Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Warteg

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Warteg

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Warteg

Warteg dan warung padang adalah dua usaha kuliner yang mudah kamu temui di mana mana. Tidak hanya di jawa, ekspansi warteg juga sudah mencapai Pulau Sumatera. Maraknya warteg juga meningkatkan persaingan baik dalam segi omset maupun pemilihan lokasi bisnis warteg. 

Baik saat merintis usaha warteg baru maupun mengembangkan cabang-cabangnya, faktor lokasi yang strategis sangat penting untuk usaha ini. Namun, apa sih faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis warteg?

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Warteg

Dekat dengan Target Pasar

Banyak tips mencari lokasi yang strategis bergantung pada keramaian daerahnya. Namun, memilih tempat yang ramai saja tidak cukup. Pilihlah tempat yang ramai dan sesuai dengan konsumen yang disasar. Contohnya jika target pasar kamu adalah pegawai kantoran, pilih lokasi yang dekat dengan banyak kantor sekaligus. Agar konsumen tidak hanya datang dari satu tempat. 

Sementara jika target konsumenmu adalah mahasiswa, carilah tempat yang dekat dengan wilayah kos mereka hingga sepanjang jalan menuju kampus. Jika target pasarmu adalah pedagang, maka pilihlah lokasi di dekat pasar. 

Contoh lain adalah pengelana antar kabupaten, kota bahkan provinsi. Kamu tentu akan memilih terminal bus, stasiun kereta, ataupun pelabuhan yang menjadi tempat berangkat dan pergi para pengelana tersebut.

Jelas setiap lokasi memiliki karakteristik konsumen masing-masing. Dengan mengetahui ini, kamu akan mudah mengestimasi kisaran harga jual dan pendapatan yang sesuai dengan karakter konsumen tersebut. 

Contohnya untuk mahasiswa, bisnis wartegmu tentu akan memasang harga yang lebih murah dibandingkan jika berada di wilayah perkantoran.

Berada di Jalan Raya

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis selanjutnya adalah dekat dengan jalan raya. Namun, tidak semua jalan raya bisa dikatakan strategis untuk membuka usaha. Meski ramai, ada jalan raya yang hanya dilewati oleh sedikit karakter konsumen. 

Contohnya, jalan raya yang menghubungkan provinsi dengan provinsi lain jauh lebih strategis dibandingkan jalan raya di dekat pemukiman. Ini karena jalan raya antar provinsi dilewati oleh orang-orang yang datang dari banyak arah. 

Dengan demikian, pilihlah jalan yang ramai dan dilewati oleh pengendara yang datang dari dan ke berbagai arah.

Jika sudah mendapat jalan raya yang sesuai, perhatikan lagi tempat-tempat disekitarnya. Jangan pilih tempat yang terlalu dalam dari bibir jalan, usahakan bisa dilihat dari kejauhan. 

Selain itu, perhatikan tempat disekitarnya. Apakah ada minimarket ataupun pom bensin sebagai pemberhentian para pengendara. Tempat pemberhentian tersebut bisa membuat para pengendara ingin beristirahat lebih lama dan mampir ke warteg kamu.

Sewa Tempat yang Relatif Murah

Ingatlah usaha warteg memiliki ciri khas dengan harganya yang murah. Sehingga jangan sampai memilih tempat dengan harga sewa yang mahal. Perhatikan juga potensi daya belinya. 

Pastikan daya beli selalu lebih besar dari sewa tempat. Contohnya, hindari membuka usaha warteg di dalam mall karena harga sewanya tentu tinggi. 

Lokasi di lingkungan yang Bersih

Jika sewa tempatnya relatif murah, perhatikan kebersihan daerah sekitarnya. Seperti, apakah ada kali di dekat tempat tersebut. Ada baiknya memilih daerah yang jauh dari genangan air agar menjauhkan makanan dari binatang-binatang seperti lalat, nyamuk bahkan tikus. 

Tetap prioritaskan kebersihan meskipun kamu mendapati tempat strategis di jalan raya tapi sayangnya dekat dengan kali.

Terdapat Lahan Parkir

Tidak perlu luas, lahan parkir setidaknya cukup untuk beberapa motor. Mengingat pelanggan tetap warteg adalah mereka yang berasal dari ekonomi menengah kebawah. Meski tidak luas, namun lahan parkir tetap harus kamu perhatikan.

Contohnya untuk para ojek online, mahasiswa yang tempat kosnya jauh, atau pedangan pasar yang mobilisasinya lebih banyak dengan motor. 

Faktor Keamanan Tempat

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis selanjutnya adalah keamanan tempat. Hal ini tidak hanya penting bagi usaha warteg, namun juga keamanan pelanggan. Keamanan ini mencakup stuktur tempat usaha yang kokoh, maupun aman dari tindak kejahatan di publik.

Beberapa jalan raya, lingkungan kos mahasiswa, maupun wilayah perkantoran ada yang rawan terhadap begal. Meski begal kebanyakan beroperasi pada malam hari, jauhilah markas-markas begal. 

Jangan sampai warteg kamu malah menjadi tempat berkumpul para begal sebelum beraksi. Selain itu, pastikan juga daerah sekitarmu tidak menjadi sasaran empuk pencopet untuk melarikan diri. Terutama jika memilih daerah pasar.

Tingkat Kompetisi

Terakhir, jangan lewatan tingkat kompetisi antar usaha warteg di daerah yang ingin kamu pilih. Berhadapan langsung dengan kompetitor tidaklah mudah. Pemilik usaha harus memiliki kepercayaan diri dan kekhasan yang membedakannya dengan kompetitor untuk tetap bisa menarik konsumen

Namun berbeda jika tempat tersebut dikelilingi oleh usaha kuliner lain. Mereka bukanlah kompetitor. Usaha kuliner lain justru akan memberikan dampak baik bagi bisnis warteg. Sebab seorang pembeli akan memiliki pilihan saat lapar. 

Lokasi strategis tidak bisa kamu pandang sebelah mata dalam usaha warteg. Jika kamu memiliki lahan untuk dibangun warteg tanpa perlu menyewa. Pastikan lahan tersebut memenuhi beberapa faktor kriteria di atas. Sebab akan sia-sia modal yang kamu keluarkan jika hanya mengandalkan lahan gratis yang sudah orang lain miliki.

Mengetahui faktor-faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis ini juga akan mempengaruhi omset. Semakin ramai oleh target pasar makan akan semakin tinggi omsetnya. Tidak hanya itu, lokasi juga menentukan jam operasional yang tepat bagi bisnis warteg.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Warteg

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​