Home » Strategi-bisnis » Strategi Kembangkan Cabang Bisnis Jahit dan Bordir

Strategi Kembangkan Cabang Bisnis Jahit dan Bordir

Cara mengembangkan cabang dalam bisnis jahit dan bordir

Sebagai pemilik bisnis, kamu akan mulai memikirkan cara kembangkan cabang bisnis terutama ketika bisnis jahit dan bordir kamu saat ini sudah stabil dan mapan. Kamu mungkin sudah mempertimbangkan untuk memperbesar tempat kerja dan jumlah karyawan sekarang atau mungkin juga sudah melirik kemungkinan membuka cabang di lokasi lain. Dengan melakukan ekspansi bisnis, kamu akan menerima pesanan jahit dan bordir dari pelanggan dengan jumlah yang jauh lebih besar.

Namun, sebelum bermimpi memiliki bisnis besar yang bercabang-cabang, kamu terlebih dahulu harus memikirkan cara kembangkan cabang bisnis saat ini. Lantas, bagaimanakah strategi mengembangkan cabang untuk bisnis jahit dan bordir? Ayo simak ulasan berikut!

Strategi dan Cara Kembangkan Cabang Bisnis Jahit dan Bordir

Tentunya memiliki bisnis yang sukses adalah tujuan setiap pemilik bisnis. Kamu akan terus memikirkan cara kembangkan bisnis meskipun bisnis kamu sekarang sudah sangat menghasilkan. Meskipun begitu, kamu mungkin masih khawatir dengan risiko yang harus kamu ambil dalam mengembangkan bisnis, karena keberhasilan di lokasi saat ini tidak menjamin keberhasilan di lokasi lainnya. Namun, strategi mengembangkan cabang bisnis jahit dan bordir berikut ini akan mengurangi risiko kegagalan yang ada. 

Komitmen yang Teguh

Ketika membuka cabang bisnis baru, kamu harus siap mencurahkan lebih banyak waktu dan fokus dari sebelumnya. Hal itu karena kamu akan mengurus dua lokasi bisnis daripada satu. Persiapan untuk membuka cabang baru pun tidaklah mudah. Kamu harus memenuhi segala kebutuhan untuk membuka cabang bisnis kamu mulai dari lokasi, bangunan, modal, karyawan baru, dan hal lainnya. 

Membuat Rencana Bisnis

Mengembangkan cabang bisnis harus selalu dengan rencana bisnis yang detail. Kamu harus memastikan bahwa modal dan kas kamu cukup untuk membuka cabang bisnis. Jika modal kamu masih kurang, kamu bisa mencari investor, pinjaman, atau pendanaan dari rekan. Namun alangkah baiknya bila kamu memiliki plan B, yaitu rencana jika terjadi skenario terburuk, misalnya pesanan jahit dan bordir yang sedikit saat bisnis kamu baru saja mau ekspansi.

Menemukan Lokasi Baru

Menemukan lokasi yang sempurna adalah hal yang sangat penting dalam membuka cabang bisnis. Bukan hanya tentang lokasi dengan sewa tempat yang sesuai, kamu juga mesti mempertimbangkan sisi keamanan, lingkungan dan peraturan daerah setempat, kemudahan akses, dan demografi penduduk. Kamu harus memastikan bahwa bisnis kamu berada di lokasi yang memiliki banyak calon target konsumen untuk produk jahit dan bordir kamu.

Mengevaluasi Pasar dan Kompetitor

Akan sangat disayangkan bila cabang bisnis kamu ternyata tidak memiliki pasar konsumen yang potensial di sekitarnya. Misalnya bisnis jahit dan bordir kamu menargetkan konsumen anak muda, namun pasar yang tersedia justru orang yang sudah lanjut usia. Selain ketidakcocokan pasar, adanya kompetitor kuat di lokasi yang baru juga dapat berisiko untuk pengembangan cabang bisnis kamu. Kamu mesti memastikan bahwa ada ruang untuk cabang bisnis kamu beroperasi di lokasi yang baru. 

Perkiraan Pasokan Bahan dan Produk

Pasokan bahan akan berubah dengan pengembangan cabang bisnis. Setiap lokasi bisnis akan membutuhkan pasokan bahannya sendiri. Jika pelanggan mengunjungi cabang bisnis baru kamu dan kamu kehabisan barang yang diminta, kamu mungkin tidak bisa mendapatkannya dari bisnis di lokasi lain dengan cukup cepat untuk melayani pelanggan tersebut. Saat ini, kamu perlu menganalisis kondisi bisnis untuk membuat perencanaan inventaris yang diperlukan di cabang bisnis yang baru. Bersamaan dengan inventaris, kamu juga perlu mengetahui rantai pasokan bahan jahit dan bordir di lokasi yang baru.

Kualitas Karyawan

Cabang bisnis kamu harus beroperasi sama seperti bisnis kamu saat ini. Kamu perlu membuat manual pelatihan untuk karyawan baru kamu. Misalnya cara menggunakan mesin jahit dan bordir serta cara melayani pelanggan. Sangat penting bagi kamu untuk menemukan pekerja yang dapat dikumpulkan dan sangat mengerti visi dan misi bisnis kamu. kamu perlu melakukan pelatihan dan memiliki standar evaluasi tertentu sehingga kamu dapat mencegah masalah yang mungkin terjadi. Ketika kamu membuka cabang di daerah yang tidak kamu kenal, memiliki karyawan dari penduduk setempat yang mengenal baik daerah tersebut dapat membantu kamu untuk membangun relasi dan beradaptasi dengan kebiasaan penduduk setempat. Memiliki karyawan yang sangat mengenal daerah tersebut juga akan memudahkan kamu untuk bergabung dengan asosiasi bisnis setempat.

Iklan

Cabang bisnis yang baru pun perlu promosi seperti bisnis yang sebelumnya. Kamu mesti merencanakan kegiatan promosi untuk satu tahun ke depan dan konsisten melakukannya di cabang bisnis baru kamu. Kelebihan dari mengembangkan cabang adalah kamu sudah memiliki pelanggan di bisnis pertama kamu yang bisa membantu menyebarkan tentang bisnis kamu apalagi jika pelanggan tersebut tinggal dekat dengan lokasi cabang bisnis kamu yang baru. Kamu juga perlu untuk memikirkan mempromosikan cabang bisnis melalui layanan iklan yang tersedia di daerah yang baru seperti koran atau radio.

Sudah Siap Mengembangkan Bisnis?

Mengetahui strategi dan cara kembangkan cabang bisnis sangat berguna untuk kesuksesan pengembangan bisnis kamu. Persiapan matang di lokasi yang baru akan meningkatkan potensi keberhasilan cabang bisnis jahit dan bordir kamu yang baru.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis jahit dan bordir kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Kembangkan Cabang Bisnis Jahit dan Bordir

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​