Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Budget Promosi dengan Mudah untuk Bisnis Sepatu Anak

Cara Menentukan Budget Promosi dengan Mudah untuk Bisnis Sepatu Anak

Cara Menentukan Budget Promosi dengan Mudah untuk Bisnis Sepatu Anak

Pesatnya perkembangan usaha fashion untuk bayi dan anak termasuk bisnis sepatu anak membuat berbagai bisnis di bidang tersebut menghasilkan keuntungan yang fantastis. Lantas, bagaimana cara menentukan budget promosi untuk bisnis sepatu anak yang sedang kamu jalankan?

Faktor pendorong besarnya pasar tersebut adalah naluri orang tua yang ingin melihat anaknya berpenampilan menarik mulai dari topi, baju, celana, hingga sepatunya. Walaupun memiliki pasar yang menjanjikan, persaingan yang ada dalam bisnis sepatu anak juga tergolong ketat. 

Salah satu permasalahan yang dialami oleh bisnis UMKM di Indonesia untuk dapat bersaing dengan perusahaan besar adalah pemasaran. Melakukan perluasan pasar dapat dilakukan dengan menyusun strategi promosi.

Tahukah kamu dalam menjalankan bisnis diperlukan budget promosi secara khusus? Budget promosi berperan dalam hal meningkatkan pendapatan, menjaga eksistensi serta memperluas pengenalan produk. Simak ulasan terkait penentuan budget promosi untuk usaha sepatu anak, yuk!

Cara Menentukan Budget Promosi dengan Mudah

Budget promosi menjadi peluang bagi sebuah bisnis sepatu anak untuk mendapatkan awareness produk dari pasar, menciptakan kepercayaan pasar dan kemudian komunikasi akan terbangun untuk pengembangan bisnis tersebut.

Alokasi biaya promosi suatu produk biasanya masuk ke dalam anggaran pemasaran. Biaya tersebut akan bergantung pada jenis produk dan kondisi pasar. Tidak terdapat standar besarnya biaya promosi karena bergantung pada jenis promosi dan alat yang dimanfaatkan dalam melakukan promosi.

Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk menentukan budget promosi dengan mudah yaitu:

Pendekatan Marginal

Menurut metode ini, jumlah pengeluaran suatu perusahaan atau bisnis dihitung dan biaya promosi yang ideal ditentukan dengan rumus Marginal Revenue = Marginal Cost (MR=MC).

Metode Breakdown

Pada metode ini, penentuan budget promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, budget promosi ditentukan berdasarkan persentase penjualan tertentu atau pecentage of sales approach. Sebagai contoh, budget promosi didasarkan dari penjualan tahun 2021, prediksi penjualan tahun 2023 atau dari harga jual.

Kedua, budget promosi ditentukan dari kemampuan keuangan bisnis itu sendiri atau affordable method. Hal ini berarti budget akan bergantung pada keputusan yang ditetapkan oleh pemilik usaha.

Ketiga, budget promosi dikategorikan sebagai investasi sehingga jumlahnya ditentukan dari perbandingan return yang diharapkan dengan return yang diinginkan atau return on investment approach.

Keempat, budget promosi didasarkan oleh budget promosi yang dikeluarkan oleh kompetitor. Umumnya, untuk menjaga harga pasar maka budget promosi antar perusahaan sejenis merupakan kebijakan kolektif dari sebuah industri.

Metode Build Up

Cara menentukan budget promosi juga bisa dilakukan dengan menentukan bagaimana kegiatan promosi yang akan dilakukan dan apa tujuannya. Dengan menentukan hal tersebut, maka biaya promosi akan diplot sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Cara Kreatif untuk Promosi Bisnis Sepatu Anak

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara mudah menentukan budget promosi bisnis sepatu anak yang sedang kamu jalankan, kamu juga perlu tahu bagaimana cara promosi yang kreatif agar bisnis sepatu anak kamu semakin berkembang. Berikut beberapa cara yang bisa jadi inspirasi kamu!

Manfaatkan Marketplace yang Ada

Saat ini marketplace bukanlah hal yang asing lagi. Marketplace bisa menjadi wadah utama kamu dalam mempromosikan produk yang kamu jual. Ada berbagai marketplace yang potensial untuk mengembangkan bisnis kamu tanpa modal yang banyak. Sebelumnya, kamu perlu menentukan marketplace apa saja yang akan menjadi media promosi produkmu. 

Sesuaikanlah marketplace yang dipilih dengan target pasar. Buatlah foto produk yang menarik dan tambahkan keterangan yang detail untuk setiap produk yang diiklankan. Menarik bukan?

Manfaatkan Jasa Influencer Terkenal 

Saat ini, tren peran influencer di berbagai media sosial tidak dapat dipungkiri lagi. Influencer diklaim dapat meningkatkan pendapatan suatu bisnis karena produk yang dipromosikannya. Kamu dapat memanfaatkan jasanya untuk meningkatkan penjualanmu.

Influencer sendiri dapat diartikan sebagai seseorang yang mempunyai banyak pengikut di media sosialnya seperti Instagram, Facebook atau Youtube. Pilihlah influencer yang sesuai dengan produk yang kamu pasarkan dan jalinlah kerjasama dengannya.

Menggunakan Media Sosial

Jangan lupa untuk mendaftarkan merk bisnismu pada platform media sosial ya! Saat ini media sosial menjadi salah satu produk perkembangan teknologi yang ampuh untuk promosi. 

Sebelum membuat keputusan pembelian, biasanya calon konsumen akan melihat-lihat produk kamu melalui media sosial. Unggahlah foto-foto produk kamu dilengkapi dengan keterangan yang menarik dan mendetail. Buatlah profil bisnis semenarik mungkin di media sosial agar calon konsumen yakin terhadap produkmu.

Menggunakan Brosur Sebagai Promosi

Promosi menggunakan brosur bukanlah cara yang ketinggalan zaman, lho! Saat ini masih banyak dijumpai penggunaan brosur untuk media promosi. Kamu dapat mencobanya untuk meningkatkan penjualanmu. 

Buatlah brosur yang menarik dan detail sesuai dengan target pasar kamu kemudian bagikan brosur di tempat-tempat yang strategis. Untuk bisnis sepatu anak, kamu bisa membagikannya di tempat-tempat yang banyak orangtuanya seperti sekolah, tempat les dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa cara menentukan budget promosi dan jenis promosi yang bisa diterapkan untuk mengembangkan bisnis sepatu anak. Kamu hanya perlu mengikuti cara-cara di atas dan menerapkannya pada bisnis sepatu untuk anak milikmu. Selamat mencoba!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis sepatu anak kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Budget Promosi dengan Mudah untuk Bisnis Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​