4 Jenis Kesalahan Fatal yang Merugikan Bisnis Cemilan

4 Jenis Kesalahan Fatal yang Merugikan Bisnis Cemilan

Seorang pebisnis cemilan harus jeli terhadap berbagai tantangan dalam mengelola bisnisnya. Salah satu hal yang patut diperhatikan mengenai tantangan tersebut ialah mengenai kiat dalam meminimalisir kesalahan fatal yang merugikan bisnis cemilan. Karena kesalahan tersebut akan membuat bisnis terancam tidak berkembang.

4 Kesalahan Fatal yang Merugikan Bisnis Cemilan 

Apabila suatu kesalahan yang umumnya terjadi dapat diketahui lebih awal, tentu kamu akan memiliki kesempatan dan peluang untuk menanggulanginya serta meminimalisir dampak yang akan dihasilkan. Berikut beberapa jenis kesalahan yang merugikan dalam bisnis cemilan:

Ingin Serba Cepat

Dipaparkan dari video Dewa Eka Prayoga, kesalahan fatal yang biasanya dilakukan oleh pemilik bisnis cemilan, yaitu ingin cepat. Contohnya adalah saat kamu baru mulai berbisnis di bulan Maret atau Mei, lalu kamu sudah mencoba membuka bisnis baru di bulan berikutnya.

Disampaikan pula dalam video Pandji Pragiwaksono, yang menjadikan bisnis keripik pangsit sebagai contoh kasusnya. Pandji menuturkan belum pentingnya penambahan varian rasa untuk bisnis keripik pangsit milik pebisnis yang bertanya.

Karena menurut Pandji, penambahan varian rasa akan membutuhkan investasi tambahan, seperti penambahan modal. Jika belum waktunya untuk scale up, maka jangan lakukan itu terlebih dahulu, karena permintaannya belum ada. Apabila permintaannya sudah ada, maka kamu dapat mempertimbangkan scale up.

Jadi, kamu jangan ingin cepat-cepat menambah bisnis, berganti bisnis, atau melakukan scale up. Pastikan bisnis milik kamu stabil terlebih dahulu, baik dari manajemen maupun omsetnya serta pastikan dahulu bisnis telah memiliki banyak permintaan untuk penambahan varian rasa.

Barulah setelah itu kamu melakukan pengembangan di berbagai aspek berdasarkan permintaan pasar.

Tidak Menguji Ide Bisnis

Kamu harus melakukan validasi terlebih dahulu terhadap ide bisnis kamu sebelum mengaplikasikannya. Seperti tips bisnis yang disampaikan dalam video NGOBI, validasi itu perlu dalam rangka membuktikan ide bisnis milikmu akan memiliki potensi hasil yang menguntungkan.

Contoh ide bisnis yang sudah valid menurut video Entrepeneurship Podomoro University adalah ide yang sudah diuji langsung kepada calon customer. Cara melakukan validasi adalah dengan berikan prototype produk kepada calon customer. Contoh, kamu bisa memberikan testing snack biskuit coklat kepada calon customer.

Selain itu, validasi juga dapat dilakukan melalui wawancara serta menggali informasi dari calon customer. Jangan lupa kamu juga harus meminta feedback, sehingga dapat menggali solusi dari kegiatan validasi tersebut. Contoh feedback seperti rasa kurang manis atau tekstur kurang renyah.

Dari feedback tersebut, lakukanlah pembaharuan, ulangi kegiatan validasi terus menerus hingga bisnis mencapai valid yang ditandai dengan banyaknya calon customer merasa membutuhkan ide atau produk bisnis kamu tersebut.  

Terlalu Mengandalkan Produk

Kesalahan fatal yang umumnya dilakukan oleh pemilik bisnis cemilan pemula ialah terlalu mengandalkan produk. Melansir dari video NGOBI, apabila kamu terlalu mengandalkan produk, maka jangkauan dalam mencari customer baru akan sulit. 

Produk memang merupakan hal terpenting, khususnya bagi bisnis cemilan. Artinya, produk harus lezat dan nikmat dikonsumsi. Namun, hal lain yang juga perlu kamu andalkan selain produk adalah kamu harus memanfaatkan strategi marketing.

Sebab, strategi marketing bisa menjadi branding yang cocok, misalnya promosi melalui website atau sosial media, yang pastinya akan sangat membantu.

Pandji Pragiwaksono juga menjelaskan, ada satu strategi marketing yang belum tepat, yaitu bila kamu tidak memudahkan calon customer untuk turut menyebarluaskan produkmu.

Contohnya, keripik kentang yang dibeli Pandji, namun merk keripik kentang tersebut amat biasa dan tidak unik, serta tidak mencantumkan akun sosial media dalam kemasannya. Sehingga, kamu perlu mengandalkan strategi marketing yang tepat dan tidak hanya mengandalkan produk yang harus lezat dan enak.

Agar brand awareness target pasar kamu semakin meningkat yang akan membuat angka penjualan kamu naik. Sebab percuma saja memiliki produk berkualitas tinggi, tetapi banyak target pasar kamu yang tak terjangkau oleh produkmu.

Tidak Memperluas Jaringan

Apabila bisnis cemilanmu memiliki jaringan yang luas, maka dapat membuka kesempatan dalam bertemu investor hingga calon rekan kerja yang potensial untuk diajak bekerja sama, seperti dijelaskan oleh video NGOBI. 

Bertemu dengan orang-orang baru dapat membantu kamu dalam menemukan ide dan sudut pandang dalam membantu mengembangkan dan melejitkan bisnis cemilan milikmu.

Memperluas jaringan atau menambah kenalan akan memberikan manfaat bagi bisnismu seperti disebutkan dalam video KUBIZ TV

Misalnya, Mba Yanti yang biasanya membantu pelaku usaha UKM dalam menginvestasikan modal miliknya, memberikan kriteria bantuan modal, yakni harus kenal terlebih dahulu dengan dirinya. 

Kriteria kenal dan mengetahui pelaku usaha tersebut bagi Mba Yanti penting. Karena untuk mengetahui kebenaran jenis usaha, tidak berganti-ganti produk, produknya enak, pemesanan sudah banyak, serta pelaku usaha sudah memiliki surat SPK.

Tidak memperluas jaringan akan membuat bisnis cemilanmu akan sulit berkembang. Karena para investor akan ragu dalam menginvestasikan modalnya kepada seseorang atau bisnis yang belum dikenal.

Yuk, Hindari Kesalahan Fatal yang Merugikan Bisnis Cemilan!

Agar bisnis cemilan kamu tetap berkembang dan melejit diantara para pesaing dan kompetitor, maka meminimalisir dan belajar dari kesalahan fatal adalah hal penting. Apabila kamu telah mengetahui beberapa jenis kesalahan tersebut maka kamu harus melakukan inisiatif agar terhindar. Selamat berinovasi!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
Berlangganan
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.