10 Hobi yang Menghasilkan Uang, Apakah Hobi Kamu Termasuk?

Hobi yang menghasilkan uang

Mengisi waktu luang dengan melakukan hobi tentu terasa mengasyikan. Apalagi jika hobi yang menghasilkan uang.

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Pasti kamu sudah tidak asing dengan kutipan populer di atas, dong?

Melakukan hal yang disukai dan mendapatkan bonus berupa penghasilan tentu akan membuatmu lebih menikmati hobi yang dilakukan. 

Lalu, apa saja hobi yang menghasilkan uang? Dan bagaimana cara mengembangkannya menjadi sebuah bisnis?

Simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

1. Memasak

Memasak merupakan salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang. Hobi tidak hanya bisa ditekuni oleh wanita, pria pun bisa, lho.

Jika kamu hobi memasak dan menganggapnya serius, hal ini bisa menjadi salah satu cara sukses untukmu menghasilkan uang, lho.

Bagaimana caranya?

Kamu bisa memulainya dengan membuat bisnis katering, restoran, bisnis kue, snack, dan lain sebagainya

Belum cukup percaya diri untuk membuka usaha makanan besar-besaran? Tenang, kamu bisa memulainya dengan membuka usaha secara online

Untuk mulai menekuni hobi ini, kamu harus lebih rajin untuk eksplor resep-resep terbaru. Dengan begitu, kemampuan memasakmu akan terus terasah.


2. Menulis

Kamu hobi menulis? Sayang banget kalau tulisan kamu hanya disimpan saja. 

Meskipun terdengar sepele, menulis bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar, lho. 

Jika kamu gemar menulis cerita fiksi, seperti novel dan cerpen, jangan ragu untuk mengirim naskah yang telah kamu buat ke penerbit. Dan menariknya, kamu tak perlu mengirimkan karya dalam bentuk hard file, cukup mengirimnya melalui email peneribut. 

Nah, bagi kamu yang lebih suka menulis artikel atau opini, kamu bisa melamar pekerjaan sebagai content writer. Saat ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mencari kandidat untuk posisi ini, lho. 

Atau, ingin pekerjaan yang lebih fleksibel? 

Kalau begitu kamu bisa mencoba peruntungan untuk menjadi freelance writer. Untuk memulainya, kamu bisa memajang tulisan yang pernah kamu tulis ke situs freelance. Di sana, kamu berkesempatan untuk membangun relasi dengan sesama freelancer dan menemukan calon klien kamu. 


3. Editing Foto dan Video

Hobi yang menghasilkan uang yang selanjutnya adalah editing foto dan video. 

Selain menjadi hobi yang mengasyikan, editing foto dan video bisa menjadi lahan pendapatan bagi kamu yang memiliki hobi ini, lho. 

Dengan kemampuan edit foto dan video yang mumpuni, kamu bisa membuka jasa tersebut, lho.

Caranya, dengan memajang foto hasil editan kamu ke media sosial sebagai katalog hasil editing foto atau video yang pernah kamu kerjakan sebelumnya. Hal ini sekaligus memperkenalkan karya kamu kepada calon klien. 

Selain itu, jika kamu telah mahir menggunakan software editing, jangan ragu untuk daftarkan diri kamu ke perusahaan yang tengah membutuhkan seorang foto atau video editor.

Sebelum itu, pastikan kamu menyertakan CV dan portofolio, ya. 


4. Bermain Musik

Suka bermain musik? Saat ini, bermain musik juga dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang, lho.

Musik merupakan salah satu yang sangat populer. Kalau kamu memiliki hobi musik, baik bermain alat musik maupun vokal, jangan ragu untuk memamerkan karyamu.

Bukan untuk tujuan riya, tetapi untuk bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Caranya, kamu bisa mulai rekam karyamu dan mengunggahnya ke media sosial. Selain itu, kamu juga bisa memutar musik karyamu di kafe, pesta pernikahan, dan yang lainnya. 

Tujuannya, supaya banyak orang yang mengetahui karyamu. 


5. Membuat Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang memiliki hobi untuk membuat kerajinan tangan, sebaiknya kamu menekuninya dengan serius. 

Mengapa?

Karena saat ini, banyak orang yang membutuhkan kerajinan tangan, seperti souvenir, hiasan rumah, hiasan pesta, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, kamu juga bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang. 

Buatlah kerajinan tangan yang menarik, bernilai seni, dan memiliki fungsi, serta mulai untuk memikirkan strategi bisnis apa yang cocok untuk produk kerajinan tangan

Kemudian, cobalah untuk membuat akun media sosial khusus, dan jual hasil karyamu melalui internet. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan hobi yang satu ini dengan menjadi content creator di YouTube, lho. Kamu bisa buat konten cara membuat kerajinan tangan, seperti membuat pernak-pernik dari bahan bekas, hiasan kamar, dan lain sebagainya. 

Menarik, bukan?


6. Fotografi

Fotografi adalah salah satu hobi yang terdengar mudah, namun pada kenyataannya tidak begitu.

Mengapa?

Karena untuk menghasilkan foto yang berkualitas, terdapat berbagai ilmu yang harus dipelajari terlebih dahulu, lho.

Fotografi juga bisa menjadi salah satu hobi yang menghasilkan uang, lho. 

Ada beberapa peluang bisnis yang dapat dicoba dari hobi fotografi, seperti menjadi fotografer maupun menjual hasil jepretan secara online. 

Sebelum menghasilkan uang dari hobi ini, pastikan kamu telah membuat portofolio foto yang menarik sehingga dapat dijadikan referensi calon pelanggan kamu. 


7. Bermain Game

Bagi sebagian orang, bermain game hanya membuang-buang waktu. Bagaimana tidak? Bermain game rasanya tidak cukup jika dilakukan dalam waktu singkat.

Namun, bermain game juga bisa menjadi hobi yang bisa menghasilkan uang, lho. 

Caranya, dengan menjual perangkat atau hal-hal yang berhubungan dengan game.

Selain itu, terdapat banyak kompetisi e-sport yang dapat kamu ikuti, lho. Hadiah yang ditawarkan pun tidak main-main, pemenang kompetisi bisa mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai puluhan juta rupiah!

Atau ingin menjadi influencer? Bisa juga, lho.

Mulailah dengan membuka kanal YouTube dan isi dengan konten-konten seputar game, seperti strategi bermain game yang kamu sukai. 


8. Berkebun

Berkebun menjadi salah satu tren baru selama pandemi. Apakah kamu salah satu yang mengikuti tren ini? Atau bahkan memiliki hobi berkebun?

Kalau iya, hobi yang satu ini bisa menjadi peluang bisnis, lho. 

Bagi pecinta tanaman, tentu kamu memiliki sejumlah koleksi bunga dan tanaman di rumah. Semakin lama, pastinya tanaman tersebut akan semakin banyak. Sehingga, kamu bisa menjual koleksi tanaman kamu, baik yang sudah tumbuh maupun bibitnya. 

Terkait harga, biasanya tergantung dari besar-kecilnya serta kelangkaan dari tanaman tersebut.


9. Menggambar

Menggambar merupakan salah satu hobi yang juga bisa menghasilkan uang, lho. Baik itu gambar berupa lukisan manual maupun ilustrasi digital.

Penghasilan yang akan kamu dapatkan pun cukup bervariasi, tergantung ukuran dan kerumitan objek yang digambar.

Tidak sebatas lukisan, menggambar komik juga bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang dengan mendaftar sebagai komikus, lho.

Terlebih saat ini, peminat komik digital tidak kalah banyak dengan komik berbentuk buku.

Untuk memulai karier menjadi komikus, persiapkan terlebih dahulu portofolio karya yang sudah kamu produksi sebelumnya. Hal ini supaya bisa dijadikan pertimbangan klien ketika akan menggunakan jasa kamu. 


10. Bermain Media Sosial

Bagi sebagian orang, media sosial merupakan tempat terbaik untuk mengisi waktu luang. Karena dengan media sosial, seseorang bisa menjalin komunikasi, menemukan informasi, dan hal-hal lainnya.

Bahkan, saat ini bermain media sosial masuk dalam hobi yang asyik untuk dilakukan.

Selain itu, bermain media sosial secara bijak juga bisa mendatangkan penghasilan, lho.

Melalui hobi tersebut, kamu tentu akan cenderung lebih mengetahui tren yang tengah populer. Dengan itu, secara tidak langsung kamu akan menyerap informasi, memperhatikan pasar online, sekaligus menjadikan bermain sosial media sebagai hobi yang menghasilkan uang.

Caranya, kamu bisa mulai dengan menjadi seorang admin media sosial, online marketing, UX researcher, hingga influencer


Setelah mendapat penghasilan, jangan lupa untuk menyisihkannya untuk investasi, ya. 

Bagi kamu yang baru mulai investasi, produk KoinRobo dari KoinWorks bisa jadi pilihan kamu, lho.

Mulai dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa mendanai satu atau banyak produk KoinRobo sekaligus.

Mendanai lewat KoinRobo sangat mudah dan menguntungkan, cocok buat kamu yang produktif karena terdapat fitur auto rollover

Yuk, mulai investasi!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.