Home » Strategi-bisnis » Tips dan Analisis Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Rice Box!

Tips dan Analisis Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Rice Box!

Tips dan Analisis Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Rice Box

Sejak pandemi, tentu keadaan ekonomi level makro maupun mikro masih tertatih-tatih untuk bangkit kembali. Berbagai bisnis mengaplikasikan strategi mengatasi penurunan penjualan agar dapat mempertahankan bisnisnya.

Tidak terkecuali pada bisnis rice box, yang mana mengalami pasang surut semenjak pandemi menyerang. Beberapa hal mengenai penanganan penurunan penjualan dapat kamu ketahui strateginya. Agar di masa depan tidak terjadi hal-hal kerugian atau bahkan kebangkrutan.

Sebelum melakukan penanganannya, kamu juga perlu mengetahui berbagai penyebab bisnis rice box kamu mengalami penurunan. Setelah dianalisa penyebabnya, selanjutnya kamu dapat mengatasinya. 

Nah, pada artikel ini akan dibahas kedua aspek tersebut agar lebih mudah dipahami.

Penyebab Terjadinya Penurunan Penjualan Rice Box

Banyak sekali penyebab yang dapat berdampak pada penurunan penjualan bisnis rice box kamu. Untuk mengatasi penurunan penjualan bisnis, kamu wajib menganalisa penyebab di baliknya. Hal tersebut bertujuan agar proses penanganan lebih efektif dan menciptakan perencanaan preventif di masa depan.

Pertanyaan yang wajib kamu tanyakan adalah seperti, “Apa yang menyebabkan pendapatan bisnis rice box ini menurun?”. Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh poin penyebab penurunan penjualan rice box di bawah ini:

  • Perencanaan tujuan bisnis yang tidak matang.
  • Sumber Daya Manusia yang tidak mumpuni.
  • Bencana nasional maupun global.
  • Potensi pasar atau wilayah yang tidak menguntungkan.
  • Organisasi dan manajemen bisnis yang tidak akurat.

Tips Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Rice Box

Jika kamu sudah mengidentifikasi penyebab dari menurunnya penjualan bisnis rice box milikmu. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui berbagai tips untuk mengatasi penurunan jumlah penjualan tersebut.

Terdapat 6 tips yang strategis untuk dilakukan agar kamu dapat menyelamatkan bisnis rice box kamu dari penurunan omset. Agar lebih jelas, kamu dapat menyimak penjelasannya di bawah ini:

Evaluasi Kembali Keadaan Pasar dan Persaingan

Cara pertama yang dapat kamu lakukan sebagai strategi mengatasi penurunan penjualan adalah mengevaluasi kembali pasar dan kompetitor. Ketika sebuah bisnis mengalami penurunan penjualan, maka hal pertama yang harus diidentifikasikan adalah tren pasar.

Dinamika tren pasar wajib kamu kuasai agar dapat menstimulasi ide-ide dan inovasi baru untuk meningkatkan brand awareness dari produk rice box kamu. Selain itu, kamu juga wajib mengidentifikasi dan evaluasi kompetitor yang terjun di bisnis yang sama. 

Buat Menu Rice Box Baru yang Lebih Menarik

Jika bisnis rice box kamu mengalami penurunan, maka tips untuk mengatasi hal tersebut adalah membuat inovasi menu baru. Kamu tidak dapat terus menerus menjual produk rice box dengan menu yang sama dan tidak ada inovasi baru dari aspek menu.

Setelah membuat menu rice box baru, kamu juga memerlukan testimoni dan masukan dari konsumen. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas rasa dari produk rice box. Tips ini wajib kamu aplikasikan karena berkaitan dengan kualitas produk, yang mana dapat memengaruhi dinamika penjualan bisnis kamu.

Mengubah Sistem Manajemen Bisnis

Salah satu penyebab penurunan penjualan sebuah bisnis adalah manajemen operasi yang tidak tepat. Misal, dari aspek sumber daya manusia, bahan baku, operasional dan lain-lain. Maka dari itu, strategi untuk mengatasi penurunan penjualan adalah dengan mengubah system manajemen.

Sebagai seorang manajer, sudah pasti wajib untuk mengevaluasi hal-hal terkait bisnisnya. Misal, kamu dapat mencoba untuk mengganti pegawai dengan yang lebih mumpuni. Lalu, menekan biaya operasional dengan membeli bahan baku dari supplier yang lebih murah dan sebagainya.

Fokus Kepada Kepuasan Pelanggan Rice Box

Tips keempat adalah memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen, karena naik dan turunnya penjualan bisnis rice box milik kamu akan tergantung dengan pelanggan. 

Untuk strategi ini kamu perlu untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan baru. Sedangkan untuk pelanggan lama, kamu perlu memberikan pelayanan maksimal. 

Berfokus pada kepuasan pelanggan di dalam bisnis rice box dapat meningkatkan penjualan dan menyebarkan informasi mengenai bisnis kuliner rice box kamu kepada pasar yang lebih luas.

Hindari Memberikan Program Diskon Berlebih

Di saat mengalami penurunan penjualan bisnis rice box, kamu wajib menghindari untuk memberikan program diskon berlebih. Hal ini banyak dilakukan pebisnis untuk menarik perhatian pelanggan, padahal strategi tersebut tidak tepat.

Kamu dapat mengganti program ini dengan cara melakukan promosi berbiaya rendah dan promosi paket bundling dengan syarat tertentu. Misal, kamu dapat melakukan diskon bundling beli 5 rice box gratis 1 dengan persyaratan testimoni di media sosial dan sebagainya.

Utamakan Layanan Delivery

Strategi yang paling efisien dan banyak digunakan oleh pebisnis adalah layanan delivery. Terlebih ketika pada masa pandemi, kebanyakan orang pasti berada di rumah dan membutuhkan layanan jasa pesan antar tersebut.

Akan lebih baik jika kamu meningkatkan layanan ini, seperti gratis ongkos kirim, ketepatan pengiriman rice box dan kemasan yang baik. Kamu juga wajib konsisten dan terus mengevaluasi layanannya. Maka hal seperti penurunan penjualan dapat teratasi dan pelanggan akan puas dengan pelayanan bisnis rice box milik kamu.

Siap Untuk Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Rice Box?

Kesimpulannya, untuk mengetahui dan menganalisis strategi mengatasi penurunan penjualan bisnis rice box, kamu perlu mengetahui beberapa aspek. Aspek tersebut seperti penyebab di balik menurunnya penjualan. Setelah itu, kamu dapat mengaplikasikan cara untuk mengatasinya.

Jika kedua aspek tersebut sudah dikuasai, maka bisnis rice box kamu dapat keluar dari penurunan penjualan dan akan selalu bersiap-siap untuk melakukan pencegahan apabila suatu hal buruk pada bisnis terjadi di masa depan.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips dan Analisis Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Rice Box!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​