Home » Strategi-bisnis » 5 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan pada Bisnis Cuci Mobil

5 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan pada Bisnis Cuci Mobil

5 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan pada Bisnis Cuci Mobil

Penurunan penjualan merupakan hal yang wajar terjadi di dunia bisnis cuci mobil. Para pebisnis harus memahami hal ini dan tahu strategi mengatasi penurunan penjualan secara efektif. 

Tidak perlu panik dulu jika bisnis cuci mobil mengalami penurunan jumlah pelanggan dan penjualan. Ini merupakan kondisi yang wajar terjadi dan harus dihadapi dengan langkah yang bijak. 

Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan

Sebagai pebisnis, kamu sebaiknya tahu bahwa kondisi pasar tidak akan selalu sama. Apalagi untuk jenis bisnis cuci mobil dimana produk yang dijual bukan merupakan kebutuhan utama. 

Meskipun mengalami penurunan, kamu bisa tetap bertahan dengan strategi yang tepat. Berikut ini 5 strategi yang bisa diterapkan saat penjualan bisnis mengalami penurunan:

Lakukan Analisis Tren Pasar 

Langkah pertama, coba kamu lakukan analisis tren pasar terlebih dahulu. Naik turunnya angka penjualan bisnismu pasti akan dipengaruhi oleh tren yang berlaku di pasar. 

Analisis ini akan membantu kamu untuk tahu apa sebenarnya yang menyebabkan penurunan penjualan. Kondisi pasar seperti apa yang membuat bisnis cuci mobil jadi lebih sepi dari biasanya. 

Di sini kamu juga harus lebih fokus pada target konsumen yang dimiliki bisnismu. Jauh lebih mudah jika kamu langsung melakukan analisis ke target konsumen yang jelas.

Cari tahu apa sebenarnya yang mempengaruhi perilaku konsumen sehingga tidak membutuhkan jasa cuci mobil sesering biasanya. Ini bisa jadi acuan untuk mengubah konsep bisnis atau menjalankan strategi lain yang efektif. 

Lakukan Analisis Kompetitor

Selain analisis tren pasar, kamu juga harus melakukan analisis kompetitor. Ini juga merupakan tahap yang sangat penting karena membantu bisnismu untuk bertahan dan bisa lebih unggul dari kompetitor. 

Perlu dipahami bahwa penurunan penjualan bisnis bisa saja disebabkan oleh adanya peran kompetitor. Jika kompetitor memberi penawaran dan pelayanan yang lebih baik maka besar kemungkinan konsumen akan beralih. 

Dari kompetitor kamu bisa belajar banyak hal. Kamu bisa tahu apa yang mereka lakukan hingga bisa mendapatkan peningkatan penjualan. Cobalah untuk mengadopsi strategi tersebut meskipun memang tidak bisa ditiru sepenuhnya. 

Tetap sesuaikan dengan konsep bisnismu dan jalankan strategi yang mungkin bisa jauh lebih baik dari apa yang sudah diterapkan kompetitor. 

Tingkatkan Strategi Marketing

Jika penjualanmu menurun maka cobalah untuk lebih giat lagi melakukan marketing. Tingkatkan strategi marketing dengan menambah intens usaha pemasaran di setiap platform. 

Kamu sebaiknya punya catatan khusus untuk merekam strategi marketing apa saja yang sudah kamu lakukan. Jika penjualan menurun, maka beralihlah dari strategi yang lama dan cari jalan baru. 

Selain meningkatkan intensitas marketing di satu platform, kamu juga sebaiknya menambah platform marketing yang digunakan. Jika sebelumnya kamu fokus melakukan pemasaran di media sosial maka perluas ke platform yang lain. 

Misalnya melalui website atau bisa juga dengan mencoba strategi marketing secara offline dan konvensional. Seperti lewat spanduk, poster, dan lain sebagainya.  

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Salah satu strategi mengatasi penurunan penjualan yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Apalagi jenis bisnismu adalah cuci mobil dimana pelayanan akan menjadi poin utama yang menentukan minat konsumen.

Usahakan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, berkualitas, dan mengutamakan konsumen. Ini akan menjadi nilai plus tersendiri untuk bisnis yang kamu jalankan. 

Masyarakat zaman sekarang ini semakin cerdas. Apalagi jika harus memilih layanan jasa seperti pencucian mobil. Mereka akan berusaha untuk mencari yang terbaik dengan kualitas pelayanan yang memuaskan.

Jadi silakan lakukan evaluasi mengenai pelayanan yang sudah kamu berikan. Cari mana letak kekurangannya lalu tingkatkan dari berbagai sisi. 

Berikan Penawaran Menarik

Jangan ragu untuk memberikan penawaran menarik kepada para pelanggan. Target konsumen bisnismu pasti akan merasa lebih tertarik jika mereka menerima penawaran yang menguntungkan. 

Cara termudah adalah dengan memberikan penawaran berupa harga promo, diskon, dan bonus lainnya. Ini pasti akan meningkatkan minat para konsumen sehingga angka penjualan semakin tinggi. 

Saat menentukan jenis penawaran apa yang bisa diberikan kepada konsumen, perhatikan dulu target pasarmu. Misalnya, kamu punya fasilitas cuci mobil dilengkapi tempat tunggu yang menyerupai working space dan menargetkan millennial serta gen Z. 

Berarti kamu bisa memberikan penawaran yang relevan, misalnya potongan harga jika membayar dengan e-wallet atau penawaran lain yang cocok dengan golongan usia mereka. 

Tingkatkan Penjualan dengan Strategi yang Tepat!

Saat angka penjualan menurun, kamu tidak seharusnya panik atau bahkan menyerah. Jadikan ini sebagai titik balik untuk meningkatkan pendapatan bisnismu lebih jauh lagi. 

Kamu harus menganggap ini sebagai penyemangat dan mulailah dengan melakukan analisis serta evaluasi. Selanjutnya kamu baru bisa menyusun langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan. 

Bisnis cuci mobil sangat potensial untuk dikembangkan lebih jauh lagi. Kamu juga punya peluang untuk meningkatkan penjualan mengingat target konsumen bisnis ini cukup luas. Setelah menjalankan beberapa strategi yang kamu anggap tepat, jangan lupa lakukan monitoring dan evaluasi agar bisa membuahkan hasil. 

Banyak strategi mengatasi penurunan penjualan yang sebenarnya bisa kamu lakukan. Kunci pentingnya kamu harus memahami konsep bisnismu terlebih dahulu. Pahami juga sejauh apa bisnismu sudah berjalan dan kemana ingin diarahkan. 

Kamu juga harus punya target, berapa peningkatan penjualan yang diharapkan. Jadi kamu bisa mengukur seberapa bagus tingkat keberhasilan strategi yang sudah diterapkan.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis cuci mobil kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan pada Bisnis Cuci Mobil

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​