Home » Strategi-bisnis » 5 Manajemen Cash Flow Terbaik untuk Bisnis Camilan

5 Manajemen Cash Flow Terbaik untuk Bisnis Camilan

5 Manajemen Cash Flow Terbaik untuk Bisnis Camilan

Manajemen cash flow harus dilakukan dengan tepat, supaya bisnis camilan milikmu tetap stabil dan bahkan mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan. Selain itu, manajemen cash flow terbaik juga bisa membuat kondisi keuangan tetap sehat.

5 Cara Manajemen Cash Flow Bisnis Camilan

Perlu diketahui, kesalahan mengelola cash flow dalam bisnis camilan bisa menimbulkan kerugian yang cukup fatal. Supaya hal ini tidak terjadi pada bisnis camilan milikmu, ikuti 5 manajemen cash flow terbaik ini:

Membuat Perkiraan Cash Flow

Manajemen cash flow untuk bisnis camilan yang pertama adalah membuat perkiraan cash flow bisnis terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi munculnya masalah-masalah bisnis camilan yang berkaitan dengan keuangan. Misalnya, biaya tidak terduga, karena salah satu mesin produksi camilan milikmu rusak dan perlu diperbaiki.

Membuat perkiraan cash flow tidak serumit yang kamu bayangkan. Kamu bisa memulainya dari membuat daftar asumsi atau prediksi yang berkaitan dengan bisnis camilan.

Contoh, prediksi seputar kenaikan harga bahan baku pembuatan camilan atau reparasi mesin produksi. Kemudian, kamu harus menyiasatinya dengan menaikkan harga camilan atau mengurangi jumlah camilan yang diproduksi.

Hal lain yang juga perlu kamu pertimbangkan adalah keadaan persaingan pasar, tren camilan yang sedang populer, hingga selera konsumen.

Misalnya, camilan yang saat ini populer adalah makaroni panggang. Lalu, selera konsumen yang paling banyak adalah makaroni dengan rasa pedas. Artinya, kamu tidak boleh mengurangi produksi makaroni panggang dengan rasa pedas. Solusinya, kamu bisa menaikkan harganya.

Tidak hanya memperhatikan lingkungan eksternal, kamu juga perlu memperhatikan lingkungan internal, seperti pengeluaran untuk gaji karyawan, biaya sewa tempat usaha, dan biaya produksi.

Hitung Omset Pendapatan

Berikutnya adalah memperkirakan berapa omset pendapatan bisnis camilan yang akan kamu peroleh. Contoh, bisnis camilan milikmu sudah memiliki 50 pelanggan tetap. Pada bulan Juli, laba bersih yang kamu dapatkan mencapai Rp 12 juta.

Jumlah pendapatan pada bulan Juli belum tentu akan kamu peroleh lagi di bulan Agustus. Sebab, tidak semua pelanggan akan kembali membeli camilan milikmu karena beberapa hal, salah satunya stock camilan belum habis.

Agar cash flow tetap berjalan dengan baik, kamu bisa memperkirakan omset pendapatan di bulan Agustus dengan menghubungi 50 pelanggan camilan milikmu.

Tanyakan apakah mereka ingin memesan lagi, menambah jumlah camilan yang dibeli, dan lainnya. Data ini bisa menjadi acuan kamu untuk memperkirakan pendapatan di bulan Agustus. Lakukan cara ini untuk memperkirakan omset pendapatan di bulan berikutnya.

Mengidentifikasi Pengeluaran dengan Tepat

Manajemen cash flow terbaik untuk bisnis camilan berikutnya adalah mengidentifikasi jumlah pengeluaran yang berkaitan dengan bisnis milikmu.

Selain mengetahui jumlah pemasukan, kamu juga perlu mengidentifikasi apa saja pengeluaran yang harus dibayar. Misalnya, pembelian bahan baku, pembelian plastik kemasan, gaji pegawai, biaya sewa, biaya listrik, reparasi mesin, biaya iklan, dan lainnya.

Kamu bisa menggunakan cara sederhana, seperti skala prioritas untuk membantu mengidentifikasi pengeluaran bisnis camilan milikmu. Seperti namanya, kamu harus mengutamakan pengeluaran yang sifatnya penting. Misalnya, gaji pegawai dan biaya sewa.

Susun skala prioritas bisnis camilan milikmu dimulai dari pengeluaran yang sifatnya sangat penting hingga pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting, seperti kas kecil.

Nah, dari data skala prioritas ini, kamu bisa memangkas budget pengeluaran bulanan. Sehingga, alur cashflow pun berjalan dengan baik tanpa ada masalah yang berhubungan dengan keuangan.

Meninjau Keuangan

Demi terwujudnya manajemen cash flow terbaik untuk bisnis camilan, kamu harus melakukan peninjauan secara berkala dan terus diperbaharui pada kondisi keuangan bisnis.

Contoh, omset penjualan camilan milikmu mengalami penurunan. Otomatis laba bersih yang kamu peroleh tidak maksimal, bahkan di bawah target. Dari masalah ini, kamu harus melihat skala prioritas yang sudah kamu tentukan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Dibandingkan membeli alat produksi terbaru, lebih baik kamu meningkatkan strategi digital marketing. Misalnya, endorse selebgram, menggunakan fitur Ads media sosial, hingga memaksimalkan penjualan melalui e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia.

Berdasarkan contoh di atas, meninjau keuangan bisnis camilan secara berkala penting kamu lakukan untuk menentukan pilihan yang tepat ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan keuangan.

Nah, sebelum memutuskan sesuatu, ada baiknya kamu melihat bagaimana kondisi keuangan, baik dari segi pemasukan dan budget untuk pengeluaran.

Mengelola Laporan

Terakhir adalah mengelola laporan keuangan. Kamu harus menyusun laporan keuangan dengan tepat dan akurat. Agar kamu bisa melihat apakah kondisi keuangan bisnis camilan milikmu sehat atau sebaliknya.

Manajemen cash flow terbaik pasti akan berhubungan dengan kondisi finansial bisnis yang sehat. Artinya, laporan keuangan yang kamu buat atau terima menunjukkan hasil yang memuaskan. Misalnya, pengeluaran tepat sasaran, karena mengikuti skala prioritas dan lainnya.

Demi menghindari terjadinya kesalahan dalam mencatat laporan keuangan, kamu bisa menggunakan cara digital melalui software atau aplikasi laporan keuangan seperti Mekari Jurnal.

Aplikasi tersebut akan mempermudah kamu dalam mencatat jurnal umum, laba-rugi, penjualan, pembelian, dan lainnya. Dengan aplikasi laporan keuangan, sistem pencatatannya pun terbilang cepat dan jaminan perhitungan akurat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan data laporan keuangan bisnis camilan milikmu.

Terapkan Manajemen Cash Flow Terbaik Pada Bisnis Camilan!

Itulah 5 cara melakukan manajemen cash flow terbaik untuk bisnis camilan yang bisa kamu coba. Maka dari itu, jangan melakukan manajemen cash flow secara sembarangan, supaya tidak menimbulkan dampak buruk terhadap keuangan bisnis camilan milikmu. Jadi, tunggu apalagi? Selamat mencoba, ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis camilan kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Manajemen Cash Flow Terbaik untuk Bisnis Camilan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​