Home » Strategi-bisnis » Cara Memulai Bisnis Warkop, Manfaatkan Hobi Nongkrong Jadi Cuan

Cara Memulai Bisnis Warkop, Manfaatkan Hobi Nongkrong Jadi Cuan

Manfaatkan Hobi Nongkrong Jadi Cuan: 8 Cara Memulai Bisnis Warkop

Cara memulai bisnis warkop adalah suatu hal yang sebaiknya diketahui oleh kamu yang punya hobi nongkrong. Dengan begitu, jika kamu sewaktu-waktu ingin memiliki warung kopi sendiri, maka untuk memulainya bisa dilakukan dengan mudah. 

Sebagai seseorang yang memiliki hobi nongkrong di warung kopi, tidak dapat memungkiri bahwa berbisnis warkop mampu mendatangkan kesenangan dan cuan. Apalagi di zaman sekarang, tinggal pasang wifi di warkop, pelanggan berdatangan, cuan pun mengalir deras.

Nah, apa saja cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis warung kopi? Banyak! Untuk mengetahui jawabannya, maka sebaiknya rajinlah mengulik informasi, seperti contohnya dengan membaca pembahasan dalam artikel satu ini!

Cara Memulai Bisnis Warkop

Untuk memulai usaha warung kopi, kamu harus memiliki passion terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan menjalani bisnis tanpa keterpaksaan dan tentunya diliputi dengan hati yang gembira. Setelah mantap dengan passion, lakukan hal-hal berikut:

Merumuskan Konsep Bisnis Warung Kopi

Cara pertama untuk memulai bisnis warkop adalah menciptakan rencana bisnis secara matang. Kamu bisa mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang seputar bisnis ini dan jawablah satu per satu. Untuk melakukannya, coba tanya dirimu sendiri dan orang sekitar. 

Setelah itu, tentukan apa sebenarnya tujuan kamu memulai bisnis warung kopi, analisis siapa saja kompetitor yang ada, keunikan atau keunggulan yang ingin kamu tonjolkan, hingga menentukan siapa saja target pasar. 

Lakukan pula perhitungan estimasi modal untuk berbisnis warung kopi dan keuntungan yang dapat kamu peroleh secara berkala. Jangan lupakan juga tentukan langkah-langkah perjalanan operasional bisnis ini, promosinya, hingga goals-nya. 

Dengan menciptakan konsep perencanaan bisnis, maka warung kopi yang akan kamu jalankan bisa berjalan sesuai track, terarah, dan tidak melenceng. Alhasil, operasional hingga pengembangannya ke depan dapat dilakukan dengan mudah. 

Memperjelas Target Pasar

Dalam cara memulai bisnis warkop sebelumnya atau perumusan konsep rencana konsep bisnis, kamu telah menentukan siapa saja target pasar. Nah, di langkah satu ini, perjelas mereka satu per satu. 

Misalnya, jika target pasar warung kopimu adalah anak muda di usia 18 hingga 30 tahun, maka lakukan pemetaan lagi secara mendetail, misalnya mulai dari gender, hobi, profesi, preferensi makanan & minuman, dan masih banyak lagi. 

Dengan target pasar yang jelas, maka bisnis warung kopi bisa menyesuaikan, dari aspek desain bangunan, perabotan, perlengkapan, menu makanan dan minuman yang kamu sajikan sehari-hari, hingga cara berpromosi yang paling efektif. 

Mencari Lokasi Bisnis yang Strategis

Dalam mencari lokasi untuk dijadikan warung kopi, sebaiknya utamakan yang strategis dan mudah diakses baik oleh kendaraan pribadi maupun umum. Dengan begitu, target pasar yang sudah dibidik dapat menemukan warkopmu dengan mudah. 

Lokasi yang strategis sendiri biasanya berada di wilayah perkotaan dan dekat dengan jalanan kerap dilalui oleh hiruk pikuk kendaraan maupun lalu lalang orang. Selain itu, lokasi strategis juga bisa di dekat wilayah perumahan atau perkantoran. 

Apabila target pasar dan konsep warung kopimu lebih cocok untuk di daerah dataran tinggi dan pedesaan, maka sah-sah saja. Namun tetap perhatikan kemudahan akses jalannya dan tentunya keamanannya. 

Intinya, poin satu ini menekankan untuk mencari dan memilih lokasi strategis yang cocok sesuai konsep bisnis warkopmu. Tentunya juga menekankan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan ketersediaan modal. 

Merancang Desain Bangunan

Desain bangunan yang akan dijadikan warung kopi merupakan aspek yang sangat krusial. Jadi, bagus tidaknya kualitas dan fungsional bangunan tersebut dapat memengaruhi tingkat kepercayaan dan loyalitas target pasar.

Mengetahui hal tersebut, kamu sebagai pemilik bisnis sebaiknya merancang desain bangunan sesuai dengan konsep yang ada. Utamakan sirkulasi udara lancar, begitupun saluran listrik dan air, hingga desain eksterior maupun interiornya. 

Jangan sampai sirkulasi udara tidak lancar sehingga membuat pengap dan mata pedas. Begitupun dengan saluran listrik, pastikan aman dari korslet, dan saluran air pastikan tidak ada kendala seperti bocor, mampet, atau berkeruh. 

Untuk eksterior dan interiornya, sekali lagi – benar-benar sesuaikan dengan apa yang target pasar harapkan, sehingga mereka bisa merasa nyaman dan betah di warkop. Demi hasil terbaik, pilih profesional yang mumpuni untuk menangani perihal desain.

Menemukan Barista yang Tepat

Dalam berbisnis warkop, kamu harus mengandalkan barista yang tepat. Seleksi pengalaman dan kemampuan mereka dalam bersosialisasi. Namun, jika menemukan tenaga kerja yang belum berpengalaman, lakukan saja pelatihan terlebih dahulu. 

Melakukan Promosi

Seperti halnya bisnis-bisnis lainnya, kamu perlu melakukan promosi dalam memulai warung kopi. Dengan begitu, masyarakat khususnya para target pasar dapat mengetahui eksistensi warung kopimu dengan mudah. 

Menemukan Pemasok Terbaik

Bisnis warung kopi seperti apakah yang akan kamu mulai? Apakah warkop yang mengandalkan bahan-bahan instan yang sudah dalam kemasan dan siap seduh? Atau justru yang otentik dan harus melalui peracikan terlebih dahulu?

Apapun itu, sebaiknya usahakan untuk menemukan pemasok bahan baku terbaik, profesional, dan jujur. Untuk mendapatkan pemasok seperti ini, kamu bisa mencari di komunitas pebisnis warkop, hingga dari mulut ke mulut

Mempelajari Pembukuan dan Keuangan

Bisnis apapun tidak pernah luput dari dua hal ini. Termasuk bisnis warkop. Mengetahui hal tersebut, maka yang harus kamu lakukan adalah memperkaya diri dengan pengetahuan seputar pembukuan dan keuangan dalam berbisnis. 

Sudah Siap Memulai Bisnis Warung Kopi?

Demikianlah pembahasan seputar cara memulai bisnis warkop. Dari langkah-langkah di atas, bisnis warung kopi memang susah-susah gampang. Walau demikian, tetap eksekusi saja bisnis ini dan ajak teman tongkrongan ke warkopmu!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis warung kopi kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memulai Bisnis Warkop, Manfaatkan Hobi Nongkrong Jadi Cuan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​