamu dapatkan untuk memaksimalkan keuntungan sebab bunga yang kamu danai kembali tersebut akan berkesempatan mendapatkan bunga yang lebih tinggi lagi, jadi keuntungan kamu bisa lebih maksimal.

9. Tidak Sempat Memantau Portofolio Pendanaan atau Mendanai Secara Manual? Gunakan KoinRobo!

panduan koinrobo

KoinRobo memungkinkan kamu untuk mendanai secara otomatis ke berbagai tipe pinjaman secara merata dan memungkinkan kamu untuk mendapatkan bunganya di akhir tenor.

Dengan algoritma inovatif KoinWorks, setiap pendana bisa menggunakan KoinRobo seperti halnya tabungan berjangka, hanya saja bunga tahunannya lebih besar.

Selengkapnya mengenai KoinRobo, silakan baca halaman ini:

Apa Itu KoinRobo?


Penutup

Nah, itulah cara mendanai di KoinWorks dengan sistem peer to peer lending. Bagaimana? Dengan seluruh langkah di atas apakah kamu masih menemukan kesulitan? Mendanai di Fintech Lending KoinWorks tidaklah rumit, bahkan terhitung sangat sederhana.

kamu bahkan bisa memulainya dengan mudah meskipun kamu masih merupakan pendana pemula, terutama di bidang Fintech Lending. Jika masih ada pertanyaan mengenai hal ini jangan sungkan untuk bertanya ke call center kami atau melalui email di halaman Hubungi Kami.



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.