Home » Strategi-bisnis » Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Rice Box yang Ampuh

Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Rice Box yang Ampuh

Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Rice Box yang Ampuh

Rice box merupakan salah satu bisnis baru yang digandrungi oleh para pelaku bisnis. Hal ini disebabkan permintaan konsumen yang semakin tinggi akan produk rice box ini. Oleh sebab itu, bagi kamu yang juga mempunyai bisnis rice box harus pintar-pintar berstrategi agar bisa mendapatkan pelanggan baru di tengah ketatnya persaingan. 

Bila kamu masih belum mempunyai ide, kamu bisa menyimak bentuk promosi untuk pelanggan baru di bawah ini. Bentuk promosi yang akan dibahas kali ini juga bisa kamu gunakan untuk mempertahankan pelanggan lama.

Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru yang Ampuh

Promosi adalah kunci dari sebuah bisnis agar bisnis tersebut semakin dikenal oleh publik. Bila sebuah bisnis dikenal oleh publik, maka bisa mendatangkan pelanggan baru dan diingat oleh pelanggan lama. 

Inilah cara promosi untuk mendapatkan pelanggan baru dan juga mempertahankan pelanggan lama:

Memasang Iklan di Media atau Jalan

Bentuk promosi untuk pelanggan baru yang paling dikenal oleh publik adalah memasang iklan di media massa. Kamu bisa memasang iklan dari bisnis milikmu di koran atau majalah. Di samping itu, kamu juga bisa menghubungi pihak radio atau televisi untuk memasarkan produk milikmu.

Selain di media massa, kamu juga bisa memasang iklan di jalan, seperti baliho atau poster. Namun pastikan bahwa kamu mematuhi peraturan yang ada agar iklan milikmu tidak dinilai mengganggu keindahan dan ketertiban.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam pemasangan iklan, yakni target pasar dan pemilihan kata. Usahakan pemasangan iklan bisnis milikmu sudah disesuaikan dengan target pasar yang ada. Gunakan kata atau kalimat yang menarik pelanggan untuk membeli produk milikmu.

Membagikan Selebaran

Cara untuk mendapatkan pelanggan lainnya adalah dengan membagikan selebaran. Buatlah selebaran yang menarik minat pelanggan dan bersifat persuasif. Lalu, bagikan selebaran-selebaran tersebut di tempat strategis yang sesuai dengan target pasar bisnis milikmu.

Promosi di Media Sosial dan Website

Setelah melakukan promosi secara konvensional, saatnya kamu berpromosi secara digital. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat media sosial dan website khusus bisnis milikmu. Lalu, promosikan produk milikmu secara menarik di kedua tempat tersebut dengan membuat konten.

Dalam pembuatan konten, kamu perlu memperhatikan beberapa aspek. Aspek yang pertama adalah kata atau kalimat yang kamu gunakan di media sosial atau website tersebut haruslah menarik sehingga pelanggan pun tertarik untuk mencoba produk milikmu.

Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan teknik SEO agar konten milikmu bisa muncul di posisi pertama pada halaman pencarian. Untuk membantumu dalam menerapkan teknik SEO, kamu bisa menggunakan SEO tools yang tersedia di internet.

Mengiklankan Media Sosial dan Website

Setelah membuat media sosial, website, beserta konten-kontennya, saatnya kamu mengiklankannya. Untuk media sosial, kamu bisa menggunakan fitur iklan yang tersedia. Iklan ini membuat konten milikmu akan muncul di beranda, fyp, atau story dari media sosial bisnismu.

Untuk website, kamu bisa menggunakan SEM. SEM adalah sebuah teknik yang membuat laman website kamu akan muncul di paling atas ketika seseorang melakukan pencarian terkait produk milikmu di Google.

Mengadakan Giveaway atau Promo

Giveaway atau promo adalah dua hal yang paling dicari manusia, termasuk para pelanggan baru. Mereka akan cenderung mencoba sesuatu yang sedang mengadakan kedua hal tersebut meskipun mereka belum pernah mencobanya.

Oleh sebab itu, giveaway dan promo adalah cara yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan baru. Dalam mengadakan giveaway dan promo, kamu juga bisa menambahkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh audiens. 

Syarat tersebut antara lain men-tag akun teman mereka. Bila cara ini dilakukan, maka kamu aka memperoleh pelanggan baru lainnya.

Endorsement

Pada dasarnya, endorsement adalah bentuk lain dari iklan. Namun bedanya, kamu akan mengajak orang atau akun yang berpengaruh di media sosial milikmu untuk mengiklankan bisnis rice box kamu sehingga menarik pelanggan untuk membelinya.

Bentuk endorsement ini bermacam-macam. Ada orang yang akan mencicipi rice box milikmu dan memberikan review yang menarik di media sosial mereka sehingga kamu harus mengirimi mereka produk kamu. 

Ada juga yang bisa mendatangi kedai rice box kamu. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang kamu miliki. Namun, sebelum kamu melakukan kerjasama endorsement dengan pihak terkait, kamu perlu melihat pengikut akun atau orang yang ingin kamu ajak kerjasama. 

Pastikan jumlah pengikut mereka cukup banyak dan sesuai dengan target pasar bisnis milikmu. Di samping itu, kamu juga perlu mengetahui engagement dari konten mereka sehingga kamu tahu seberapa banyak orang berinteraksi dengan mereka.

Promosi Melalui Email

Bentuk promosi yang satu ini memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam. Namun tanpa mereka sadari, mereka sering mendapatkan beragam iklan dari beragam produk yang dikirim melalui email mereka.

Jadi, promosi melalui email dilakukan dengan tools yang bisa kamu temukan di internet. Tools ini akan mengirim email berisi iklan dan informasi produk kamu secara serentak ke email-email target pasar yang kamu inginkan. 

Biasanya, tools memiliki batasan berapa email yang bisa dikirimkan dalam waktu tertentu. Oleh sebab itu, siapkan database email target pasar kamu secara matang agar kuota tersebut tidak sia-sia.

Itulah berbagai bentuk promosi untuk pelanggan baru yang juga bisa dipakai untuk mempertahankan pelanggan lama. Perlu diketahui bahwa bentuk-bentuk promosi di atas dapat membutuhkan biaya sehingga kamu perlu mencari informasi terlebih dahulu sebelum melakukannya.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bentuk Promosi untuk Pelanggan Baru Bisnis Rice Box yang Ampuh

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​