Home » Strategi-bisnis » Kepoin 11 Kunci Sukses Bisnis Sabun Organik, Yuk!

Kepoin 11 Kunci Sukses Bisnis Sabun Organik, Yuk!

Kepoin 11 Kunci Sukses Bisnis Sabun Organik, Yuk!

Kunci sukses bisnis sabun organik merupakan hal yang harus kamu ketahui jika ingin serius menggelutinya. Dengan begitu, kamu bisa memajukan bisnismu dan memeroleh keuntungan berlimpah lewat penjualan tanpa henti. 

Memang dalam meraih kesuksesan tidaklah mudah. Namun melihat kondisi pasar yang kini marak menaruh minat pada sabun organik, akan sia-sia jika kamu melewatkan kesempatan untuk sukses. Maka dari itu, langsung saja ketahui cara menyukseskan bisnis ini!

11 Kunci Sukses Bisnis Sabun Organik

Ketahuilah, untuk sukses dalam menjalankan bisnis sabun organik, kamu tidak cuma perlu menyediakan bahan baku, meraciknya, lalu memotong batangan sabun. Namun, kamu pun perlu menerapkan beberapa hal berikut ini:

Sangat Mendalami Produksi Sabun

Metode pembuatan sabun organik tersedia dalam banyak varian, namun yang umum adalah hot process dan cold process. Nah, sebagai pengusaha sabun organik, kamu sangat wajib mendalami segala metode pembuatan tersebut.

Jika kamu kewalahan untuk mempelajarinya secara otodidak, maka tidak perlu malu untuk berguru pada ahlinya. Kamu bisa mengikuti forum pengusaha sabun organik atau dengan mengikuti kursus baik secara online maupun tatap muka langsung.

Dengan mendalami pembuatan sabun organik, maka kamu bisa memproduksi sabun berkualitas, melakukan training pada pegawai produksi, dan tentunya bisa membuat formulasi khusus sebagai inovasi supaya lebih unggul daripada kompetitor. 

Mengidentifikasi Niche atau Konsumen 

Bisnis sabun organik milikmu belum mengalami perkembangan secara signifikan? Mungkin kamu belum mengidentifikasi niche atau para pembeli dengan benar. Jadi, segera lakukan identifikasinya. 

Jadi, temukan konsumenmu dengan melakukan penyortiran minat. Misalnya, kamu bisa membidik konsumen sabun organik lewat minat pada perawatan kulit atau, kegemaran melakukan self-care, atau interest pada perbaikan lingkungan. 

Menjaga Branding Bisnis Sabun Organik

Semua bisnis wajib memiliki branding. Di dalam branding tentu saja terdapat ‘nama’ bisnis sabun organik yang harus dijaga dengan baik. Nah, untuk menjaga nama brand, maka lakukan prinsip di bawah ini:

  1. Tidak plagiat brand bisnis lain yang telah terdaftar.
  2. Dilarang menyertakan SARA di dalam barang.
  3. Harus unik, namun sederhana untuk diucapkan maupun ditulis.

Sebenarnya, cara terbaik untuk membubuhkan brand pada bisnis sabun organik milikmu adalah lewat menamainya menggunakan namamu. Dengan begitu, produk akan memiliki personal branding yang unik.

Pilih Prioritas

Kunci sukses bisnis sabun organik yang satu ini ada dua, yakni dengan menurunkan pengeluaran bisnis atau menaikkan harga produk. Memang, masing-masing pilihan ini memiliki plus dan minus.

Apabila kamu memprioritaskan pilihan pertama, maka persediaan sabun adalah bagian pertama dari biaya tetap dan kamu pun harus menemukan supplier yang bisa menyediakan bahan baku murah berkualitas.

Jika kamu memprioritaskan pilihan kedua, maka pastikan sudah memiliki pasar dan tingkat pembelian yang stabil. Sebenarnya pilihan kedua ini tidak disarankan untuk bisnis sabun organik yang baru saja mulai.

Menetapkan Harga dengan Tepat

Memang cara satu ini terasa rumit. Namun tidak perlu risau selama kamu mengetahui teori penetapan harga. Dalam artikel ini tidak akan membahas tentang teori tersebut, namun intisarinya saja seperti prinsip penetapan harga berikut:

  1. Selalu patok 10% lebih tinggi dari titik harga rata-rata niche bisnismu.
  2. Pastikan sesuai dengan 3 kali biaya bahan baku nyata.

Nah, dua cara di atas bisa memastikan bisnis sabun organik tetap sukses. Namun, kamu wajib menentukan cara sebelumnya yakni kedua dan keempat sebelum menetapkan harga sabun organik. 

Kemas Sabun Organik dengan Baik

Kemasan sangat penting bagi brand sabun organik. Mayoritas pembeli pun akan berkesan jika kemasan sabun menarik. Maka dari itu, cari tahu selera niche dalam memilih kemasan sabun. Misalnya saja dengan menilik brand terkenal favorit mereka.

Mengidentifikasi Tempat Terbaik untuk Menjajakan Sabun Organik

Demi kesuksesan bisnis sabun organik, kamu wajib menjual semua produk sabun yang berhasil diproduksi. Nah, bergantung pada preferensi dan modal bisnis, kamu bisa memilih opsi tempat seperti di bawah ini:

  1. Ruko atau toko pribadi.
  2. Toko fisik dan mal.
  3. Toko online di website resmi.
  4. Toko online di e-commerce khalayak umum.
  5. Toko online di e-commerce khusus barang kerajinan.

Dimanapun kamu memilih tempat penjualan sabun organik, sebaiknya jangan lupa pajang produk tersebut pada berbagai titik penjualan. Ini berguna supaya orang-orang bisa mengenali produk sabun organik milikmu dengan cepat.

Mematuhi Regulasi

Ini merupakan aspek krusial yang sebaiknya kamu persiapkan dengan baik supaya tidak terjebak dalam masalah hukum. Sebab, menjual sabun organik pun memerlukan legalitas. 

Jadi, patuhi seluruh regulasi hukum berkaitan dengan bisnis. Misalnya saja dalam logo dan brand sebaiknya tidak memplagiasi merek terdaftar lainnya. Begitupun soal keamanan produk, pastikan memiliki sertifikasi legal.

Mempertahankan Pemasaran

Pemasaran merupakan tombak utama bisnis sabun organik milikmu. Semakin buruk pemasaran, maka semakin layu bisnismu. Hal ini pun berlaku sebaliknya. Dengan begini, selalu upayakan untuk mempertahankan pemasaran

Untuk zaman sekarang, pemasaran dapat dilakukan dengan mudah, yakni melalui jalan online. Jadi, gunakan media sosial, website, blog, iklan internet, dan lain sebagainya secara optimal. Sebab, selain hemat biaya, pemasaran online pun efektif.

Konsisten pada Rencana Bisnis 

Membuat perencanaan bisnis merupakan suatu keharusan. Dengan begitu perjalanan bisnis sabun organik milikmu bisa memiliki acuan. Nah, karena acuan adalah pedoman, maka patuhilah rencana bisnis yang telah kamu buat supaya bisa sukses.

Terus Belajar

Bisnis pun tergolong dalam siklus kehidupan. Dengan begitu, kamu sebagai pelakunya pun memerlukan pembelajaran secara kontinyu dan tentunya berimprovisasi bisnis secara konstan. 

Mari Sukseskan Bisnis Sabun Organik!

Kini kamu telah mengetahui 11 kunci sukses bisnis sabun organik. Mudah atau sulitnya penerapan kunci kesuksesan tersebut sebaiknya diiringi dengan niat pantang menyerah. Jadi, ayo lawan pesimismu dan segera sukseskan bisnis sabun organik!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis sabun organik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kepoin 11 Kunci Sukses Bisnis Sabun Organik, Yuk!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​