Mengenal Startup World Cup: Apa dan Bagaimana – Bukan hanya sepakbola saja yang memiliki istilah ‘world cup’ tetapi juga dalam dunia bisnis dan IT seperti perusahaan startup yang kini mulai digandrungi anak muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Sehingga berbisnis dan ‘mengotak-atik’ teknologi saat ini lebih disukai oleh kalangan anak muda daripada investasi aman seperti deposito bank.

Memulai perusahaan startup memiliki banyak tantangan yang akan membuat semangat, antusias dan juga passion semakin menguat dan berkembang.

Apa itu Startup World Cup?

Startup World Cup adalah sebuah konferensi dan kompetisi global yang bisa diikuti oleh seluruh startup di seluruh dunia untuk kemudian dipilih mana yang terbaik dan memenangkan grand prize.

Tidak hanya untuk perusahaan startup saja yang terlibat di sini tetapi juga untuk Venture Capital (VC), pengusaha serta CEO perusahaan teknologi kelas dunia.

Artinya, perusahaan startup yang masuk daftar peserta akan dipilih langsung oleh para ahli dan pemodal atau VC yang akan memberikan dana segar sebesar $1,000,000 atau setara Rp 14.000.000.000 (miliar) rupiah dalam bentuk investasi.

Startup World Cup ini sendiri diadakan di 15 negara dari kawasan Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Asia, Afrika juga Australia guna mencari perusahaan IT atau teknologi informasi yang memenuhi syarat sebagai startup paling menjanjikan untuk diberikan modal.

Para pemenang regional yang ada di 15 negara ini kemudian akan bersaing di tingkat internasional. Adapun 15 negara dimana babak regional tersebut diselenggarakan adalah;

  1. Australia
  2. Chile
  3. China
  4. Czech Republic
  5. India
  6. Indonesia
  7. Israel
  8. Japan
  9. Luxembourg
  10. South Africa
  11. Taiwan
  12. United Kingdom
  13. Us East Coast
  14. Us Southwest
  15. Us West Coast

Perusahaan yang akan menanamkan modal bagi pemenang Startup World Cup ini adalah Fenox Venture Capital atau Fenox VC. Perusahaan modal ventura ini berasal dari daerah Silicon Valley, Amerika Serikat.

Dari event inilah para pemilik startup akan berkompetisi secara serius termasuk juga dari berbagai startup Indonesia yang akan memulai event ini dari babak penyisihan regional sebelum nantinya dikirimkan ke tingkat internasional.

Benar, Startup World Cup ini menggandeng partner di kawasan regional atau masing-masing negara di mana di setiap negara akan ada babak penyisihan terlebih dahulu.

Di Indonesia, yang menjadi partner Startup World Cup ini adalah BEKRAF atau Badan Ekonomi Kreatif.

BEKRAF yang menyelenggarakan babak penyisihan sebelum akhirnya dipilih yang terbaik untuk maju pada kompetisi sebenarnya dan bersaing dengan perusahaan startup lain dari berbagai negara lain.

Di Indonesia sendiri, babak penyisihan untuk Startup World Cup 2017 akan dilakukan tanggal 23 Agustus 2016 ini.

Seluruh startup akan mempresentasikan ide mereka di hadapan perwakilan Fenox VC dan juga BEKRAF. Selanjutnya, 10 startup terbaik akan mewakili Indonesia untuk kemudian bertarung di kelas internasional.

Untuk konferensi dan babak final sendiri rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 24 Maret 2017 di hotel Marriott Marquis yang terletak di San Francisco, California.

Finalis yang memenangi kompetisi ini berhak mendapatkan modal investasi sebesar $ 1,000,000. Bukan hanya modal investasi yang besar yang didapatkan melainkan juga pengakuan secara internasional bahwa perusahaan startup pemenang ini memang menjanjikan.

Selain pendanaan, Startup World Cup juga akan mendampingi perusahaan startup melalui sinergi yang strategis serta kerjasama yang akan membawa perusahaan startup pemenang mendapatkan pengakuan dunia.

Mendapatkan modal dari Fenox sendiri merupakan awal dari mulainya pasar baru dengan kelas internasional yang akan membawa kesuksesan bagi perusahaan startup pemenang.

Sebelumnya, beberapa perusahaan yang sudah bekerja sama dan dikembangkan serta mendapatkan bantuan dari Fenox Venture Capital ini adalah perusahaan startup yang inovatif dan memiliki ide cemerlang untuk meningkatkan kesehatan, intelegensi buatan, robot, transportasi, teknologi keuangan, Internet of Things, augmented reality dan juga agrikultur.

Semuanya memiliki kesempatan untuk memulai langkah sukses. Jadi, kamu yang memiliki passion di dunia startup dan lebih memilihnya dari pada deposito bank, maka cobalah untuk mendaftarkan perusahaan startup kamu di website resmi Startup World Cup untuk kompetisi selanjutnya.

Mulailah dengan mengembangkan ide yang akan membawa kesuksesan startup kamu. Langkah awal untuk menuju kesuksesan lebih cemerlang.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.