Home » Strategi-bisnis » Apa yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Jahit dan Bordir?

Apa yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Jahit dan Bordir?

Apa yang harus terus dipelajari pemilik bisnis jahit dan bordir

Selain skill menjahit dan menggunakan mesin jahit, banyak hal lain yang harus dipelajari pemilik bisnis untuk memiliki bisnis yang sukses. Keahlian menjahit saja tidak akan cukup untuk membuat bisnis tetap berjalan. Bahkan ketika kamu memiliki pola jahit yang terunik di dunia, bisnis masih mungkin mengalami kegagalan karena adanya faktor lain seperti keinginan pasar, kompetisi yang sengit, atau nasib buruk.

Lantas, apa sajakah hal yang harus dipelajari pemilik bisnis? Simak penjelasan berikut!

Apa yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis

Bisnis jahit dan bordir adalah bisnis yang terus berkembang. Bisnis ini sangat menjanjikan karena pasar akan selalu ada. Namun, tren fashion baik di Indonesia maupun di dunia akan selalu berubah dari waktu ke waktu. 

Sebagai pemilik bisnis jahit dan bordir, kamu tentu ingin bisnis kamu bertahan dan mampu bersaing. Demi mencapai hal tersebut, berikut adalah apa yang harus dipelajari pemilik bisnis untuk mendukung kesuksesan bisnis.

Komunikasi

Kamu perlu belajar bagaimana komunikasi yang efektif karena kamu nantinya akan berkomunikasi dengan pelanggan, karyawan, investor, mitra bisnis, pemasok bahan, dan pihak lain yang kamu butuhkan untuk kelanjutan bisnis jahit dan bordir. 

Ketika pemilik bisnis tidak mampu mengomunikasikan visi dan misi bisnis mereka, maka semakin kecil kemungkinan bisnis tersebut akan berhasil. Pemilik bisnis juga perlu menguasai berbagai bentuk seperti percakapan perorangan, per kelompok, e-mail, dan bentuk komunikasi lainnya. Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis sangat penting untuk komunikasi pihak internal dan eksternal, misalnya untuk negosiasi dengan klien atau mitra bisnis.

Penjualan

Keahlian dalam penjualan berjalan seiring dengan keahlian komunikasi. Kamu sebagai pemilik bisnis jahit dan bordir harus bisa menjual produk kamu. Bukan hanya secara fisik, kamu juga harus bisa menjual ide dan nilai dari jahitan dan bordiran yang kamu produksi. 

Kamu nantinya akan menjual ide bisnis kepada calon investor, pelanggan, dan karyawan. Keahlian komunikasi akan membantu kamu untuk lebih siap dalam melakukan penjualan terutama ketika kamu memulai bisnis jahit dan bordir dari nol. Selain menjadi pemilik bisnis, Kamu juga akan menjadi tenaga penjualan pertama bisnis tersebut.

Fokus

Wajar bila bisnis yang kamu jalankan mengalami pasang surut penjualan. Ketika penjualan produk berjalan lancar, kamu lebih mudah mendapatkan motivasi untuk terus mengembangkan bisnis kamu. 

Namun, ada kalanya bisnis lambat berjalan yang mungkin membuat kamu putus asa. Seorang pemilik bisnis yang sukses harus tetap fokus pada tujuan dan terus memotivasi diri untuk lebih maju sehingga dapat bertahan. Ketika kamu fokus, kamu pun dapat lebih baik dalam menganalisis situasi serta kebutuhan yang akan membantu mengatasi masalah yang kompleks dalam bisnis.

Strategi dalam Bisnis

Seorang pemilik bisnis yang sukses adalah mereka yang memiliki strategi yang tepat untuk perkembangan bisnis. Untuk membuat strategi dalam bisnis, pemilik bisnis tentunya membutuhkan pemikiran yang strategis. 

Pemikiran yang strategis akan terus diasah lewat pengalaman bisnis. Selain itu, pemilik bisnis perlu memahami bagaimana bisnis beroperasi, bagaimana keuntungan dapat dihasilkan, dan bagaimana karyawan bekerja yang nantinya akan mempengaruhi keberhasilan bisnis.

Leadership

Pemimpin bisnis jahit dan bordir kamu sendiri. Karena itu, kamu sebagai pemimpin perlu untuk bisa menginspirasi karyawan kamu dan mendorong mereka untuk memiliki nilai yang sama dengan kamu dalam bisnis tersebut. Kamu perlu untuk selalu memiliki moral namun juga profesional. Hal tersebut akan membuat karyawan kamu mengikuti kamu. 

Karyawan juga akan bekerja keras ketika mereka melihat bahwa kamu pun turut bekerja keras dalam mengembangkan bisnis. Kamu dapat melatih skill leadership kamu dengan mengikuti training, mentorship, dan workshop.

Manajemen

Sebagai pemilik bisnis akan sering menangani persoalan anggaran perusahaan. Kamu mungkin sedang menanganinya sendiri atau sudah memiliki tim akuntansi pada bisnis kamu. Kamu perlu bekerja sama dengan mereka untuk membuat, memelihara, dan memantau anggaran bisnis agar tetap sehat.

Keahlian manajemen juga kamu perlukan dalam mengetahui kapasitas bisnis kamu. Kamu sebaiknya tidak mengambil banyak pesanan ketika kamu tidak sanggup untuk menyelesaikannya tepat waktu. 

Keuntungan yang dapat kamu hasilkan memang menggoda, tetapi kamu harus fokus pada jumlah pesanan yang secukupnya sebelum bisa menambah kapasitas pesanan yang dapat kamu kerjakan. Keahlian manajemen juga menyangkut keahlian dalam mengorganisasikan jadwal dan tempat kerja agar berfungsi dengan baik.

Kemauan untuk Terus Belajar

Semua bisnis akan terus berkembang, terutama bisnis jahit dan order. Pola yang populer saat ini bisa jadi tidak populer lagi di masa yang mendatang. Kemauan untuk belajar merupakan salah satu hal penting yang mesti pebisnis miliki. 

Kemauan untuk terus belajar sangat diperlukan ketika membangun bisnis dan mencapai tujuan bisnis yang sukses. Kamu harus memiliki kemauan untuk terus belajar agar bisa bertahan dalam segala situasi.Ketika kamu selalu bisa belajar bahkan dalam kegagalan, kamu akan memiliki pengetahuan dan pemahaman bisnis yang luas.

Sudah Siap Menjadi Pemilik Bisnis yang Sukses?

Demikian penjelasan mengenai hal apa saja yang harus dipelajari pemilik bisnis terutama untuk pemilik bisnis jahit dan bordir. Memiliki keahlian-keahlian ini akan sangat bermanfaat untuk kamu dan kesuksesan bisnis kamu di masa depan. Adakah keahlian yang belum kamu miliki saat ini atau ingin kamu kembangkan?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Apa yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Jahit dan Bordir?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​