Home » Strategi-bisnis » Cara Membuat Slogan Bisnis Kosmetik yang Menarik

Cara Membuat Slogan Bisnis Kosmetik yang Menarik

Cara Membuat Slogan Bisnis Kosmetik yang Menarik

Slogan merupakan salah satu kekuatan branding pada bisnis kosmetik. Dengan adanya slogan, maka sebuah bisnis kosmetik akan memiliki identitas dan lebih mudah dikenal target pasar. Namun, terkadang para pebisnis masih kebingungan untuk membuat slogan bisnis yang unik dan menarik. Maka, simak tipsnya di sini!

Tips Membuat Slogan Unik untuk Bisnis Kosmetik

Slogan merupakan sebuah kalimat singkat yang digunakan brand kosmetik untuk menarik minat pembeli. Oleh sebab itu, pada proses pemilihan katanya tidak boleh sembarangan dan wajib mencerminkan identitas bisnis. Untuk membuat slogan yang unik dan menarik, ini hal yang harus kamu perhatikan:

Kenali Target Pasar Bisnis

Target pasar sebuah bisnis kosmetik akan sangat menentukan jenis slogan yang dibuat. Ada banyak target pasar bisnis kosmetik, mulai dari remaja, dewasa menengah ke atas, dewasa menengah, dan sebagainya. Kamu dapat menentukan target pasar tersebut untuk membuat slogan.

Target pasar remaja akan membutuhkan slogan yang mudah diingat dan dengan kata-kata interaktif. Sementara itu, target dewasa menengah ke atas membutuhkan slogan yang elegan dan nampak mewah. Sedangkan, target pasar menengah membutuhkan slogan yang ramah, namun tampak elegan.

Berikut adalah beberapa contoh slogan kosmetik terkenal berdasarkan target pasarnya:

  • Emina Cosmetics untuk target pasar remaja dengan slogan “Your beauty bestie, for skincare, makeup and more”.
  • SK-II Cosmetics untuk target pasar dewasa menengah ke atas dengan slogan “Real. Unscripted. Raw. Just PITERA and Me”.
  • Wardah Cosmetics untuk target pasar dewasa menengah dengan slogan “Feel The Beauty”.

Buat Slogan dengan Kalimat Sederhana dan Tidak Ambigu

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah membuat slogan dengan kalimat yang sederhana dan menghindari keambiguan. Hal ini dikarenakan, slogan bisnis kosmetikmu akan sangat sering ditampilkan untuk media promosi. Jadi, pastikan para calon pelanggan bisa membacanya dengan mudah.

Adapun beberapa tips untuk membuat kalimat slogan sederhana adalah:

  • Pilih kalimat paling sederhana, hindari kalimat resmi yang terlalu intelek. Misalnya, pilih kata Beauty dibandingkan Gorgeousness, atau pilih kara Cantik daripada Menawan
  • Hindari pemilihan kata yang nampak sulit diucapkan, seperti “”kesederhanaanya”. 
  • Hindari kata bermakna ganda, seperti kata “Tahu” yang bisa berarti mengerti atau berarti makanan.

Salah satu brand kosmetik yang membuat slogan dengan sederhana adalah Make Over Cosmetics dengan slogan “Beauty Beyond Rules”.

Fokus Pada Keunggulan Produk

Setiap brand kosmetik pasti memiliki satu keunggulan yang dijadikan sebagai kekuatan produk. Sebagai pebisnis, kamu dapat menyertakan keunggulan tersebut pada slogan produk yang akan kamu jual. Hal tersebut akan membantu kamu dalam membangun identitas dan brand awareness dari suatu produk kosmetik.

Beberapa keunggulan produk yang biasanya dapat ditampilkan adalah produk natural, produk halal, produk untuk kulit sensitif, produk ramah lingkungan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa contoh slogan bisnis kosmetik yang mengedepankan keunggulan produk alami:

  • ESQA Cosmetics dengan slogan “Glamorously Natural”.
  • Avoskin Beauty dengan slogan “Inspired by Nature, Created from Nurture”.
  • Azarine Cosmetics dengan slogan “Essentially Formulated For Your Skin with Full Of Natural-loving Ingredients”.
  • Nature Republic dengan slogan “Your Journey to Nature, Starts Here”.

Gunakan Permainan Diksi yang Menarik

Memilih permainan diksi yang menarik merupakan salah satu cara agar slogan bisnis kosmetik kamu bisa diingat oleh banyak orang. Permainan diksi di sini bisa berupa akhiran huruf vokal yang sama pada dua kalimat slogan. 

Bisa juga penggunaan kosa kata yang mirip hingga penggunaan kosa kata yang sama dengan arti berbeda.

Sudah banyak bukti bahwa permainan diksi pada slogan mampu menaikkan popularitas suatu produk kosmetik. Berikut adalah beberapa brand kosmetik yang memiliki slogan dengan permainan serta kombinasi diksi yang menarik:

  • Maybelline Cosmetics dengan slogan “Maybe It’s Maybelline”. Slogan ini bahkan melekat pada orang yang tidak menggunakan kosmetik sekalipun.
  • Somethinc Cosmetics dengan slogan “Be You, Be Somethinc”.
  • Avoskin Beauty dengan slogan “Inspired by Nature, Created from Nurture”.
  • Secondate Beauty dengan slogan “Your Story is Your Beauty”.

Gunakan Bahasa yang Sesuai dengan Branding Produk

Tips terakhir adalah menggunakan bahasa sesuai dengan branding produk. Bahasa akan sangat mempengaruhi pangsa pasar dari sebuah produk. Rata-rata brand kosmetik saat ini menggunakan slogan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.

Slogan dengan bahasa Indonesia dapat kamu gunakan apabila target pasar bisnismu hanya di Indonesia dan belum ada rencana ekspansi produk. Namun, jika target pasarmu adalah target pasar internasional dan kamu sedang menggalakkan ekspansi produk, sebaiknya kamu menggunakan bahasa Inggris.

Salah satu contoh produk yang berekspansi adalah Purbasari Kosmetik. Beberapa tahun lalu, slogan Purbasari adalah “Kulit Sehat Cantik Sepanjang Hari”. Namun, saat ini berubah menjadi “Meet Your True Mate”.

Ayo, Kreasikan Slogan Bisnis Kosmetik Kamu Sekarang!

Berikut tadi merupakan tips dan cara untuk membuat slogan pada bisnis kosmetik. Slogan merupakan salah satu kekuatan untuk memperkenalkan bisnis kosmetik kamu ke banyak orang. Oleh karena itu, buat slogan bisnis kosmetik kamu semenarik dan seunik mungkin, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Membuat Slogan Bisnis Kosmetik yang Menarik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​