Home » Strategi-bisnis » Cara Kembangkan Bisnis Warkop Agar Lebih Maju!

Cara Kembangkan Bisnis Warkop Agar Lebih Maju!

Cara Kembangkan Bisnis Warkop Agar Lebih Maju!

Sekarang ini usaha kopi, baik warung kopi (warkop) maupun kedai menjadi salah satu usaha yang sedang populer di Indonesia. Apakah kamu juga menjadi salah satu pebisnis warkop? Mengembangkan usaha dan membuatnya maju tentu menjadi hal yang pebisnis inginkan. Namun, bagaimana cara kembangkan bisnis warkop ini? 

Meskipun warkop menjadi usaha yang sedang naik daun, harus diakui jika tidak sedikit pengusaha yang gulung tikar karena tidak dapat menghadapi kompetisi di daerahnya. Sebagai pemilik usaha, kamu harus memperluas wawasan serta keterampilan agar bisnis warkopmu semakin berkembang. 

Cara Kembangkan Bisnis Warkop

Bila ingin bisnis warkop yang kamu miliki berumur panjang, berikut sejumlah langkah yang bisa kamu ikuti, antara lain:

Lakukan Pemilihan Biji Kopi Berkualitas

Salah satu kunci dari bisnis warkop adalah menggunakan biji kopi berkualitas. Dengan menggunakan biji kopi berkualitas, kamu akan berhasil merebut hati pelanggan. Ada berbagai jenis kopi yang tersedia, khususnya yang berasal dari dalam negeri. 

Kamu harus belajar mengenali karakteristik serta cara memilih jenis kopi sesuai dengan standar yang sesuai dengan kebutuhan usahamu. Kamu juga bisa menjalin hubungan dengan pebisnis warkop yang sudah menjalankan bisnisnya dengan sukses terlebih dahulu. 

Perhatikan Pengolahan Kopi

Walaupun kamu tidak langsung meracik kopi yang akan dihidangkan, kamu harus mengetahui seperti apa cara setiap kopi tersebut dibuat. Sehingga, kamu bisa mengetahui titik kritis setiap menu dan bisa mengambil keputusan saat terdapat masalah yang erat kaitannya dengan cita rasa kopi. 

Tidak sedikit barista yang bisa kamu ikuti untuk melatih keterampilan ini. Namun, kembali lagi, ilmu pengolahan kopi ini juga bisa disesuaikan dengan target pasar yang kamu miliki. 

Lakukan Pemasaran Digital

Cara kembangkan bisnis warkop yang lainnya adalah menggunakan pemasaran digital. Bagi pebisnis, pemasaran digital menjadi hal yang penting untuk dikuasai. Kamu harus mengenali target pasar serta mengetahui cara memulai percakapan di dunia maya sesuai dengan branding usahamu. 

Kamu juga dapat bergabung dengan seminar atau kelas pemasaran digital yang sekarang ini sudah banyak tersedia. Bila kamu sulit untuk mengikuti pembelajaran tatap muka, kamu bisa mengikuti kelas daring untuk mengembangkan keterampilan. 

Perhatikan Pelayanan Pelanggan

Membangun kedekatan dengan pelanggan menjadi hal yang penting untuk usahamu. Kehangatan yang kamu tawarkan memberikan pelanggan untuk kembali membeli di tempatmu. 

Kamu harus mengenali seperti apa segmen pelanggan yang kamu tuju, serta mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka. Dengan cara ini interaksi personal bisa lebih berkualitas. 

Selain itu kamu juga bisa mengasah kemampuan public speaking serta public relation yang kamu miliki agar bisa menyapa pelanggan lebih baik lagi. 

Gunakan Media Sosial

Promosi yang dilakukan dengan efektif bisa mendongkrak popularitas usaha yang kamu miliki. Sekarang ini, media sosial masih menjadi salah satu wadah yang digandrungi. Kamu bisa memanfaatkan orang-orang yang sudah terkenal seperti influencer akan memperkenalkan produkmu. 

Bila bisnis warkop yang kamu miliki masih berskala lokal, kamu bisa menjalin kerjasama dengan akun-akun media sosial lokal. Umumnya mereka memiliki tarif promosi yang cukup terjangkau, mulai dari Rp500 ribu. 

Namun, bila warkop yang kamu miliki sudah cukup besar, dan memiliki anggaran yang cukup, kamu dapat mempekerjakan social media officer. Mereka akan membuat konten menarik agar menarik pelanggan baru.

Jangan lupa ajak pelangganmu untuk mempromosikan warung kopimu di akun media sosialnya dengan memberikan bonus minuman gratis. Daftarkan pula warkopmu di situs seperti food review agar nantinya usahamu menjadi semakin mudah dijangkau oleh pelanggan dunia maya. 

Bila semakin banyak ulasan yang diberikan oleh pelanggan media sosial, akan semakin besar pula kepercayaan pelanggan yang akan kamu peroleh nantinya. 

Pilih Barista dengan Tepat

Ketika mencari barista, kamu harus menjawab pertanyaan ini. Apakah kamu memilih barista yang mempunyai kemampuan bersosialisasi yang baik, atau memiliki kemampuan meracik biji kopi yang hebat?

Memang, akan lebih baik bila kedua tipe ini ada dalam barista yang kamu miliki. Namun, bila tidak bisa memperoleh keduanya, kamu harus menentukan mana yang jauh lebih penting. 

Perhatikan Dekorasi

Dekorasi sebenarnya hanya pemanis usaha. Namun, jangan sampai menyepelekan masalah dekorasi ini. Bila masalah dekorasi tidak kamu perhatikan, warkop yang kamu miliki bisa terlihat membosankan. 

Dekorasi sekarang ini dapat menarik mata pelanggan yang lewat di depan usahamu. Oleh sebab itu jangan pernah meremehkan kekuatan dekorasi. 

Miliki Pengelolaan Keuangan dengan Baik

Sebagai pengusaha, literasi yang erat kaitannya dengan finansial menjadi hal yang harus kamu ketahui. Saat menjalankan bisnis, kamu bukan hanya sekedar ingin memperoleh laba, tetapi juga harus memahami bagaimana cara mengembangkan bisnis untuk masa depan. 

Warkop yang kamu miliki tentu diharapkan akan memiliki omset yang terus meningkat, bahkan bisa melebarkan sayap usaha. Wawasan finansial ini bisa diasah dengan cara belajar pada konsultan keuangan, kemudian mengikuti kelas finansial dan lainnya. 

Cara kembangkan bisnis warkop di atas bisa kamu jadikan sebagai modal dan bekal pengetahuan agar lebih maju. Kamu juga dapat melakukan evaluasi secara berkala mengenai sejumlah upaya yang sudah kamu lakukan di atas.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis warung kopi kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Kembangkan Bisnis Warkop Agar Lebih Maju!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​