Home » Strategi-bisnis » Rekomendasi Core Value dan Added Value Bisnis Kosmetik

Rekomendasi Core Value dan Added Value Bisnis Kosmetik

Rekomendasi Core Value dan Added Value Bisnis Kosmetik

Mengembangkan sebuah bisnis kosmetik merupakan hal yang membutuhkan banyak persiapan. Salah satu hal mendasar yang perlu dipersiapkan dalam mengembangkan bisnis kosmetik adalah menentukan core value dan added value. 

Supaya, bisnis kosmetik kamu memiliki nilai yang jelas untuk ditawarkan kepada para target konsumen potensial yang berpeluang untuk membeli produk kosmetik kamu. Lalu, apa saja rekomendasi core value dan added value terbaik pada brand kosmetik? Simak di sini!

Rekomendasi Core Value Bisnis Kosmetik

Berbeda dengan added value, core value merupakan nilai-nilai utama yang dijunjung selama menjalankan bisnis kosmetik. Core value ini bersifat umum, sehingga banyak bisnis kosmetik yang memiliki core value yang sama. Berikut adalah 3 core value yang dapat kamu terapkan pada bisnis kosmetik kamu:

Mengutamakan Kualitas

Kualitas merupakan salah satu hal yang penting pada bisnis kosmetik. Hal ini dikarenakan, bisnis kosmetik merupakan bisnis yang sangat berorientasi pada produk. Produk kosmetik merupakan produk yang digunakan langsung di badan, sehingga memiliki resiko iritasi tinggi apabila kualitasnya tidak dijaga baik.

Adapun beberapa cara untuk menjaga kualitas produk kosmetik tetap baik adalah:

  • Menggunakan formulator yang handal dibidangnya. Kamu bisa bekerja sama dengan formulator kosmetik berlatar belakang pendidikan farmasi untuk membuat produk kamu.
  • Menerapkan sistem quality control selama proses produksi dari bahan baku hingga produk jadi. Kamu dapat mempelajari sistem quality control di sini.
  • Menjaga kebersihan selama proses produksi.

Pelanggan sebagai Kunci Bisnis

Mengutamakan kepentingan pelanggan merupakan salah satu kunci kemajuan suatu bisnis. Oleh karena itu, dalam bisnis kosmetik, kamu harus memberi pelayanan yang optimal serta mengutamakan kepentingan pelanggan. Kamu juga harus memiliki sikap profesional dalam melayani pelanggan.

Untuk mempelajari sistem pelayanan pelanggan yang baik, kamu dapat menyimak video ini. Namun, kamu juga dapat mengikuti pelatihan dari lembaga pelatihan, seperti Value Consult Training dan lain sebagainya.

Melakukan Inovasi Berkelanjutan

Terus menerus melakukan inovasi pada bisnis kosmetik adalah core value yang harus dimiliki. Hal ini dikarenakan, perkembangan tren kosmetik di Indonesia bahkan dunia sangatlah dinamis dan cepat sekali berganti. 

Dengan melakukan inovasi berkelanjutan, maka bisnismu akan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Untuk melakukan inovasi, kamu dapat melakukan riset produk kosmetik apa saja yang sedang trend. Riset tersebut dapat kamu lakukan melalui:

  • Beauty Influencer seperti Tasya Farasya, Suhay Salim, atau Nanda Arsyinta.
  • Akun sosial media khusus kecantikan seperti Beauty Haul Indonesia.
  • Melalui website khusus penjualan produk kecantikan, seperti Sociolla dan Female Daily Network.

Rekomendasi Added Value Bisnis Pakaian

Setelah menyimak contoh-contoh core value, kamu juga perlu mengetahui added value dalam bisnis kosmetik yang membuat keunikan tersendiri pada brand. Sehingga, antara bisnis kosmetik satu dan lainnya bisa memiliki added value yang berbeda. Berikut adalah 3 contoh added value terbaik pada bisnis kosmetik:

Produk Natural 

Salah satu added value yang banyak brand kosmetik gunakan adalah klaim produk natural. Produk natural di sini berarti produk terbuat dari bahan alami dan minim penggunaan bahan kimia. Produk natural banyak konsumen cari mengingat banyak orang yang mengalami masalah kulit sensitif.

Dari berbagai brand kosmetik, sudah terbukti bahwa brand dengan klaim produk natural memiliki pasar yang cukup luas dan penjualan yang tinggi. Produk-produk tersebut, antara lain Nature Republic, Mineral Botanica, Npure, Juice Beauty, dan lain sebagainya. 

Konsep Sustainable

Isu lingkungan saat ini menjadi topik yang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat. Sehingga, banyak produk kosmetik yang membuat klaim sustainable yang berarti memiliki dampak yang minim terhadap lingkungan baik selama proses produksi hingga kemasannya.

Brand dengan klaim sustainable atau eco-friendly ini tidak hanya memiliki dampak buruk yang minim terhadap bumi, namun juga terbuat dari bahan-bahan alami. Beberapa brand atau merek yang melakukan klaim sustainable terhadap lingkungan adalah Sukin, Bhumi, dan Oasea Laboratories.

Animal Cruelty Free

Dalam mengembangkan produk kosmetik, para formulator kebanyakan akan melakukan testing pada hewan untuk melihat tingkat keamanannya. Namun, hal tersebut terkadang kurang disukai oleh sebagian orang pecinta binatang. Sehingga, saat ini banyak bermunculan produk kosmetik dengan klaim animal cruelty free.

Produk dengan klaim animal cruelty free ini tidak menggunakan hewan apapun sebagai bahan percobaan. Untuk menguji keamanan produk, mereka akan menggunakan media lainnya, seperti replika kulit atau kultur sel yang tidak menyakiti hewan.

Beberapa produk dengan klaim animal cruelty free juga terbukti memiliki pasar yang luas di pasaran. Produk kosmetik terkenal yang memiliki klaim animal cruelty free, antara lain Skin Dewi, Sensatia Botanicals, Lacoco, dan Rose All Day.

Tentukan Core Value dan Added Value Bisnis Kosmetik Kamu!

Berikut tadi adalah contoh core value dan added value dalam bisnis kosmetik yang menjadi salah satu cara untuk memajukan brand kosmetik kamu dengan cara menerapkannya pada brand. Oleh karena itu, segera buat core value dan added value bisnis versi terbaik kamu, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Rekomendasi Core Value dan Added Value Bisnis Kosmetik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​